[JOI Spotlight] Blizzard Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Di mana beebrapa seri yang tayang di musim ini mulai tamat. Sekarang mari kita simak impresi para staf untuk berbagai episode minggu ini.

Mobuseka 11

Kaczmarek

Drama sabun part permata akhirnya bisa selesai. Namun saya mempertanyakan scene pada SS di atas, karena dari arah Angelica hadap, itu ada sumber cahaya dan gak gelap-gelap amat. Seolah ada wujud gede yang nutupin sumber itu didepannya, padahal enggak ada.

Saya nge-skip bahas episode sebelumnya karena kesel betapa sia-sianya Eri Kitamura sama Amamiya Sora nongol dengan keadaan begini. Tapi yasudahlah, mari melihat realita. Dengan menyisakan satu episode tersisa, kita bisa menebak kemana arah adaptasi pertama ini berakhir. Butuh kartu Arifureta untuk memperbaiki proyek berikutnya.

Tomodachi Game 11

Kaczmarek

Taktik kotor Yuuichi akhirnya memenangkannya. Sebenarnya saya agak kesel di episode sebelumnya karena gak dikasih teaser haha. Namun disini belum selesai, Yuuichi, Tenji, Shibe, Shiho, dan Kokorogi masih harus berhadapan permainan busuk lainnya. Satu hal yang agak menguntungkannya disini adalah mereka sudah dianggap jadi aset berharga bagi manajemen Tomodachi Game.

Prediksi gue episode terakhir minggu depan diakhiri dengan penyelamatan Kokorogi, namun bakal ke-skip banyak soal dialog mereka. Please note that apart from her boobs, Kokorogi is still sus from her objective. As a manga reader, wait for something worst than this.

Yuusha, Yamemasu 11

Kaczmarek

Talking about a stretching, kita dapat peregangan cerita yang benar-benar bikin penonton sedih. Beberapa detail informasi terkait percobaan Leo untuk membangun dan membuat makhluk yang menjadi lawannya ini krusial banget untuk kelanjutan cerita. Walau dialog dan scene-nya kerasa diregangin, kita udah bisa mengerti dimana komite pengen ngabisin adaptasi ini.

Ngomong-ngomong, kita masih di volume pertama novel. Jangan kaget karena novel ringannya sendiri baru terbit tiga volume, tapi WN-nya udah stop di Kakuyomu.

Tate no Yuusha no Nariagari S2 11

Kaczmarek

Gue lupa Glass ini protektif banget sama Kizuna, dan L’Arc ini aslinya putra raja. Akhirnya Yomogi, Tsugumi, Romina dan lupa itu yang rambut merah satu lagi nongol. Yang dinanti-nanti tentunya Yomogi dan Romina sih. Satu hal yang masih jadi kebiasaan di season 2 ini adalah soal mata karakter (terutama Kizuna) yang digambarkan kayak orang giting.

Selain dari itu, a good episode nonetheless. Paling tidak kita dapet clearing di wave yang dibikin Kyo di akhir musim ini. Jangan berharap full action aja sih.

Deaimon 11

Kaczmarek

Wait-wait-wait, Mitsuru berfantasi yang enggak-enggak disini. Bukan masalah dia bisa jadi pasangannya di masa depan, tapi fantasi Nagomu jemput Mitsuru di luar sekolah. Itu ambigu dan berbahaya ahahha. Kemudian giliran Kanoko yang tetep ketus tapi masih perhatian sama mantannya. Momen ini gak bisa di-relate kalo di kehidupan nyata wkwk. Itsuka just being Itsuka.

Disini kita dapet flashback masa muda Nagomu saat bareng bapaknya Itsuka, Yukihira. Udah menunjukan hal aneh sejak dijelaskan kalau Yukihira berasal dari keluarga broken home dan walau udah memutuskan tinggal bareng ibunya, ia mencari cara untuk hidup mandiri karena gak cocok dengan keluarga barunya.

Mahou Tsukai Reimeiki 10

Kaczmarek

Jadi selama ini bukan pantsu, tapi bodysuit. Roux-sensei selama ini ngangkang memperlihatkan bodysuit, astaga. Anyway, Sayb benar-benar mencoba membuat Roux-sensei jatuh cinta kepadanya. Untuk ukuran anak polos, Sayb gak kenal malu untuk memperjelas perasaannya kepada Roux.

Sayang bocah itu udah kemasukan Remnants of Despair (idk how to translate this). Saat kita udah melihat secercah momen kalau dia aslinya dimanfaatkan orang lain, namun nasibnya harus terbakar dari sihir Hort. Takdir semua karakter dari seri ini nampaknya gak pernah bersahabat dengan ekspektasi pembaca/penonton.

Ya Boy Kongming 12 (End)

Kaptain

Saya apresiasi ini berbagai konten originalnya yang lebih idealistik ngeliat nasibnya Azalea dan si manager lebih bagus di sini. Kaget aja katakter di atas nongol lebih awal di episode ini. Secara keseluruhan saya kurang sreg aja adaptasi ini jadi lebih berat di aspek idol daripada bisnisnya, tapi ya jelas ini proyek dapet duit dari insert song dan event. Sehubungan dengan itu ada pengumuman lotere event dari pembelian blu-ray jadi paling ya bakal ada announcement gede dalam waktu dekat.

Date A Live IV 11

Kaczmarek

Akhirnya kita diberi porsi masa lalu Kurumi lagi. Namun ini juga membuka arc baru untuk fase berikutnya, terutama soal Reine alias Mio Takamiya. Kalau anda ngeliat bagaimana cerita Date A Live di-arc sebelumnya, anda bisa menebak bagaimana Shidou menyelesaikan permasalahan ini.

Shokei Shoujo 12 [End]

Kaczmarek

JC Staff WHAT ARE YOU DOING!?!?!?!?!?! Udah seneng mereka gak bakal ngerubah secara major dari skenarionya, tapi di akhir malah diubah begitu. Jujur gue lebih demen ending arc di novel daripada versi ini. Perbedaan terlihat dari bagaimana Menou mengatasi Pandemonium tanpa bantuan Akari. Ini Boobalicious ujug-ujug nongol bantuin.

Kalau ini dapet sekuel, semoga mereka gak mutusin terlalu banyak terkait skenario orisinalnya. Dimana mereka juga ngasih teaser Flare di outro episode terakhir ini. 7/10 overall.

Aoashi 8-9

CTian

Nah gitu dong, setidaknya kasih tahu apa yang belum dikuasai dia dan kasih tahu metode latihannya apaan. Ashito ini memang kelihatannya banyak gayanya, tapi kalau memang butuh sesuatu dia nggak sungkan untuk ngomong langsung. Apalagi setelah dilabrak kayak gitu sama si Akutsu.

Ngomongin Akutsu, sekarang dia bukan karakter yang saya paling ndak suka. Saya lebih nggak suka sama Asari, asli. Bro, dia rekan satu tim lu, seangkatan, ya jangan kayak gitu lah. Gedek banget lihat dia di awal episode 8, ihh. Kalau Akutsu oke lah, omongannya berisi, dia senior, dan sama-sama pemain lulus uji coba. Jadi di balik sikapnya itu kayaknya dia mau kasih tahu Ashito buat nggak bersikap lembek.

Sekarang kita omongin karakter yang dari awal muncul saya juga udah suka, Togashi. Rekan tim yang benar tuh ya kayak gini, kalau temannya kesusahan ya bantu! Suka juga ternyata dia punya latar belakang yang sama kayak Ashito, anak yang sudah ketemu Fukada sebelum masuk tim. Oh ya, postur bek yang bagus tuh ya kayak Togashi, bukan kayak itu anak bule tengil, Asari.

Ada flashback juga dari Hana, gimana dia bisa jadi saudara sama Fukuda. Hana kecil lucu banget ah. Terus ada love rival muncul ya kayaknya, bukan ke Ashito, tapi ke Fukuda, lol~ Anak sponsor utama tim si Anri ini juga cakep, pinter bola pula, idaman sekali. Lucu aja waktu dia bilang Fukuda tuh Mourinho-nya Jepang, benar banget sih. Karir bolanya ndak begitu bersinar, tapi karir pelatihnya bukan main prestasinya. Jangan-jangan Fukuda memang terinspirasi dari sana yak?

Episode ditutup dengan Ashito yang dapat PR baru. Jujur saja saya sebenarnya mulai bosan sama arc/saga ini, latihan mulu, saya butuh pertandingan! Untung saja isi latihannya masih berbobot. Terus masa nanti kalau sudah masuk tim utama mereka langsung op parah gitu? Jadi memang si Ashito dibikin struggling di sini saja? Habisnya kita dikasih lihat kan betapa mereka mendominasi tim SMA pada umumnya kayak gimana. Apapun itu, semoga ceritanya berkembang deh, nggak maju mundur di Ashito bisa ini terus selanjutnya harus bisa itu. Tapi itu juga sudah termasuk perkembangan sih.

Kunoichi Tsubaki 11

Kaczmarek

Fokus di attractiveness. Bocah-bocah ini masih belajar soal bagaimana rayuan itu bisa menjadi senjata andalan bagi setiap perempuan. Beberapa karakter punya trait masing-masing, namun yang paling nendang di hati tentunya Mokuren dan Hana-sensei. Sayang kita gak dapet porsi Benisumono, Konoha-sensei, dan Sumire untuk nyoba jutsu-jutsuan ini.

Sayumi Suzushiro (seiyuu-nya Asagao) sedikit memberi teaser untuk karakter yang bakal ia perankan di ImouZa. Sumpah hot banget suaranya yang meranin Iroha nantinya ini.

Strike the Blood Final 1-2

Kaczmarek

Animasi Ladley ngemut lolipop > Animasi idle saat dialog. Nge-cast Megumi Han untuk Ladley sendiri udah kerasa royal ini proyek, tapi sayang jam tayangnya cuman dua jam. Penyakitnya seri ini kambuh lagi dari season pertama, dimana mereka suka lupa detail penting seperti: MEREKA PAKE UNDERWEAR! Di scene awal Himeragi keliatan gak pake, tapi pas ganti fokus dan balik lagi, malah dia keliatan make underwear. Ini BD terakhir loh, detail paling keliatan gini aja masih bisa gak kena koreksi.

Satu hal yang sukai dalam progres cerita ini adalah Asagi udah terbiasa dan membolehkan Kojou ngapain aja sama anggota harem lain. Ngomongin soal Dantou Familiar, ini adalah koleksi Cain yang sempat mengganggu Asagi dan Kojou kalau gak salah di season 4. Sayangnya, ini kena rush yang cukup parah karena cuman dibagi ke tiga/empat episode sementara materialnya bisa puluhan halaman.

Ini arc aslinya penuh sama intrik politik terutama soal MAR, pemerintahan Jepang, sama pihak Pulau Itogami. Masa depan dari pulau tersebut bakal ditentukan dari insiden ini, tapi yang nyusahin justru MAR yang gak bisa ngebersihin ulah mereka sendiri. Ini kalau La Folia ngelapor ke bapaknya juga bakal makin ribet urusannya, untungnya dia cuman penasaran sama apa yang terjadi di Node dan Itogami. Konflik internal antara aliansi sama grupnya Kojou disini malah kayak sandbagging. Bisa lah nambah dua episode lagi buat nutup seri ini baik-baik.

OK kita ngitung dulu harem-nya Kojou. Yang udah diklaim: Yukina, Asagi, Sayaka, La Folia, Kanon, Shizuri, Shio, Yuiri, Kiriha, dan Yuuma. Yang gak kelar juga masalahnya: Avrora. Yang nunggu umur: Yume. Yang gak mungkin karena umur: Glenda dan Didier. Yang bukan manusia: Astarte. Yang udah pasrah gak bisa didapetin tapi Kojou minimal udah dapet jatah di bibir: Natsuki.

SpyXFamily 11

Kaptain

Kesempatan terbaik buat Anya dapet Stella, yang tentunya ga bisa keseringan dilakukan tanpa bikin orang curiga. Damian emang udah jadi designated bully tapi nih anak masih cukup melek buat tahu kala Anya nerima Stella secara adil. Baguslah anggota keluarga terakhir bisa dikenalin sebelom cour abis. Cuma buat episode depan kayaknya digabung sama filler aquarium penguin.

Summertime Rendering 10

Kaptain

Yep. Kita masuk arc dungeon crawl. Sebagai seri misteri, nih seri tuh punya progresi yang videogame banget. Ngeliat selain nyari jawaban dari misteri, Ushio juga semakin lama dapet lebih banyak skill buat ngebantu investigasi yang jelas lebih butuh metode supernatural. Kayak reruntuhan klinik yang jelas bekas operasi sekte khas genre ini. Sebenernya di manga juga ada bab khusus buat “tutorial” soal skill set sama statsnya Ushio, tapi di sini jelas bakal ngeganggu pacing.

Live Live Nijigasaki S2 12

Kaptain

Phew, R3BIRTH kayaknya bakal sempat ngeliat Keke dah bikin tim. Ayumu selaku “istri pertama” juga dapet development berharga, akhirnya mampu buat berjalan sendiri sebagai idol dengan pergi (sementara) dari Yuu. Ini juga Kanata yang dah serius tuh serem banget.

RuriDragon 01

What’s this?

Seri Shonen Jump baru dari one-shot viral

CTian

Sebenarnya bab 1-nya ini menarik banget apalagi buat manga Weekly Shonen Jump (WSJ). Tapi entah kenapa mereka belum kasih kesan yang “wow, saya penasaran ini bakal kayak apa!”, menurut saya lho ya yang sudah baca versi one-shot-nya.

Terus, masih sayang saja internet hits kayak gini masuknya WSJ, padahal Shueisha sudah punya Jump+ yang lebih ramah internet.Kalau  Shueisha niatnya memang “kita mau ini langsung rilis internasional, terus masuk Manga Plus, makanya ke WSJ!” sebenarnya Shueisha bisa yakinin VIZ buat ngerjain ini pakai performa voice comic one-shot yang ada di YouTube, jadi bisa aja rilis bareng walau ndak di WSJ.

Kebanyakan seri Jump+ memang gitu kalau mau go international, nunggu hits global dulu baru dikerjain, kecuali mereka sudah punya nama kayak contoh Fujimoto. Tapi mungkin juga karena pengarangnya sendiri udah ndak asing di WSJ lewat 2 one-shot yang dia tulis di sana, makanya jadi ke WSJ lagi.

Apapun itu, saya malah belum yakin ini bisa sepopuler one-shot-nya kalau lihat dari bab 1-nya. Tapi tetap berharap terbaik lah buat serialisasi ini, rookie umur 22-23 tahun bisa langsung serialisasi WSJ bukan prestasi kecil~ I do love the one-shot, tapi jadi malah berharap dia bikin serial lain untuk serialisasi daripada panjangin one-shot-nya yang ini.

Serialisasi manga ini bisa dibaca secara resmi dan gratis di aplikasi dan situs Manga Plus yak!

Kaptain

It’s cute and all, tapi bingung aja cerita jangka panjangnya bakal gimana. Ngeliat konflik utamanya tuh “Ruri beradaptasi sama badan naganya” yang bakal ngeselin kalau dipanjang-panjangin. Saya ada firasat ini abis beberapa bab bakal pundah ke Plus ngeliat formatnya.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Si geblek. Gue lupa ternyata Tiacauh Ripper ini bisa di-silence. Ngapain repot-repot bawa Chalter untuk clearing haha. Anyway, bagaimana progres minggu pertama kalian? Ada yang sudah nyoba tembus risk 20-an?

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: saite2801

The post [JOI Spotlight] Blizzard Edition appeared first on Jurnal Otaku Indonesia.

Tinggalkan komentar Batalkan balasan

Cakrawala Rafflesia
Exit mobile version