[JOI Spotlight] May Rap Week Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pasca lebaran. Saya harap pembaca sekalian bisa ngejaga kolestrol dari berbagai sajian selama silaturahmi. Selagi kita mencerna sisa makanan lebaran kemarin, mari kita simak impresi para staf untuk berbagai episode minggu ini.

Mobuseka 05

Kaczmarek

Saya makin terbiasa dengan statisnya animasi di adaptasi ini ahahahahaha. Paling tidak ada effort lebih dalam adegan mecha tersebut. Terlepas dari itu, silahkan stick kalo kuat dan silahkan lepas kalau gak tahan. Udah kayak puasa aja. Ngomong-ngomong, ada beberapa hal yang dirubah pada dialog onsennya. Namun tenang, beberapa hal penting masih kepake. Akhirnya kita ada fanservice mandi disini setelah cuman ngeliat poster majalah Megami. Jangan bahas si ratu plis.

Ya boy Kongming 06

kongming 06

Kaptain

Jadi musim ini udah ada 3 seri yang isinya rap battle. Sekedar info aja Homemade Kazoku terlibat di produksi rap battle episode ini. Sebagai rap battle juga bagusnya Kongming ini kerasa banget backgroundnya sebagai cendekiawan dengan penggunaan Logos, Ethos, Pathos; ngelawan freestyler agresif macem Kabe yang semakin ganas begitu barnya dapet waktu buat berkembang. Saya angkat topi buat translator yang nggarap ratusan bar di satu episode ini aja.

Screenshot 2022 05 08 at 00 17 52 TVアニメ「パリピ孔明」挿入歌「Be Crazy For Me」(EIKO Starring 96猫)フル尺スペシャルMusic Video

Saat artikel ditulis Be Crazy for Me di Youtube udah dapet 101k likes. Summer Sonia Let’s go

BlueHeaven

Animasi Eiko nyanyi masih ditahan seperti saat di festival. Itu tidak masalah karena fokus utamanya ada di rap battle Kabe Taijin melawan Kongming. Hasil akhir yang sudah bisa ditebak. Tapi prosesnya itu yang jadi makanan utama dan dieksekusi dengan baik. Tinggal menunggu efek masuknya Kabe dalam tim.

Summertime Rendering 04

summertime rendering 04

Kaptain

Masih satu episode lagi buat klimaks festival. Informasi penting kali ini adalah konfimasi kalau Shadow bisa dibunuh, shadow Shinpei yang tahu soal loop sekarang jadi faktor, dan oh ya poster girl seri ini ternyata masih keluyuran di pulau.

Buat poin kedua ini bagus banget buat penyeimbang dari fakta kalau tim protag itu relatif kompeten dan sangat melek dengan klise genre misteri. Dan kita masih belom masuk worst case scenario dari aturan main seri ini.

BlueHeaven

Pujian tak bisa saya sembunyikan untuk anime yang satu ini. Setiap episode selalu saja ada plot twist yang tidak terduga. Terutama untuk bagian penghujungnya, selalu membuat penasaran dengan kelanjutan di episode berikutnya.

Kali ini, di episode ini jelas diperlihatkan terduga bayangan Ushio tampil di depan Shinpei. Dengan lagak sebagaimana aslinya, Shinpei masih bisa berlaku bijak dan waspada. Sayangnya, saat ingin menemui Mio dan kawan-kawannya, gerak-gerik Shinpei sudah dideteksi oleh bayangan Mio yang mengambil langkah brutal. Tidak diduga semua rahasia kekuatan Shinpei bisa tergali sampai sejauh ini di episode ini dan membuka sebuah misteri baru tentang siapa dalang sesungguhnya dari perilaku para bayangan. Ugh, misteri terus bergulir!

Die Neue These 32

Die Neue These 32

Kaptain

“Semoga aja politisi di rumah nggak kelewat goblok” pikir Yang, ahli sejarah yang agaknya lupa total soal tugas utama politikus untuk ngejaga kursi mereka, bodo amat kalau negara ambruk. Kali ini Iserlohn mesti bertahan tanpa Yang tapi untung aja ini faktor yang pasukan invasi Empire belum tahu untuk sekarang.

Aoashi 1-3

aoashi 1 3

What’s this?

It’s not soccer, it’s football, mate!

CTian

Jujur aja, niat awal saya nonton ini sebenarnya karena pengen dengerin Kawase Maki yang jadi heroine di seri ini, tapi malah jadi nagih sama ceritanya dong, lol. Udah jarang banget saya ikutin anime waktu lagi running. Apalagi anime olahraga, saya kayaknya nggak pernah deh se-excited ini sama anime olahraga. Kalau diingat lagi, malah belum ada sebenarnya anime olahraga yang benar-benar saya tonton dari awal sampai akhir.

Tema sepak bola yang dibawa Aoashi ini juga bagus, teknik dan dasar sepak bolanya tuh beneran ada gitu lho. Kayak latihan kontrol bola yang ada di episode 1, terus kemampuan komunikasi yang jadi pertimbangan juga untuk pemilihan pemain. Itu well written banget sih menurut saya. Ditambah kita sudah jarang banget dapat animanga tentang sepak bola yang hits, jadi ini udara segar banget buat penggemar sepak bola yang juga merupakan penggemar animanga.

Saya bakal ikutin ini sih mingguan, menarik banget pembawaan cerita drama dalam dunia sepak bolanya. Apalagi kalau dilihat sebagai fans sepak bola juga, ini fiksinya tipis banget sih. Paling kemampuan Aoi buat lihat dan afal keseluruhan lapangan itu agak fiksi, tapi sebenarnya juga mungkin saja kalau punya tingkat kepekaan terhadap sekitar yang tinggi. Semoga aja ndak ada kemampuan nyeleneh-nyeleneh lainnya. Ya kalau analisis atau taktik yang dimodifikasi dikit nggak apa-apa lah, asal tidak terlihat norak. Apalagi ini seri seinen, saya rasa nggak cocok saja sih kalau ada jurus-jurus yang norak gitu.

Aoashi bisa ditonton secara resmi di Disney+ Hotstar. Penayangan ini juga kayaknya eksklusif di sana kalau lihat promosinya mereka. Episode baru tayang setiap hari Rabu, jamnya mungkin siang jam 2 atau jam 3 WIB. Walau telat 2 minggu sama Jepang, setidaknya ini masih layak lah buat didukung terus penayangan legalnya.

Tate no Yuusha no Nariagari S2 05

pasted image 01 1

Kaczmarek

Why Glass in twintail by the way? Tak tahulah, mungkin lagi mood ganti gaya rambut atau Therese yang mancing dia. Kehadiran Kyo disini paling enggak bisa mengembalikan ketegangan lagi semenjak tortuga itu kena jagal. Saya dapet vibe-nya “Saya no Uta” disini saat mereka masuk ke jantungnya kura-kura ini.

Informasi dari Ryo soal kenapa wave ini gak kelar-kelar sudah jelas ya. Jika Ost mati, (mungkin) petaka ini bisa segera selesai. Naofumi lawan Ryo di episode berikutnya bakal ditunggu, tapi saya agak khawatir dengan kehadiran Fitoria nantinya.

Deaimon 05

pasted image 02 1

Kaczmarek

Ini adalah momen pelajaran bagi Itsuka. Ini adalah momen dimana Itsuka mengetahui bahwa masa dewasanya penuh dengan sisi baik dan buruk. Ini adalah momen Itsuka menyadari bahwa semua orang memiliki topeng mereka masing-masing. Sayang oh sayang, hal mengerikan menantinya hahaha.

Kita juga dapet kilasan dari ibu kandungnya Itsuka di outro episode ini. Good news: disuarakan Maaya Sakamoto (yang bawain lagu pembukanya juga), bad news: she’s not in a good term. Drama menanti, tinggal tambahin minyak kalau Yukihira juga nongol.

Yuusha, Yamemasu 05

pasted image 03 1

Kaczmarek

Ah yes, momen dimana Melnes diisi sama Yumi Uchiyama, saya menduga bakal ada trap service disini. Benar saja, poor Melnes tho. Dia cuma pengen jadi HRD yang baik walau gak pernah punya pengalaman public speaking ataupun psikologi haha. But anyway, itu Echidna kenapa makin rata astaga.

Shijou Saikyou no Daimaou 05

pasted image 04 1

Kaczmarek

Thank you Silver Link. Benar-benar niat untuk ngabadiin momen pertarungan di episode ini. Seolah saya lupa bahwa Blade juga ngerjain proyek ini. Desainnya Elzard juga jauh dari perkiraan saya. Sempat ngira bakal mirip 3Dnya Tio dari “Arifureta”, tapi justru malah kayak monster dari seri kartu sebelah. Karena latar belakang Ireena udah jelas dibahas, kayaknya gak perlu lagi nambah informasi lain, kecuali masa depannya nanti bersama Ard.

Ireena dikasih baju saat diculik dan diikat disini. Mungkin di BD-nya bakal ada versi sucinya.

BlueHeaven

Tentu saja versi animenya akan diperlihatkan versi amannya. Battlenya ya gitu, karena MC terlalu OP, semua disikat sat set sot, kelar. Tidak terlalu berkesan di benak saya.

Tomodachi Game 05

pasted image 05 1

Kaczmarek

Tenji terdorong ke pojok berkat strategi Yuuichi dan akhirnya mengakui pendaftaran itu. Hah, akhirnya bisa agak tenang. Sempet khawatir di episode ini bakal diubah fokusnya ke grup lain seperti di manga-nya. Semoga kita fokus ke grup ini dulu untuk bisa menyelesaikan perkara dari masing-masing karakter, terutama Tenji.

Mahou Tsukai Reimeiki 05

pasted image 06 1

Kaczmarek

Zerooooooo! OMG udah 5 tahun lalu terakhir nonton Zero kara Hajimaru Mahou no Sho, saya kangen ini penyihir mirip Shimakaze. Saya juga baru inget Sayb sama Roux transfer mana lewat ciuman seperti di ilustrasi novelnya. Tapi haruskah sampai nge-zoom ke jembatan air liur itu? IDK!

Tes berakhir. Sesuai ekspektasi, desa ini sudah difabrikasi semeyakinkan mungkin untuk ketiganya. Bonus selain kembalinya Zero dalam wujud utuh, si pendekar naga itu juga datang jadi kurir. Lucunya Kudou malah nge-fanboy kepadanya, dan paling enggak salah satu impiannya terwujud.

Pertanyaan besar namun muncul disini, apa yang ada di ingatan Sayb sebelum kehilangan masa lalunya? Mengapa Zero ada disitu untuk menyelamatkannya? Mengapa Zero, Youhei, dan Shinpu gak secara langsung mengurus akademi seperti Albus?

Ngomong-ngomong, shoutout untuk Song Jin-Hui, Song Hyeon-Ju, dan Beat yang berkontribusi jadi Chief Animation Direction di dua episode terakhir.

BlueHeaven

THIS! THIS IS THE REASON WHY I WATCH THIS SHOW! Zero setelah sekian lamanya sudah tumbuh besar. Sangat sedap dipandang. Ujiannya tentu saja jelas bagi penonton yang sudah mengikuti serial utamanya. Tidak mungkin Youhei makan orang, kan?

Episode ini juga membuka lore karakter utama kita, Sayb yang memiliki relasi kuat dengan Zero sebagai keponakan. Kita lihat sejauh mana anime ini bisa memperlihatkan konflik setelah suasananya dibawa ke masa pelatihan yang damai di sebuah desa.

SpyXFamily 05

SPY×FAMILY Episode 05

Kaptain

Sesuai dugaan kemaren, ini masuk materi orisinal anime pas di kastil. Tepatnya ya lingkup misi hadiah diekspansi habis-habisan, jadi ya silahkan nikmati kualitas produksi WIT, insert song dari K)NoW_NAME, dan Yor yang mabok lebih lama. Udah jelas mainstream hit musim ini milih buat ngedaptasi sisi yang lebih lighthearted dari seri ini jadi maaf aja buat yang ngarepin Spy Thriller dari anime-nya.

BlueHeaven

Episode di mana WIT Studio bisa bekreasi sebelum masuk ke arc yang jelas di sekolah nanti. Saya menonton sebuah kekonyolan yang menghibur. Pecah banget! Tidak ada satupun yang waras dalam episode ini. Semakin kuat dengan komedi, semakin erat dengan hati penonton. Ditunggu episode Anya bermuka kocak untuk minggu depan.

Kakkou no Iinazuke 03

pasted image 07 1

BlueHeaven

Semakin hari, semakin cakep untuk dilihat visual anime ini. Shot di beberapa bagian dibuat detail demi si tuan putri yang fotogenik. Hiro juga mendapat waktu tampil lebih banyak dengan mengorbankan best girl kita, Sachi.

Meski dibilang sudah membaik, ada beberapa scene yang sebenarnya bisa lebih dikeluarkan potensinya. Contohnya saat Nagi mulai mengingat memorinya yang tidak pernah dipuji selama belajar ketika ia dipuji Erika. Setidaknya episode ini membuat saya teguh untuk menyaksikan anime ini sampai 2 cour ke depan karena telah lulus 3 episode rules.

Shokei Shoujo no Virgin Road 06

pasted image 08 1

BlueHeaven

Karakter Akari diperlihatkan kepada penonton bagaimana “ia” versi pintarnya menyelesaikan masalah. Memang kajian waktu adalah luas, dan di sini ada banyak kuasa waktu yang diperlihatkan mulai dari intervensi waktu pada benda di ruang berbeda, penghentian waktu individual, sampai percepatan penuaan. Gak heran adu mekanik kamekameha nenek tua pakai batu akik 3 warna kalah sama hadouken nakama power Akari dan Menou. Satu lagi yang paling mencuri perhatian adalah betapa kuatnya Momo apabila ia sudah mengamuk. Yuri power is so strong.

Episode ini juga menjelaskan kalau Akari tidak hanya tahu siapa itu Momo, tetapi motif membunuh Menou terhadapnya. Menou juga tetap pada tujuannya untuk membunuh Akari, walau organisasi gereja sedang goyang karena arcbishopnya meninggal. Sebuah keputusan penuh pertanyaan bagi saya yang mencoba berpikir logis. Apa tidak ada jalan untuk mengembalikan Akari ke keadaan normal seperti janji manis pertama untuk mengembalikan dia ke dunia aslinya?

Pada akhirnya, kedua pihak memiliki tujuan yang sama namun belum bisa tersampaikan karena hanya satu pihak pasif yang mengetahui tentang rahasia dari masa itu. Rasa kesal dan takjub saya bercampur menjadi satu karena hal ini.

Love Live Nijigasaki  S2 06

Nijigasaki Gakuen School Idol Doukoukai S2 06

Masih kesel si ketua klub drama ga dikasih nama

Kaptain

Say hello buat CYaRon versi Niji. Untung aja ini subplot Nakagawa Nana bisa cepet kelar jadi bagian ngeselin dari Shioriko original bisa diskip. Untuk R rarity minggu ini giliran Kurobane bersaudari yang bisa nongol.

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Ultra Romantic 05

pasted image 09 1

BlueHeaven

Hahaha, Tsubasa-kun yang malang, baru di season 3 mendapat reveal namanya. Terima kasih untuk keimutan Maki yang manisnya menyerap kesegaran teh buatan Yuu. Tiga orang itu yang galau soalnya gebetannya benar-benar related untuk kaum jones.

Untuk bagian rap, ada banyak yang bisa dibahas. Mulai dari munculnya lagi sikap keibuan dan keguruan Chika hingga dicurahkannya isi hati Haysaca kepada semua pihak yang ada di situ. Kaguya malah jatuhnya parodi Bohemian Rhapsody. Dronenya mohon dikondisikan untuk tidak ikut mengeluarkan umpatan kasar. Ending unik ciri khas Kaguya juga keluar di episode ini. Fresh dan sesuai dengan tema, mantap dilihat.

Date a Live IV 05

pasted image 10 1

Kaczmarek

Dipindahkan ke dunia fiksi oleh Westcott, dan mereka memerankan karakter fiksi yang sudah ada. Akhirnya kita dapet momen Shiori lagi. Selain dari momen dalam dunia itu, belum ada detail lain yang dibutuhkan untuk ngelawan Westcott. Tapi paling enggak saya dapet fanservice-nya Nia disini.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Iseng menjelajah dikit soal latar belakang Kazimierz, malah nemu sejarah Zwierzyniec di Lublin. Namun nama kota ini berubah jadi Kazimierz sama seperti yang di Krakow, kemudian ditambah Dolny di bagian akhirnya untuk membedakan keduanya. Mungkin bakal nge-riset lebih dalem lagi setelah baca full story di event ini dan membandingkannya dengan koloni Yahudi yang (mungkin) jadi inspirasi dari cerita gamenya.

Balik ke game-nya, progres hingga kini tertahan di NL-EX-8. Bukan karena kesusahan, tapi nyari waktunya untuk ngerjainnya. Device yang gue pake juga lagi gak mendukung karena harus naikin RAM dulu sebelum enak ngerjainnya. Lebaran gaada THR, padahal THR yang ditunggu buat upgrade device ini. Hadeh.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update kecil lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Waterkuma

The post [JOI Spotlight] May Rap Week Edition appeared first on Jurnal Otaku Indonesia.

Cakrawala Rafflesia