[JOI Spotlight] Cooked to Perfection Edition

Selamat datang di JOI Spotlight persiapan lebaran. Saya yakin sedang pada sibuk siap-siap untuk hari besar besok, jadi mari kita sempatkan sedikit wkatu impresi para staf untuk berbagai episode minggu ini.

Shijou Saikyou no Daimaou 04

Wait, she isn’t Lala Deviluke!?

Kaczmarek

I see, the effort of the battle scene > the effort of daily routine scene. Sekarang saya sudah mengerti standar kualitas animasinya hingga akhir musim, jadi saya gak kena bamboozled kayak “Qualidea Code” dulu. Saya belum pernah nonton seri lain yg diproduksi studio Blade tbh. Jadi mungkin ini sudah standarnya mereka di proyek primer mereka sebelumnya.

Ok udah tanding aja disini, namun kita bakal terpaku pada usaha Ginny untuk menyadari kemampuannya sebagai succubus. Tentu saja bakal dihalangi Ireena sebisa mungkin. Jessica aka Elzard akhirnya membongkar kedoknya, namun saya gak ngerti kenapa dia bisa mengelabui kepala sekolah. Ujug-ujug menjadi villain, dan bisa ditebak ada yang kepotong disini. Desainnya juga ngingetin saya dengan Kongou dari Arpeggio.

BlueHeaven

Akhirnya si succubus mulai bertingkah normal. Aside from fan service, ini saya benar-benar kagak ngerti. Apa karena plotnya ngebosenin di tengah episode sampai saya ketiduran, bangun-bangun tiba-tiba senseinya sudah jadi villain dan bodohnya lagi ga ada satupun makhluk di tengah arena selain ketiga korban. Kukira monsternya hanya berkeliaran di arena, jadi seharusnya MC tidak jauh-jauh dari situ. Apa saya yang salah kira?

Mobuseka 04

Kaczmarek

Oh dear, kelakuan Leon sejauh ini masih menjadi alasan saya ngikutin adaptasi ini. Bisa dibilang episode ini diberi judul “Demolition Derby with a Shovel”. Ya untungnya kayak pak lurah dari seri lain. Full battle satu episode, namun tinggal menyisakan Julius di sisa pertarungan. Satu hal yang saya anggap positif disini adalah dialog antar karakternya sudah mulai natural daripada di tiga episode pertama. Mungkin ini salah satu dari sekian faktor dimana rating di anidb perlahan naik, atau karena karakter ceweknya di-buff gede-gedean, maybe.

Tate no Yuusha no Nariagari S2 04

Kaczmarek

Entah kenapa disini malah mulai menarik daripada sebelumnya. Pertanyaan besar kenapa tutel itu masih belum dikalahkan walau sudah dijagal, kenapa Ost pusing-pusing sendiri kayak nungguin macet di tol, dan ngapain L’Arc, Therese, sama Glass tiba-tiba nongol di goa itu?

“Permisi mas, numpang lewat,” ujar L’Arc nuwun sewu ke kelompoknya Naofumi. Kalo nginget wave sebelumnya, nampaknya sudah gak bakal heran kenapa trio ini nongol juga di momen ini.

Deaimon 04

Kaczmarek

Crossdress yang gak gue sangka dari Saki wkwk. Ah man, Mitsuru udah gak keliatan kagi semenjak doxing itu. Padahal sempet berharap dia ikut diajak ke kolam renang. Terlepas dari momen itu, kita dapet tebakan soal ayahnya Itsuka disini. Yep, dari suaranya Matsuoka, dan momen di stasiun, kita bisa menebak seniornya Nagomu adalah ayah kandung Itsuka.

Kita juga tahu bahwa Yukihira sudah mengetahui bisnis keluarga Nagomu sehingga ia bisa menelantarkan Itsuka disana. Namun teori ini kayaknya cukup masuk akal, kecuali author manga ini, Rin Asano menuliskan hal lain yang lebih menarik. Puzzle sudah mulai lengkap terkumpul disini.

Yuusha Yamemasu 04

Kaczmarek

Satu per satu para anggota bermasalah sampe ke kepalanya terungkap. Kalau Lili masih dianggep receh, Steina tinggal bantu perpanjangan tangan, Melnes AFK, Edward juga cabut-cabutan dan Echidna yang eeeeeee deceivable? Kita juga dapet banyak info terkait agresi yang dilakukan Echidna dan negaranya yaitu batu bertuah.

Sesuai testimoni Leo, batu bertuah ini punya efek placebo terhadap manusia. Info kegunaan batu ini juga sampai di teritorial demon yang juga menginginkan batu itu. Untungnya gak dapet, tapi efeknya di ekonomi negaranya signifikan.

BlueHeaven

Masih belum ada tanda-tanda buff untuk Echidna. Leak personality, tujuan, dan segala detail dari karakter ini membuat progress cerita ke depannya menjadi lebih terbuka. Dengan ini, seharusnya daily mission receh Leon sudah berakhir. Tinggal cari solusi bagaimana menyelesaikan masalah jendral yang kabur.

Ya Boy Kongming 05

Kaptain

Itu Kabe sekarang ada di ED, jadi saya cukup menantikan pas finalenya nanti begitu lebih banyak karakter dikenalin. Emang nggak jarang kompetitor yang masuk hotstreak kemenangan masuk ke fase di mana tekanan buat terus menang ngancurin mental dan fisik. Episode depan harusnya bisa full satu episode khusus buat rap battle.

Interesting historical tidbit. Emang ada dasarnya kok Koumei ini serasi sama karakter Gyaru.

BlueHeaven

Sekarang Anda bisa mendengarkan segala rima rap yang tertulis dalam manga di dalam animenya. Good timing untuk menjelaskan siapa Kabe Taijin dan bagaimana keterlibatan ia dalam cerita untuk ke depannya. Dan juga, terima kasih untuk memakaikan tracksuit kepada Kongming.

Die Neue These 31

Kaptain

Formalitas biar Kempf bisa ngumpulin Death Flag buat misi di mana kalau dia bisa menang, cerita selesai. Ini level manservicenya emang lebih anteng dibanding masa OVA dulu, jadi ya adaptasi ini punya mandat buat ngingetin penonton kalau Reind masih nggak bisa ngelepas Kircheis.

SpyXFamily 04

Kaptain

Saatnya wawancara masuk. Bagusnya buat misi ini skillset tiap anggota keluarga kepake semua, begitu juga kelemahan masing-masing. Ini juga Henderson ga pernah berhenti nyenengin liatnya, jadi semoga kualitas produksi bisa kejaga setiap kali nih orang nongol. Dari preview kayaknya segmen “hadiah” buat Anya bakal dipanjangin.

BlueHeaven

Inilah mengapa anime ini memiliki popularitas yang sangat tinggi. Selain konsepnya yang dijamin menghibur, sampai saat ini Spy x Family belum menunjukkan episode lemah di mata saya. Setiap minggu selalu fantastis, dan kali ini bukan hanya komedinya saja yang kena, tetapi emosi sedih juga amarah bisa tersalurkan dengan baik. Haha, cocok sudah episode ini diwarnai dengan satu kata: “elegan”.

Date A Live IV 04

Kaczmarek

Semoga bagian awal volume ke-14nya gak di-skip begitu aja, minimal diselipin di episode berikutnya karena ini penting untuk ngeliat latar belakang Mukuro. Karena scene penting Tamae-chan aja gak disingkirkan, apalagi yang lebih penting dari latar belakang Mukuro. Kemudian pilihan ketiga yang disarankan ke Shidou itu konyol bener. Craving my body? Kadang staf Ratatoskr ini mulai gak masuk akal. Ya untungnya Mukuro orangnya bodo amatan.

Momen Tamae ngomong dengan suara Kaori Sadohara yang juga meranin karakter Chocolat, kemudian berpindah ke Elliot yang disuarakan Jouji Nakata, saya malah keinget seri NouCome. Momen di mana kalimat “Erabe” diucapkan Jouji, saya langsung kena flashback.

Tomodachi Game 04

Better than Will Smith’s slap

Kaczmarek

Jazzy Nana Mizuki OP gak bisa di-skip. Anyway, ini tinggal nunggu Tenji kena batunya aja sih. Makoto kini jadi bulan-bulanan terkait kelakuan bapaknya, dan ditambah isu pembunuhan yang naik. Secara praktis kubu terbagi menjadi tiga. This is dumb scenario tbh, if you had read a typical death game before. The only thing that this series is less dumb than the other is the character. Ayo Yuuichi, gantian bongkar aibnya Tenji biar kesel itu anak.

Mahou Tsukai Reimeiki 04

Kaczmarek

Now what? The plot is getting thicker. Kehadiran Youhei secara tiba-tiba sebagai villain, Shinpu yang entah kenapa masih menahan diri di awal pertemuan, dan penculikan Hort ke gua itu sudah menandakan ada sesuatu di balik program ini. Albus, entah apa yang anda siapkan, namun lebih baik kita menantikan Shimakaze Zero yang kini sudah dewasa di episode berikutnya.

Kakkou no Iinazuke 02

Kaczmarek

Ojou-samaish Erika partnered with brain-headed Nagi. Sinetron mulai memasuki babak baru, mari kita lihat perubahan apa yang bisa ditebak. Erika belajar jadi orang kere (check), Nagi kagum sama rumah orang tua aslinya (check), Sachi kesel sama situasi bahwa kakaknya tertukar (check), Sachi mulai memunculkan diri untuk bertindak agresif (not checked), Nagi ngincer cewek lain (check), ortu asli Erika yang outspoken (check), dan ayah asli Nagi yang licik (check).

Sayangnya gaada porsi Hiro disini, jadi daftarnya bisa nambah lagi. Emak aslinya Nagi juga belum nongol lagi.

BlueHeaven

Visual yang lebih baik dari episode sebelumnya. Beda episode, beda orang yang bekerja di baliknya. Apa ga ketuker ya? Anyway, anime ini menjadi lebih layak ditonton dan masih ada harapan untuk ke depannya.

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Ultra Romantic 04

BlueHeaven

Uso de aru is back! Shirogane Kei fans service itadakimasu! Haysaca femboi! Full of joy as always!

Summer Time Rendering 03

BlueHeaven

Ga ada angin, ga ada hujan, tiba-tiba nongol Ushio di akhir episode. Ini susah banget ditebak buat yang belum tahu ceritanya. Entah bagaimana penyelesaian di pengulangan ini. Kalau untuk Shiori, itu tebakan mudah kalau ia adalah bayangan.

Kaptain

Sekali lagi ini efek flash animenya ngebantu banget buat nunjukin kapan interaksi Shadow terjadi. Masih soal efek, ini pas Totsumura ngasih Smartphone juga lucunya ada jingle “selamat, situ berhasil majuin progresi misterinya” kayak game adventure. Ini monolog juga bagus buat nekanin kalau Shinpei cukup melek buat tahu kalau tim investigasi buat sistem identitas ngeliat Shadow bisa ngekopi wujud, dan Sou walaupun punya desain tipe karakter hotblooded cukup ngerti kalau selama lawan bukan hantu dan bisa disentuh, ada metode buat ngebunuh mereka.

Kirain insiden tertentu bakal langsung dikebut buat episode ini, tapi itu cliffhanger emang efektif banget buat penutup.

Shokei Shoujo 05

BlueHeaven

Ini episode yang ditunggu-tunggu. Menou udah bukan mesin pembunuh yang kerjanya iyain perintah organisasi. Agak kaget walau bisa diduga si nenek-nenek tua bangka itu yang jadi penjahat. Terlihat chemistry antara Momo dan Ashuuna terjalin cukup baik. Tinggal dicari saja bagaimana penyelesaian untuk keadaan gawat yang dialami oleh karakter utama kita. Jangan bilang kalau nanti waktu bakal dibalikin lagi sebelum kejadian genting terjadi.

Kaczmarek

Akhirnya yang ditunggu hadir juga. Kongkalikong Orwell dengan para Noblesse terungkap disini. Terasa cepat karena di episode kelima udah sampe sini, karena sebelumnya ngira malah bisa didorong ke episode 8-9. Kalau pace-nya tetap terjaga, kayaknya kita bisa melewati pertengahan volume kedua di episode 10.

Koi wa Sekai Seifuku no Ato de 04

BlueHeaven

Pertarungan dua wanita memperebutkan seorang pria. Haru berjiwa ksatria saat menantang Desumi. Syukurlah Desumi ternyata sudah pernah kontak dengannya. Kalau tidak, tidak masuk diakal si pink ranger ini menerima kekalahannya begitu saja. Kalah berujung saling support. Sikap sportif ini yang membuat Haru akan disukai penonton. Ganbare Haru, kalau ada kesempatan, tikungan selalu tersedia untukmu!

Love live Nijigasaki 05

Kaptain

Tumben episode para karakter “bersahabat” banget nongol di awal. Agak ngecewain para veteran ga nongol pas di musium tapi paling nggak bendera Love Live bisa nongol. Itu di akhir juga kayaknya Shioriko mulai melek soal identitas Setsuna. Yang entah ributnya bakal kayak gamenya apa nggak.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Bagaimana dengan hasil tarikan kalian? Beruntungnya saya hanya butuh 10 pertama saja. Sisanya mencari kesempatan untuk dapetin Flametail. Clearing map juga sudah selesai, dan saatnya menunggu sampai tanggal 5 dengan baca story dan farming secukupnya.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update kecil lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: xyanaid

The post [JOI Spotlight] Cooked to Perfection Edition appeared first on Jurnal Otaku Indonesia.

Cakrawala Rafflesia
Exit mobile version