[JOI Spotlight] Dark Side of The Moon Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pada minggu kedua bulan puasa ini. Masih di awal musim semi, mari kita simak impresi para staf untuk berbagai episode pembuka musim ini.

Deaimon 01

What’s this?

Failure become a father-figure

Kaczmarek

Episode awal yang baik membuka masalah utama dari cerita ini. Episode kedua nanti bakal memastikan seberapa cepat mereka bakal mengadaptasi manga ini. Semoga gak terlalu cepat aja sih karena Kanoko belum nongol di cerita mereka berdua ini.

Also, sebagai orang yang demen makan makanan manis, serial ini gak cocok untuk ditonton siang-siang.

Tomodachi Game 01

pasted image 01 1

What’s this?

Sloppy Seconds

Kaczmarek

Okay-ish episode. Menunggu respon yang lain terkait pertanyaan Yuuichi itu. No! No Among Us and Euphoria ref here, no! Sampai saat ini belum terungkap konsekuensi dari permainan ini. Semoga hanya melibatkan pembayaran hutang sesuai sinopsis. Namun hutang nyawa masih bisa juga.

Doa saya tetap berharap adaptasi ini gak jadi “Ousama Game v.2”. Belum memaksa saya untuk tidak menonton kelanjutan serial ini. Ada yang baca manga-nya? Bagaimana episode pertama ini menurut kalian?

BlueHeaven

Hanya lewat untuk menengok obvious LSBH girl. Premis awalnya masih belum kuat untuk menarik saya serius ngikutin series ini.

Yuusha, Yamemashu 01

pasted image 02 1

What’s this?

Another pettan brick-headed heroine with a less sense of humour

Kaczmarek

Salah satu seri yang saya nanti. Bukan karena Echidna atau Leo, tapi demi Steina. Dengan berbagai kelucuan di zona ini, saya jadi teringat seri “Meikyuu Black Company” beberapa musim lalu.

Satu hal yang masih jadi pertanyaan disini adalah bagaimana Leo nge-print grafik itu di kertas. Ada sihir percetakan kah? Atau gimana?

BlueHeaven

Karakterisasi yang bagus untuk yuusha. Echidna juga terlihat menarik dari segi karakter. Empat jendral iblis terlihat biasa, tapi ga bisa berharap banyak juga dengan support chara yang common seperti ini.

Ya boy Kongming 02

Paripi Koumei 02

Kaptain

Openingnya kuat banget. Sama nunjukin kalau adaptasinya bakal cukup jauh ngeliat karakter yang muncul. Di era modern juga sebenernya supermarket gede dan venue macem IKEA pake strategi yang sama. Secara nggak mengejutkan sebenernya strats minuman gratis itu bakal jadi opening move favorit kedepannya.

BlueHeaven

Jadi ini adalah anime Jepang, yang menggunakan tokoh dari China, serta memakai lagu Hungaria sebagai openingnya. I’m in. Anyway, walau sudah diprediksi jalan ceritanya, episode 2 terlihat cukup kuat dan sangat menghibur. Semoga bisa konsisten sampai akhir musim.

Die Neue These 27

Die Neue These 28

Kaptain

Reformasi Empire dimulai. Kemungkinan besar saya lupa, tapi Ini kayaknya debut Hildegard buat adaptasi ini. Sayang aja karakter sepenting dia baru bisa kerasa banget pengaruhnya di belakang cerita. Bersamaan dengan itu Dalmatian si Oberstein juga djelasin pertemuannya, mungkin ini satu-satunya mahkluk yang mencintai Oberstein di galaksi ini.

Tate no Yuusha no Nariagari S2 01

pasted image 03 1

Kaczmarek

Rishia bakal jadi pushover untuk sementara ini, paling enggak sampai dia nyerah untuk gabung Itsuki. Namun tambahan tenaga di kelompoknya Naofumi ini cukup dibutuhkan mengingat keadaan sebelumnya di Cal Mira yang jadi tamparan realita baginya. Kemampuan transformasi Rishia juga (bakal) dibutuhkan.

Kalau saya prediksi, volume kelima dan keenam ini bakal kecover di ¾ cour musim kedua ini. Volume ketujuh bisa jadi penutup sebelum klimaks terbaru di volume kedelapan. Kecuali mereka berniatan narik cerita lebih cepat setelah ketemu Ost di episode awal ini.

RPG Real Estate 01

pasted image 04 1

What’s this?

Another Kirara 2k20 with some fansa

BlueHeaven

Pakai robe majo, dada terlihat rata, tapi ada garis cleavage. Kirara zaman sekarang sepertinya tidak hanya mengandalkan yang manis saja, tetapi yang pedas dan hot. Let’s see another way.. Loli lari kesana kemari ga mau pakai baju, Celana diplorotin momen, baju tempur yang seksi. Rize fantasi ternyata bisa seechi ini.

Gaikotsu Kishi 01

skeleton man

What’s this?

Ainz-sama as paladin.

BlueHeaven

That’s some booby trap you set there at the beginning. Nice bomb, kalau nonton di publik pasti bahaya. Tidak ada hal yang wah selain karakter skeleton. Kesampingkan wujud tengkoraknya, semuanya sama seperti anime isekai pada umumnya, setidaknya untuk episode pertama.

Kaptain

Saat artikel ditulis udah dapet 600k di Muse, yang saya pesimis terjadi karena kualitasnya sebagai seri fantasi. Kaget aja di 2022 yang udah sampe oversaturasi genre ini mash aja ada seri yang masih nganggap penonton ga tau sama sekali soal video game.

Shokei Shoujo 02

pasted image 05 1

BlueHeaven

As expected, setelah strong start di episode pertama, anime ini mulai menurun vibenya. Apalagi karakter Akari yang modelnya seperti itu. Seharusnya lawan yang cocok dengan Menou yang ingin fokus menyelesaikan tugasnya, tapi Akari terlihat menyebalkan di mata saya. Sebagian penonton mungkin ingin melihat lebih banyak scene Menou yang ganas sebagai eksekutor, tetapi arah anime ini sudah jelas akan kemana. It’s yuri, I told you.

Kaczmarek

Misi disini hanyalah memecahkan isi kepala Menou via Akari. Saya siap tahan hingga akhir musim jika mereka bisa mertahanin apa yang mereka animasikan dalam dua episode ini. Ya karena ini proyek J.C Staff.

Mobuseka 01

pasted image 06 1

What’s this?

Anime kurang budget yang dipaksakan.

BlueHeaven

Sejuta hujatan saya siap mewarnai satu halaman artikel JOI minggu depan.

Kaczmarek

Gonna pretend this is 2009 and i’m watching “Princess Lover!” with my first weird boner experience. Terlepas dari kekurangan, saya tetep stick seri ini sampai kelar.

Kaguya-sama wa Kokusaretai: Ultra Romantic 01

pasted image 07

What’s this?

Weekly crazy student council is back.

BlueHeaven

Mari kita cek apa saja yang terjadi dalam episode pertama Kaguya-sama Season 3:

> leak hidden messages ending season 2

> bgm gamelan, java proud

> “healing musics”

> batman failed save the day

> bullying kaguya gaptek count 1

> haysaca lied as naturally as she breathed.

> game initiator fujiwara did it again

> loop kaguya archering in opening season 2

> muscle queen daishouri (accidentally)

> bonus: narrator tambah gila

Overall, perasaan nostalgia 2 season dihibur anime ini langsung dihidupkan dengan episode pertama di musim ini.

Date A Live IV 01

pasted image 08

What’s this?

Bill Trap

Kaczmarek

Gue masih gak ngerti. Sudah berkali-kali gue melihat karakter macem Nia ini di berserakan di manga, VN, novel, dan medium lainnya. Namun entah kenapa, karakter tua macem dia yang selalu masuk dalam daftar waifu seasonal. Sesuai apa yang saya tulis pada “Bill Trap”, Nia mengingatkan saya dengan mantan istrinya Itami dari seri “GATE”.

Menaklukan hati perawan tua ini tentu butuh waktu yang gak sedikit. Apalagi ini spirit juga nijiconnya setengah mati. Tantangan Shidou disini sebenarnya lebih berat saat ngadepin Kurumi nantinya sih, yang kini masih nyariin Nia sejak kabur dari lokasi fasilitas.

Semenjak franchise ini dipegang Geek Toys dan merekrut Nakamura Naoto menjadi desainer karakter dan Chief Animation-nya, saya sudah bersiap dengan ciri khas latar belakang berbinar ditambah dengan karakter yang cenderung terlihat lebih cerah. Coba cek “Egao no Daika” dan “Haifuri” deh kalo penasaran dengan ciri khasnya Naoto. Sementara Geek Toys masih menjadi studio yang mengikuti arahan dari Geek Pictures, salah satu produsen CM apik di JP.

Mahou Tsukai Reimeiki 01

pasted image 09

What’s this?

Progres Pendewasaan Zero & Albus: Jadi Wanita Beraset + FripSide New Vocalist

Kaczmarek

Roux/Loux ini demen banget ngangkang astaga. Agak beruntung Cervil bukan cowok murahan disini, ya walau kadang mulutnya suka susah ditahan. Masih ingat dengan Zero kan? Ya ini ceritanya masih dalam universe yang sama. Kalian juga gak salah liat, Albus sekarang sudah berdada besar. Gak kayak bocah laki-laki di beberapa tahun yang lalu.

Sementara Hort/Holt (hadeh) dengan suaranya Lurie (Shikkaku-mon) jadi yang paling nyusahin untuk di TL sama temen-temen translator kita. Ah iya, termasuk Roux/Loux juga ya. Belum banyak yang bisa dibahas disini kecuali nostalgia karakter Zero, Albus, dll.

SpyXFamily 01

74

What’s this?

Supercharged Mr & Mrs Smith.

Kaptain

Ya nrimo aja tiap Sabtu jam 22 cuma 3 jam aja nongolnya di Muse. Salah satu seri kelas berat Jump+. Jelas Shueisha sekarang ga mau setengah-setengah buat proyek anime mereka jadi baguslah nih seri dapet kualitas produksi yang mumpuni dan punya prospek bagus jadi mainstream hit musim ini. Dari pengumuman BD juga diungkap kalau ini bakal tayang 25 episode pake format split cour, dibagi ke musim semi dan gugur. So look forward to that.

CTian

Saya ndak bakal bahas kualitas produksinya, kurang-kurangnya penayangan perdananya, apalagi bahas “Mas Senja” yang sedang digoreng. Saya hanya mau mengucapkan selamat sebesar-besarnya untuk Tatsuya Endo, pengarang seri manganya. Baru mendapatkan big hits di tahun ke-19 berkarir itu bukan waktu yang cepat lho. Banyak dari kamu yang pasti umurnya sama dengan umur karir Tatsuya Endo ini, yaitu 22 tahun! Selama itu dia sudah berkarya di industri manga.

Saya senang dia benar-benar excited banget sama adaptasi pertama dia ini. Coba aja lihat Twitter-nya, beberapa kali dia nge-tweet gambar ilustrasi baru waktu nungguin penayangannya. Juga kasih tahu kalau dia terkaget-kaget waktu baca-bacain impresi penayangan perdananya yang begitu banyak hingga trending di Twitter. Mungkin saya mainnya kurang jauh, tapi seumur hidup baru pertama kali saya lihat pengarang sebegitu excited sama adaptasi karyanya sendiri.

Sekali lagi, selamat Tatsuya Endo untuk SpyXFamily-nya! Persetan dengan omongan dari haters, ini tetap kesuksesan besarnya Tatsuya Endo yang patut dirayakan. Selamat dan terima kasih juga untuk Shihei Lin, editornya yang sudah nemenin Tatsuya Endo lebih dari setengah umur karirnya Tatsuya Endo. Kalian berdua beneran pantas mendapatkan semua ini.

Love Live Nijigasaki S2 02

Love Live Nijigasaki Gakuen S2 02

Jadi gimana caranya kita nekanin nih idol dari Amerika? I got you fam.

Kaptain

Masih soal antagonis, di adaptasi ini Shioriko lebih kooperatif yang wajar aja sih ngeliat Lanzhu udah jadi magnet konflik. Sementara Mia juga jadi temen sekelas Yuu di adaptasi ini jadi semoga aja ada bahan NTR interaksi menarik antara keduanya. QU4RTZ resmi dibentuk di anime jadi unit lain paling ya nyusul.

Shikimori-san 01

pasted image 10

What’s this?

Soda Gembira

Kaczmarek

Minggu jadi waktu penyajian terbaik seri ini ditayangkan. Hanya saja seri ini jadi salah satu yang bisa saja terkena efek cluster di Doga Kobo. Semoga para staf dalam keadaan baik-baik saja dan juga pengerjaan seri ini bisa usai tepat waktu.

Sejauh episode pembuka, seluruhnya sesuai ekspektasi. Namun konsumsi gula berlebihan tentunya bakal terasa kurang mengenakan jika selalu menggunakan pattern yang sama. Masih ada kesempatan bagi Saori Oonishi untuk menunjukan Shikimori ini sesuai dengan kemampuan suaranya. Semoga juga bisa melebihi ekspektasi saya pada La Folia Rihavein.

Dandadan 51

FPgihsZXsA8Z2oR

CTian

Pertama-tama, selamat untuk 1 tahun serialisasi Dandadan, Yukinobu Tatsu! Satu tahun ini ada 51 bab + 1 bab spesial dari Dandadan yang sudah dirilis. Sebuah pencapain gila sih, karena majalah manga mingguan sendiri hanya sanggup merilis 40-an issue lho dalam satu tahun. Belum lagi kalau mangakanya ambil cuti sendiri bukan karena libur majalah. Yukinobu Tatsu ini selama 1 tahun serialisasi Dandadan setahu saya hanya mengambil 2 minggu cuti, tapi kualitas manganya bukan main. Semoga sehat dan sukses selalu ya Yukinobu-sensei.

The gang is all here! Ahhh baru aja mulai arc, tapi adegan favorit saya sudah muncul dong! That punchline tho, salah satu punchline terbaik yang pernah saya baca. Dandadan selalu memberikan kualitas terbaiknya sih setiap minggu, gila ah. Masalah Aira ternyata masih lanjut ya, tapi saya senang Momo masih mau nemenin dia setelah semua ini.

Momo ini memang dibuat jadi gadis yang baik banget sih. Saya juga baru sadar di arc lalu, Turbo Granny yang dulu manggil Momo dengan sebutan perempuan jalang dan segala jenisnya, sekarang manggil Momo pakai namanya. Itu bisa jadi nunjukin betapa respeknya Turbo Granny ke Momo, karena sejauh ini cuman Momo dan nenek Seiko yang dia panggil pakai nama. Terus, itu ke mana euy bantal empuknya Turbo Granny!? Ini lucu banget sih, sumpah~

Kayaknya ini bakal jadi arc terbaik Dandadan sejauh ini. Selalu yak, tiap arc pasti jadi terbaik terus. Karena kita nggak cuman bakal dikasih cerita unik nan lucu nan canggung nan terbaik lah di mana mereka harus tinggal satu atap sampai masajalah Jiji selesai. Bisa saja nanti si Subterraneans langsung menyerang ke wilayah mereka atau mengobrak-abrik ritualnya Jiji. Apapun itu, saya tidak sabar untuk membaca peak fiction lainnya dari Dandadan!

Kantai Collection

Kaczmarek

Setelah delapan tahun, saya putuskan untuk….. Ah gak, saya gak akan ngejual akun ini. Terlebih Yamato K2 juga sudah di depan mata, walau saya masih belum punya juga sampai saat ini.

Ngomong-ngomong jual akun, seorang sepuh di komunitas KC Indo baru-baru ini menjual akun kesayangannya. Soal menjualnya sih gak masalah, namun prospek untuk bermain apakah masih ada? Melihat pengembangan game ini yang stagnan dan gak tahu belas kasih ke para pemainnya.

Elden Ring

20220409234930 1

Kaptain

Saya dulu pernah komentar kalau Demon of Hatred di Sekiro itu boss Bloodborne yang nyasar ke game lain, ini sekarang gantian Malenia yang boss Sekiro yang nyasar ke ER. Iya Bloodhound tuh cukup mantep buat ngehindarin mayoritas moveset dia, tapi AI yang agresif banget kayak gini cuma masuk akal kalau kita bisa nyerang dan counter secepet serangan dia, like you know; sesuatu kayak sistem deflect Sekiro. Sekarang saya megang posisi kalau tuning Melania salah, ga masuk akal banget serangan ditangkis total tapi dia tetap aja nge-heal.

Radahn yang pada dasarnya tuh boss Armored Core yang nyasar aja lebih “adil”.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update kecil lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: miyann

The post [JOI Spotlight] Dark Side of The Moon Edition appeared first on Jurnal Otaku Indonesia.

Cakrawala Rafflesia