[Celebrity Sunday] Asami Seto

JOI Spotlight sudah kembali, Waifu Wednesday juga kembali, kemudian saya memutuskan untuk membangkitkan rubrik ini lagi. Celebrity Sunday adalah rubrik JOI yang membahas tentang profil dan seluk beluk figur dari dunia showbiz Jepang yang tak membatasi dalam lingkaran per-anime-an saja. Untuk membuka kembali rubrik ini, saya akan membahas salah satu seiyuu populer bernama Asami Seto.

Asami Seto lahir pada 2 April 1993 di Prefektur Saitama. Ia kini bernaung dalam agensi Star Crew sejak berpindah dari Sigma Seven pada November 2021. Bersamaan dengan kepindahannya ke Star Crew, ia membuka akun Twitter pertamanya. Namun sebelum itu, ia aktif mempublikasi di blog Ameblo yang dibuka sejak Mei tahun 2016. Jika melihat publikasi blognya, Seto memiliki hobi berkendara motor dan mobil, memancing, menyelam, dan berwisata.

Melihat kebelakang, Asami Seto termotivasi untuk menjadi seiyuu setelah mengikuti peran Allen Walker dari seri “D.Gray-man” yang diperankan oleh Sanae Kobayashi. Kala masih berusia 16 tahun, ia mengikuti audisi di Sigma Seven dan lolos untuk mengikuti program seiyuu di agensi pertamanya.

Di tahun 2010, Seto yang sudah berusia 17 tahun menjalani debutnya sebagai karakter Yoshino Takatsuki dari seri animeHourou Musuko“. Anime ini kemudian ditayangkan pada musim dingin 2011 dengan jumlah 11 episode. Namun sebelum itu, debut proyek pertamanya adalah CD drama dari mangaAni Koi” yang dirilis pada Agustus 2010.

Dalam proyek game, peran pertamanya adalah karakter Wataru Itabashi dari novel visual spin-off “Da Capo” berjudul “T.P. Sakura ~Time Paladin Sakura~“. Game yang dikembangkan developer CIRCUS ini dirilis pada 27 Januari 2011.

Seto kala ikut memancing di Teluk Sagami

Karirnya kian menanjak di tahun 2011 hingga 2013 setelah mendapatkan peran karakter utama Konatsu Miyamoto (Tari Tari), Lan (Rinne no Lagrange), Chihaya Ayase (Chihayafuru), Shouko Sashinami (Kakumeiki Valvrave) dan Aiba Asagi (Strike the Blood). Dari proyek inilah ia mulai mengenal banyak seiyuu lainnya seperti Nana Mizuki, Rina Hidaka, Risa Taneda, Mamoru Miyano, Reina Ueda, Yuka Iguchi dan masih banyak lagi.

Satu momen yang paling terkesan dari awal karirnya adalah saat mengikuti audisi “HUNTER X HUNTER” di tahun 2011. Seto kala itu mengikuti audisi untuk karakter Kurapika dan masih mengenakan seragam SMA-nya. Setelah proses seleksi, komite memutuskan Miyuki Sawashiro sebagai pemenang audisi tersebut.

Penampilannya dalam audisi tersebut justru terendus oleh komite produksi “Chihayafuru” yang juga tayang di stasiun televisi yang sama. Komite meminta Seto untuk ikut audisi pada peran Chihaya Ayase. Beruntungnya performa seiyuu dengan tinggi 167 cm ini memuaskan dan akhirnya terpilih sebagai pemeran karakter Chihaya.

o1080108014418662791

Seto bersama dakimakura Aiba Asagi

Dalam karir bernyanyi, Asami Seto memulai debutnya dalam animeChihayafuru” dengan membawakan lagu penutup pertama yang berjudul “Soshite Ima“. Lagu ini diputar di musim pertama anime tersebut, dan dikompilasi dalam album Character Song yang dirilis pada 18 Januari 2012.

Seiring berjalannya waktu, seiyuu yang memiliki panggilan Seto-chan ini telah terlibat dalam 17 lagu anison dalam berbagai proyek anime. Meski begitu, ia belum pernah menjalani debut sebagai penyanyi solo hingga kini.

Kini, Asami Seto dikenal dengan banyak perannya yang cukup populer selain yang sudah disebutkan. Beberapa yang terkenal seperti:

  • Hori Kyouko (Hori-san to Miyamura-kun)
  • Iona Urasoe (WIXOSS)
  • CZ2128 Delta (Overlord)
  • Ayaka Kagari (Witch Craft Works)
  • Ichiyou Higuchi (Bungou Stray Dogs)
  • Aoi Tomosato (Senki Zesshou Symphogear)
  • Mai Sakurajima (Seishun Buta Yarou Series)
  • Raphtalia (Tate no Yuusha no Nariagari)
  • Nobara Kugisaki (Jujutsu Kaisen)
  • Asuka Takizawa (Precure)

Mungkin ada beberapa yang tak disebutkan di atas, namun perannya sudah cukup banyak yang populer. Apa ada favorit kalian?

Asami Seto kini juga aktif dalam program radio berbeda. Program pertamanya yang kini masih berjalan adalah “Asami Seto Now Roading” yang dikembangkan Super! A&G+. Program keduanya adalah radio dari serial anime Fena: Pirate Princess” bersama dengan seiyuu Ryota Suzuki dan juga dikembangkan oleh Super! A&G+. Program radio ketiga bernama “Asami Seto to Rina Hidaka no Oshitai!” yang dikembangkan oleh Otoizumi juga masih berjalan dan sesuai judulnya, ia berduet dengan seiyuu Rina Hidaka.

Sebelum ketiga program radio tersebut berjalan, Seto tercatat tampil sebagai pengisi suara 15 program radio lainnya. 15 program ini merupakan campuran dari proyek anime seperti “Kakumeiki Valvrave“, “Tari Tari“, “Strike the Blood” dan masih banyak lagi.

Honda CB400SF milik Asami Seto

Sekarang ke preferensinya, Asami Seto dikenal sebagai salah satu seiyuu petrolhead dan rider. Hingga kini belum diketahui mobil apa yang ia miliki, namun ia pernah memamerkan motor Honda CB400SF-nya kala berkendara sendirian. Seiyuu bergolongan darah O ini juga pernah mengikuti kejuaraan gokar di tahun 2016 yang diselenggarakan di Sirkuit Motegi.

Selain berkendara, hobi lain yang pernah ia pamerkan di media sosialnya adalah memancing. Ia sering mengikuti rombongan pemancing ke laut lepas dan ikut andil dalam berbagai tangkapan. Sejak pandemi datang, ia lebih sering terlihat berkendara daripada memancing jika mengikuti perkembangan media sosialnya.

Asami Seto kini bisa kalian temuka di media sosial Twitter, Instagram, dan Ameblo.

Cakrawala Rafflesia
Exit mobile version