Anime  

[Waifu Wednesday] Tio Klarus

Tio-2-700x545

Welcome back to Waifu Wednesday! Setelah minggu lalu ternyata gak ada yang mengisi, saat ini saya sempatkan menulis lagi. Untuk minggu ini, kita akan berpindah dari seri “Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou” yang kini telah menembus volume ke-12. Ini dia waifu edisi kali ini, Tio Klarus!

Tio Klarus/Clarence/Clarce adalah salah satu heroine seri ini yang biasa dikenal dengan sikap masokisnya. Ia aslinya adalah seekor naga dari ras Dragonmen klan Klarus yang kini telah meninggalkan kerajaannya pasca terjadi insiden di masa lalu. Perempuan tulen berusia 563 tahun ini kini menjadi bagian dari kelompok Hajime Nagomu bersama Yue, Kaori, Shea, dan Shizuku.

Heroine satu ini memiliki rambut hitam panjang dengan tusuk konde yang berwarna emas. Tio biasanya mengenakan kimono dengan motif bunga di bagian bawah dengan obi berwarna merah ditambah dengan geta sebagai alas kakinya. Kulitnya cerah dengan badan yang ramping dan memiliki tinggi kira-kira 170-175 cm. Dalam bentuk naga, tingginya bisa mencapai tujuh meter. Ia biasanya melonggarkan kimononya dan memperlihatkan belahan dada yang dibalut dengan sarashi.

Lalu bagaimana dengan kepribadiannya? Mari menengok poin-poin di bawah ini.

Baca juga: [Waifu Wednesday] Inui Shinju

– Hopeless Pervert

Tio Klarus

Salah satu trait yang selalu merekat pada Tio Klarus adalah kemesumannya. Meski sudah dihadang dan diperingatkan berulang kali, kelakuannya sudah tak bisa dibendung bahkan oleh Nagomu sendiri. Namun kita harus menyalahkan Nagomu disini. Karena ulahnya dengan memasukan benda panjang, keras dan segede gaban itu ke anus Tio membuat perempuan yang disuarakan Youko Hikasa ini mengaktifkan sisi terpendam sejak ia kabur dari kerajaan Dragonmen.

Tio tak akan berhenti menggoda Nagomu sampai ada hal yang lebih penting untuk diurus, seperti ancaman musuh. Namun tenang saja, ia gak otomatis jadi excited terus-terusan sepanjang cerita. Pengecualian kalau berduaan sama Nagomu di suatu tempat dan waktu.

– Probably Need a Stronger Partner

Tio Klarus

Melihat situasinya saat ini, Tio Klarus membutuhkan partner dalam urusan petualangan yang lebih kuat darinya demi membalaskan dendamnya. Nagomu adalah sosok yang tepat soal ini, namun tidak bagi mereka yang masih lemah. Sayang di adaptasi anime-nya belum sampai ke arc yang terkait dengan kampung halaman Tio. Sehingga saya tak bisa menuliskan banyak konteks disini, kecuali beberapa hal yang sudah terangkat oleh heroine ini dalam dua musim belakangan.

Semoga pasca OVA rilis, kita bisa dapat kelanjutan adaptasi serial yang hampir gagal di awal musim ini.

+ Youko Hikasa

Tio Klarus

Minami Takahashi, Yuuki Kuwahara, Youko Hikasa, dan Ai Kakuma pasca acara rekaman Arifureta

Entah ini sound director-nya bikin audisi dulu atau enggak sebelum menentukan peran naga mesum ini. Karena kalau dilihat, Hikasa selalu cocok sama karakter dengan tipikal semacam Tio Klarus. Kalaupun tak perlu audisi, saya cuman bisa ngomong salut kepada Yasushi Nagura (sound director Arifureta).  Yep, seiyuu dengan julukan Densetsu no Baba ini mendapatkan sebutan tersebut juga dari seri yang diarahkan suaranya oleh Yasushi yaitu Working!!.

Balik ke Hikasa, kita kayaknya bisa sepakat bahwa penempatannya sebagai pengisi suara Tio adalah keputusan yang tepat. Hikasa, seperti Itou Shizuka dan Rie Tanaka memiliki dominasi kemampuan suara perempuan dewasa yang cocok dengan perannya di serial ini. Soal shimoneta dan dirty talks, kayaknya Densetsu no Baba sudah pengalaman berkat perannya di Seitokai Yakuindomo. Tinggal tambahin intonasi annoying-nya yang harus tetap melekat dengan naga ini sampai Nagomu klemer-klemer nanti.

Anehnya, Ryo Shirakome, penulis novel seri ini mengambil referensi Tio dari karakter Ophis di High School DxD. Namun kalau kalian ingat, Ophis ini berbanding terbalik desainnya dengan Tio. Sementara yang jadi seiyuu justru yang ngisi Rias Gremory.

Baca juga: [Waifu Wednesday] Sunohara Shun

+ Le Designer & Poétesse

FPSf4S3XsAMBO5T

Mungkin kalian jarang memperhatikan bahwa Tio ini sangat berbakat dalam urusan fashion. Sejak ia menguasai draconification (perubahan dari wujud manusia menjadi naga), heroine satu ini juga mulai belajar dari ibunya dalam mendesain pakaiannya sendiri. Sayangnya kemampuan ini terlihat off screen, apalagi sejak ia berkenalan dengan Remia, ibunda Myuu. Keduanya sama-sama memiliki kemampuan dalam mendesain gaun, kimono, dan pakaian semacamnya. Mungkin di suatu saat, keduanya bisa bekerjasama untuk meluncurkan clothing line populer setelah merilis produk mereka masing-masing.

Tio Klarus sering menggunakan kosakata yang terdengar asing dan lampau. Hal ini nampaknya muncul berkat pergaulannya saat masih kecil dengan para tetua dan warga senior di tempat tinggalnya. Dalam perjalanan petualangan bersama Nagomu dan kolega, ia sering menyempatkan diri untuk menulis sajak atau puisi dalam secarik kertas yang ia simpan di tubuhnya. Kalau tidak salah, pertama kali ia menunjukan puisi ini di bab 250-an web novel.

+ Best Frontliner and Transporter

tumblr 5c9642bfc0ccdff69de830b1b2020d24 86fec4a6 1280

Saya sempat memprediksi karakter semacam Tio Klarus ini akan berpindah pihak di suatu saat nanti. Namun hingga kini bab novelnya rilis, loyalitasnya cukup tinggi dari yang saya kira. Mungkin belum ada objektif yang lebih menggiurkan saja sejauh ratusan bab ini, namun saya pikir ia tak punya satu hal yang bisa digunakan lawan untuk memindahkan hatinya ke pihak lain.

Sebagai istri partner paling tua, Tio menjadi teladan bagi orang lain di dalam dan luar lingkaran Nagomu. Terlepas dari kemesumannya (yang juga bakal memancing Kaori), Tio bisa menjadi sosok yang disegani jika Nagomu dan Yue tak berada di sekitarnya. Mode serius dari Tio adalah sisi terbaik untuk menjaga isi kepalanya lebih normal dari mode yang satunya lagi.

Ia juga sering bertarung sendirian karena dampak kekuatannya yang cukup masif ketimbang Shea dan Kaori. Beraksi secara soliter juga membuatnya lebih bebas dalam bergerak dan menghambat pergerakan musuh. Satu hal lain yang bisa dimanfaatkan darinya adalah kemampuannya berubah menjadi naga dan membantu proses logistik serta evakuasi.

Yep, mungkin itu saja yang bisa saya bahas dari naga mesum satu ini. Saya gak berniatan untuk menjadikan Waifu Wednesday edisi ini untuk menjadi chain dalam beberapa minggu ke depan. Sekali lagi, terima kasih sudah membaca hingga akhir paragraf ini.

Ingin request? Silahkan berikan saran kalian di kolom komentar di bawah ya.

Cakrawala Rafflesia