[JOI Spotlight] Mental Warfare Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di long weekend. Mungkin di antara kalian masih belum puas jalan-jalan saat libur lebaran dan memanfaatkan libur panjang ini, namun untuk sekarang mari kita simak impresi para staf untuk berbagai episode minggu ini.

Mobuseka 06

Kaczmarek

Semoga BlueHeaven puas dengan review kemarin ya. Jikalau kalian belum membaca review versinya, bisa dikunjungi di tautan ini: http://jurnalotaku.com/2022/05/09/midseason-review-otome-game-sekai-wa-mobu-ni-kibishii-sekaidesu/

Kalo versi saya, tunggu di akhir musim aja. Ngomong-ngomong episode ini menjadi tingkat kekesalan saya pada urusan dinamisnya para karakter bergerak. Tiap satu orang ngomong, yang denger cuman ngadep tok dan gak dikasih ekspresi apa-apa di muka ataupun gesturnya. Agak sedikit membaik (kecuali desain karakter Mylene) saat ¼ terakhir episode ini. Semoga Leo melakukan apa yang saya pikirkan. Mencuri istri orang.

BlueHeaven

Episode 6 memiliki jembatan transparan yang tidak terlihat dari episode 5. Tahu-tahu sudah festival sekolah saja. Classic plot device untuk cerita tema sekolah. Dan di sinilah saya menyayangkan betapa buruknya presentasi anime untuk ceritanya.

Ada dua kesalahan besar dalam skenario perkenalan ratu Mylene. Pertama, Leon seharusnya bertekuk lutut ketika memperkenalkan sang ratu kepada tamu kasarnya. Di anime malah dibuat tetap berdiri, mungkin animatornya kesulitan dalam membuat pose sesuai aslinya. Oke, mungkin itu minor miss bagi kalian, tapi bagi saya ini awal dari keretakan cerita.

Kesalahan kedua adalah sangat fatal, membuat penonton anime pasti miss interpretasi bagaimana pandangan Leon terhadap Mylene. Mengapa Leon langsung melamar beliau saat itu juga? Itu sama sekali tidak dijelaskan korelasi dialog Mylene yang mempengaruhi tindakan Leon tersebut. Bagi penonton anime, mereka seakan dibawa ke pemikiran simpel: Leon sudah muak dengan perempuan di sekolah, jadi ia lebih memilih melamar ratu. Itu benar, tapi itu hanya bagian terusan dari alasan sesungguhnya. Alasan sesungguhnya Leon melamar ratu karena permintaannya untuk menikmati masa-masa sekolah yang belum pernah dirasakannya. Nah, seperti yang sudah saya bahas dalam review sebelumnya, sekolah di Mobuseka itu hanya sarana pencarian jodoh. Jadi, pikiran Leon langsung terhubung dengan lore latar tempat tersebut, membuat ia melamar ratu saat itu juga.

Episode 6 juga ditutup dengan jembatan samar-samar menuju episode 7. Jangan kaget kalau tiba-tiba ada skenario baru yang muncul yang belum pernah ada cluenya di episode-episode sebelumnya. Itu bukan plot twist, tapi kegagalan pembawaan cerita dalam animenya.

Deaimon 06

pasted image 01 2

Kaczmarek

Saya pikir drama bakal bermula dari kerasnya kepala ibunya Itsuka di episode ini, namun ternyata drama yang dinanti tak terlalu besar saat digambarkan. Jika ada momen Yukihira nongol di toko saat eks istrinya bareng sama Itsuka, bukannya gontok-gontokan, tapi malah diem-dieman. Itsuka sendiri yang bakal meriangkan mereka, sementara permasalahan keduanya tak akan selesai disitu saja.

Shinri terbentuk berkat rasa frustasi dari tuntutan pekerjaan serta keluarga secara bersamaan. Hal yang sulit untuk ia korbankan tentunya adalah karirnya, sementara keluarga (sejujurnya) dijadikan bagian sekunder. Menarik Itsuka kembali ke dirinya adalah keputusan buruk, dan beruntung buah hatinya sudah cukup dewasa untuk menyadari itu. Shinri patut menurunkan ekspektasinya dan membuat target baru untuk buah hatinya.

Ya Boy Kongming 07

kongming 06 2

Kaptain

Halo Legally Distinct Steve Aoki. Walopun ini Kongming emang punya Max INT tetep aja di eksekusinya bergantung sepenuhnya sama Eiko sebagai performer. Ini bagian Kabe juga kayaknya anime original ngeliat saya ga inget dari manga. Langsung aja ini Komi Nanami gabung di ED, tapi ya dari opening dan komentar Kongming juga udah jelas kok in orang siapa.

Tomodachi Game 06

pasted image 02 2

Kaczmarek

Twist after twist. Setelah Yuuichi mengungkap diri secara sepihak bahwa dirinya yang berbohong terkait pembunuhan yang dilakukan oleh Shibe, kini Tenji mengungkap diri (secara sepihak juga) bahwa ia menyukai Yuuichi secara hati ke hati. Tenji di luar dugaan juga adalah pemain lama yang turun lagi di permainan kampret ini.

Jika ini adalah terakhir kalinya kita melihat Shibe, Shiho, dan Kokorogi, seri ini bisa terasa mubazir. Namun berharap mereka kembali dengan kedatangan yang bermakna, bukan ujug-ujug nongol “Ah kita kan teman, teman selamanya heheheheheheheheh”.

Yuusha, Yamemasu 06

pasted image 03 2

Kaczmarek

Menonton ulang Utawarerumono kemudian menonton episode keenam ini menjadi terasa tersangkut paut. Disini Leo mengungkap apa yang ia tahan-tahan sejak keluar ke dunia saat ini. Di luar dugaan, ia adalah manusia kontemporer yang difabrikasi sedemikian rupa untuk menjadi pahlawan. Namun, seiring jalannya waktu, ia menjadi ekstra yang menyebalkan dan menakutkan bagi umat jenisnya sendiri. 2000 tahun hidup, tak bosan? Tentunya bosan. Layaknya Kiss-Shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade dari seri Monogatari, Leo mencari hiburan dengan melepas title pahlawannya.

Saya justru awalnya berharap ia menceritakan hal ini secara bersama-sama dengan Melnes, Echidna, Lili, Steina, dan Edward. Namun Melnes duluan yang dapet spoileran, dia sendiri pun gak nyangka dapet cerita duluan haha. Kita dapet porsi Jerietta di episode ini, namun bakal lebih banyak di episode 7.

Mahou Tsukai Reimeiki 06

pasted image 04 2

Kaczmarek

Kualitas animasi nge-drop, tapi ini udah jadi kebiasaan Tezuka Productions sejak lima tahun terakhir. Disinilah mereka biasanya melempar proyek animasinya ke studio subkontraktor lain dan kemudian dicek kembali sebelum resmi tayang. Kalo ngeliat credit scene, ada teamhome dan Studio Hibari yang ngikut proyek animasi episode ini.

Balik ke episode enam, kita dapet timeskip dimana Kudou dan Hort udah punya ‘store’ masing-masing di desa ini. Namun si Sayb malah jadi penyumbang mana doang dan jadi neet di rumah singgah. Pertanyaan kian bermunculan terkait mentalnya karena ia tak pernah diajari secara sosial mengenai hal-hal yang masuk akal dan tidak. Contoh: jangan mencuci daleman temen cewek walaupun disuruh.

Zero dengan Youhei ini masih tanda tanya hubungannya. Roux sempat mempertanyakan statusnya secara serius, namun Zero tak mendeskripsikannya secara jelas. Hal yang pasti, Youhei cemburu saat Zero melakukan transfer mana dengan Sayb melalui air liur. Eh tak lupa juga dengan debut Lily.

Shijou Saikyou no Daimaou 06

pasted image 05 2

Kaczmarek

Dumb Sylphy is hereee! Otak penuh otot ini kembali dalam keadaan baik-baik saja, dan beruntung banget bisa ketemu reinkarnasi Varvatos bernama Ard. Olivia jadi ada alat untuk mengungkap identitas Ard walau kayaknya dia udah tahu dari awal. Sylphy juga melihat Ireena sebagai figur Lydia di millennium baru. Gak salah sih, tapi gak bener juga. Saya suka konsep kostum untuk maid cafe yang disarankan Genie. Namun Genie tak perlu menurunkan ekspektasi begitu lah ke laki-laki di kelas selain Ard.

Tate no Yuusha no Nariagari 06

pasted image 06 2

HOT RISHIA IS HOT

Kaczmarek

Very cool Rishia. Akhrinya skill manipulasi Ki bisa terpakai melawan efek gravitasi dari sihir ehm, lupa itu yang kacamata berisik. Entah beli di optik mana itu kacamata. But anyway, akhirnya kelompok Naofumi dan Glass + Fitoria mau bekerja sama untuk mengakhiri wave yang prosesnya cukup lama ini. Saya masih menunggu hilangnya Ost, atau paling tidak si keparat kacamata itu bisa diurusin sama Glass. Surely, this arc makes Glass looks weak as f. Hero lain? Hm? Mereka ngapain? Clowning themselves.

Shoukei Shoujo 06

pasted image 07 2

Kaczmarek

Well, i guess that’s expected. Menou tentunya masih ragu untuk membunuh Akari secara cepat. Usahanya menggunakan Pandemonium juga gak berarti besar karena skill Akari itu seperti auto inflicted saat induk utamanya dalam bahaya. Sekarang kita menanti konflik lain terkait soal Fourth dan Manon yang jadi pemimpin di Libelle. Pandemonium juga akhirnya debut di episode ini selain Manon.

Summer Time Rendering 05

Summertime Rendering 05 1

Kaptain

Makasih ya boss shadow karena cukup baik hati pake konsep gaming buat ngejelasin game over state Shinpei. Starting point dari loop dia bakal terus maju dan kalau dia nggak buru-buru, dan save data dia bakal “rusak” begitu shadow loop terbaru sadar sama skill dia.

Traumatic ending aside, paling nggak metode buat nyerang dan ngenalin shadow itu udah jelas dan Shinpei tahu ada spesialis anti shadow di loop berikutnya. Ada juga alasan tambahan kenapa dia nggak bisa sembarangan ngumumin ke pulau soal shadow ngelihat di pihak manusia juga ada kolaborator macam Toki.

Die Neue These 33

Die Neue These 33 1

Kaptain

Perang Iserlohn untuk yang kesekian kalinya. Untuk sekarang selama Empire ga sadar Yang ga ada di benteng harusnya FPA masih bisa bertahan. Yang sadar kalau timing persidangan tuh kebagusan dan tentu aja cukup realistik ngeliat politisi yang tanggung jawab sama bencana ini dapet sanksi ringan doang.

SpyXFamily 06

Spy x Family 06 1

Kaptain

Akhirnya tuh muka dianimasiin. Arc ujian masuk emang dah beres jadi sekarang masuk ke fase “jadiin Anya murid teladan”. Yang episode ini sepenuhnya ngejabarin kalau ini bakal alot banget ngeliat anak bakal belajar dari orangtua. Ini semoga fanbase ga kelewat aneh-aneh sama Becky kedepannya ngeliat Anya juga udah jadi magnet komentar yang nggak cerdas.

BlueHeaven

Lebih banyak anak-anak, semakin orang diajak untuk melihat bagaimana anak seusia 6 tahunan ini berperilaku. Jadi, buat minor voice yang masih protes Anya sok imut untuk mencari perhatian, lihatlah interaksi dari para bocil ini. Beginilah para anak harusnya berlaku, dan inilah yang membuat Spy x Family asyik ditonton. Jarang-jarang ada anime yang bisa merepresentasinya pikiran bocah yang semestinya.

Love Live Nijigasaki S2 07

School Idol Doukoukai S2 07

Kaptain

Ini Shioriko ajaib juga bisa nyiapin lagu siap konser dalam sekejap. Wajar aja sih ini eksekusi plotpoint dia soal jadi idol bisa lebih bagus di sini, ngeliat alesan dan efek kegagalan Kaoruko itu bisa dia terima dengan lebih kalem.

Date A Live IV 06

pasted image 08 2

Kaczmarek

Pertanyaan bagus Origami, ngapain Artemisia berada di pihak lain? Sayangnya ia kena  brainwashing dan dijadiin Adeptus 2-nya DEM. Disini gak terlalu digambarkan lebih detail soal kemampuannya, namun kalo dibandingin sama Mana, ia jauh di atasnya. Apalagi ia bisa nyaingin kemampuan Spirit lain.

Kunoichi Tsubaki 06

pasted image 09 2

Kaczmarek

Well, setelah lima episode saya ngurungin diri untuk ngangkat ini di spotlight, kali ini saya nyerah. Beruntung gak cuma seiyuu-nya Tsubaki (Yuuko Natsuyoshi) yang ngomong chin chin, tapi yang lain juga ikutan. Saya gak bisa bayangin ini di studio rekaman isinya candaan bocah kayak apaan tau. Semenjak ngikutin saya jadi kepikiran apakah proyek manga ini adalah hal sesungguhnya yang ingin dikerjakan Souichirou Yamamoto sejak awal.

Aoashi 04

saoas 04 020

CTian

Tolong, saya mau punya pasangan kayak Hana… Best girl banget, ah! Saya pikir itu surat isinya penyemangat atau yang gemes-gemes gitu, ternyata jadwal perencanaan makan dong! Tolong yang begini beneran ada nggak sih? Mana diperankan Kawase Maki pula, uooooohhhh!!!

Dah dah, saya juga mau bahas tahap akhir penilaiannya. That spirits from Ashito, bikin saya nggak mungkin banget untuk nggak semangatin dia. Gimana dia bikin timnya setidaknya masih mau gerak karena tindakan dia tuh beneran nunjukin kalau dia itu team player banget. That goal is a chef kiss bro, nggak heran tiga orang ini yang bakal masuk ke Esperion, tinggal gimana animenya nanti bikin kita juga jadi semangatin dua karakter lain itu ke depannya.

Ini anak juga tahu diri banget, gimana dia mikirin abang dan ibunya setelah apa yang mereka sudah berikan ke dia tuh bagus banget. Dia bahkan nggak segan untuk ngomong kalau dia mikirin keluarganya waktu ditanya di wawancara akhirnya. Terus, tentu saja dia lolos, karena nggak mungkin banget kalau ceritanya dia nggak lolos. Bukan karena kita sudah tahu dari posternya atau trailernya, tapi setelah pengorbanan kakaknya dan perjuangan si Ashito, terus ceritanya diputar jadi “Gw bakal ngalahin Esperion!”, itu malah bikin ceritanya lebih ngimpi daripada dia masuk ke Esperion.

Ahhh ending-nya juga gantung banget sih, itu ibunya juga kok cakep amat! Rasanya susah sebenarnya nahan nggak nonton 2 episode barunya karena di Disney+ Hotstar telat 2 minggu. Tapi saya tetap mau menghargai mereka-mereka yang terlibat ke penayangan ini. Apalagi ini satu-satunya anime yang saya tonton penuh di musim ini!

Dandadan 53-56

20220515 194634

CTian

Sudah 4 bab ya tidak bahas ini, tapi saya baca terus kok, persis malah pas jam rilisnya. Training arc is here! Nggak cuman Jiji yang mulai latihan untuk kendaliin kekuatan Evil Eye, Okarun dan Aira kayaknya juga bakal latihan bareng Turbo Granny. Walau, saya sebenarnya punya prediksi 2 skenario untuk arc latihan ini.

Skenario pertama yang normalnya, Okarun beneran dilatih sama Turbo Granny, terus Aira diam-diam ikutin metode latihannya juga. Ya kamu tahu lah, tsundere things. Skenario 2, Turbo Granny ngejebak Okarun buat merebut kembali kekuatannya, terus Aira yang cegah. Kenapa? Karena mungkin Turbo Granny takut sama Evil Eye yang semakin kuat, dan berusaha kabur. Terus Turbo Granny mungkin nanti diceramahin, eh malah jadi beneran ngelatih Okarun. Agaknya skenario 2 kepanjangan, jadi saya lebih milih skenario 1 aja sih, tapi jadinya juga biasa aja gitu. Ya lihat saja lah nanti, semoga ada kejutan.

Oh ya, Momo ngambil kerja paruh waktu buat bantu benerin rumahnya. Saya lucu saja waktu temannya cerita dia pernah dipecat dari kerja paruh waktu karena ngebantah atasan yang korup. Ini anak sense of justice-nya emang dibikin besar banget dari bab 1. Nggak jauh-jauh lah ya dari neneknya, suka banget sama kata-kata dan tindakan Nenek Seiko di 4 bab terakhir ini. Dia cuman mau jadi wali terbaik yang bertanggung jawab atas anak-anaknya.

Adegan mesumnya masa ndak disensor! Itu lho adegan Okarun gandengan sama Momo waktu pulang kelar kerja /plak! Ini juga sih yang bikin tensi masalah Okarun dan Jiji/Evil Eye jadi tinggi, Okarun pengen banget lindungi Momo dari apapun itu. Dia pengen banget membasmi Evil Eye, tapi tahu Jiji pengen Evil Eye itu tetap ada, makanya mereka jadi canggung gimana gitu.

Yang pasti ceritanya ini masih punya banyak konten lah, jadi aman saja serialisasinya. Training arc lagi jalan, masih ada musuh yang ingin balas dendam, plot besar Alien vs Yokai yang di-tease beberapa arc sebelumnya belum muncul, dan yang paling penting, belum ada tanda-tanda Okarun bakal ketemu “bola emas” keduanya. Ya, jangan lupa kalau “bola emas” itu lho yang bikin cerita ini masih jalan~

Arknights (EN)

Kaczmarek

Saya masih kesusahan CM NL-S sejauh ini. Seminggu kedepan berusaha untuk minimal clearing ini, namun laptop 4GB saya udah minta udahan terus tiap ngerjain map tambahan laknat ini.

Girls Frontline

Kaptain

Recap dikit stream anniversary kemaren. Buat yang fokus ke GFL aja cuma perlu tahu soal client 3.0 yang performanya semoga lebih waras sama collab Zombieland Saga R yang hadir di CN Nivember nanti. Buat Bakery Girl sama PNC juga ya serupa lah pengumumannya ngeliat lebih fokus ke QoL Sayang aja tanggal belom ada buat Bakery dan itu event baru PNC kayaknya sengaja banget UI dibuat mirip sama Dohna Dohna mentang-mentang Gyokai yang ngegarap desain.

Headliner ya GFL2 yang di aspek lore ngasih banyak info penting yang bisa kalian lihat di atas dan di gameplay ngasih perbaikan via sistem supression sama kejutan berupa mode Tarkov. Ini penting biar waifu XCOM ini punya kepribadian khusus. Lucu aja sih beberapa minggu kemaren Project Nightingale rilis beta tapi ngeimplementasi semua keputusan salah CBT pertama GFL2.

Fate Grand Order

Screenshot 20220506 173935

NA Server

Kaptain

Saya punya banyak kata kasar untuk sistem board game ini, jadi saya berusaha nyari poin positif dari event kali ini. Ngeliat antagonis utama event itu sumbernya dari sisi gelap Erice, fakta kalau wujud Avengernya tuh Hot Goth Mom yang terus marahin dan nyiksa dia tuh kode keras banget. Untuk saudari Utsumi, dimohon hadir ke kantor psikolog Chaldea. Bukan buat konsultasi, tapi harusnya staf di dalem sesuai selera situ.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update kecil lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: selephi

The post [JOI Spotlight] Mental Warfare Edition appeared first on Jurnal Otaku Indonesia.

Cakrawala Rafflesia