Keren Banget! 7 Alat Teknologi Tepat Guna yang Sederhana

Perkembangan teknologi yang pesat telah membuat beberapa alat teknologi tepat guna sederhana diciptakan dan sangat membantu aktivitas manusia.

Teknologi tepat guna merupakan metode aplikasi yang terdesentralisasi, skala kecil, hemat energi, padat karya dan erat kaitannya dengan kondisi lokal yang ada. Teknologi ini sebenarnya dikembangkan untuk komunitas tertentu, disesuaikan dengan aspek etnis, lingkungan, sosial, budaya, politik, dan ekonomi masyarakat.

Tujuan penciptaan teknologi tepat guna adalah untuk memudahkan tenaga kerja manusia dan meningkatkan nilai ekonomi. Oleh karena itu, teknologi terkait juga harus dapat menerapkan metode yang tidak hanya mudah perawatannya tetapi juga menghemat sumber daya agar tidak mencemari lingkungan, yang dapat menghasilkan limbah dalam jumlah besar dan mencemari lingkungan.

7 Alat Teknologi Tepat Guna Dengan Konsep Modern

Keberadaan alat teknologi tepat guna ini kemudian dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai jembatan antara teknologi tradisional dan teknologi maju. Dan yang terpenting, tujuan kami adalah untuk benar-benar meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat kami dengan membantu mereka menambah nilai produk mereka dengan meningkatkan pendapatan mereka.

Berikut adalah berita terkini tujuh alat teknologi tepat guna yang dibangun menggunakan konsep modern yang relevan dengan penggunaannya.

1) Mesin Penyiram Tanaman

Alat Teknologi Tepat Guna Mesin Penyiram Tanaman
Mesin Penyiram Tanaman

Padahal, di banyak negara ada alat yang digunakan untuk menyiram tanaman yang dilakukan secara otomatis tanpa bantuan manusia. Tentu saja, setiap mesin yang bekerja dapat diatur dengan program di komputer Anda untuk mengontrolnya dari jarak jauh dan juga menghemat energi. Selain penyebar tanaman otomatis, ada juga perangkat yang digunakan untuk mencuci pupuk otomatis yang dikendalikan mesin teknologi modern. Dan alat ini sebenarnya bisa ditemukan di beberapa negara seperti China, Jepang dan beberapa negara Eropa yang bekerja di bidang ini.

Di Indonesia sendiri dapat dikatakan bahwa penggunaan teknologi terkait relatif kecil dan hanya digunakan di beberapa daerah saja.

2) Alat Penetas Telur

Alat Teknologi Tepat Guna Penetas Telur
Alat Teknologi Tepat Guna Penetas Telur

Alat teknis yang cocok dan sangat membantu bagi peternak adalah mesin penetas telur. Alat ini dapat menampung telur dalam jumlah banyak dan tetap mengerami telur dalam waktu singkat. Tentu saja telur yang bisa ditetaskan dengan mesin penetas telur adalah telur puyuh, bebek, ayam, dan masih banyak jenis unggas lainnya.

3) Mesin Pemerah Susu

Alat Teknologi Tepat Guna Mesin Pemerah Susu
Alat Teknologi Tepat Guna Mesin Pemerah Susu

Tentunya saat zaman sudah lebih modern seperti sekarang ini, para petani menggunakan alat pemerah susu otomatis untuk mendatangkan susu dari sapi. Kami berharap alat ini akan membantu petani mendapatkan susu lebih cepat dan menghemat energi. Namun di Indonesia ketersediaan alat pemerahan masih sangat langka, sehingga peternak belum dapat memanfaatkannya secara optimal.

4) Mesin Tirisan Minyak Goreng

Alat Teknologi Tepat Guna Mesin Tirisan Minyak Goreng
Alat Teknologi Tepat Guna Mesin Tirisan Minyak Goreng

Tentunya alat ini dapat dengan cepat memisahkan minyak dari gorengan. Jadi, jika pedagang menggunakannya, tidak perlu khawatir menggunakan koran atau kertas goreng, karena selain mahal juga tidak baik untuk kesehatan. Hal ini karena jika menggunakan kertas sebagai penggorengan, tinta pada kertas dapat menempel pada makanan yang digoreng dengan minyak goreng.

5) Alat Pemotong Buah Pisang

Alat Teknologi Tepat Guna Pemotong Buah Pisang
Alat Teknologi Tepat Guna Pemotong Buah Pisang

Alat ini sering digunakan oleh para pengusaha keripik pisang. Namun, tidak hanya digunakan sebagai alat pengiris pisang, tetapi juga sebagai alat pengiris ubi yang sebenarnya digunakan sebagai keripik. Buah yang dipotong dengan alat ini tentunya akan tetap keras atau mentah. Karena jika tidak khawatir akan mudah pecah. Alat ini sering digunakan oleh usaha kecil menengah untuk memulai bisnis.

6) E-Learning

Alat Teknologi Tepat Guna E-Learning
Alat Teknologi Tepat Guna E-Learning

Tentunya dengan sistem e-Learning Anda dapat menjadikan pendidikan Anda lebih muda. Salah satu teknologi sederhana ini dapat diakses oleh siapa saja yang menggunakan internet kapan saja, di mana saja. Padahal, e-learning itu sendiri merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan secara elektronik oleh guru dan siswa yang tidak bertemu secara langsung untuk membantu pemahaman. Platform e-Learning juga memiliki berbagai menu dengan sumber daya, pertanyaan, diskusi, dan banyak lagi. Dan, misalnya, penyedia layanan e-learning gratis antara lain Edmodo, Moodle, Zenius, dan Dall, yang bisa Anda gunakan untuk memfasilitasi pembelajaran.

7) E-Government

Alat Teknologi Tepat Guna E-Government
Alat Teknologi Tepat Guna E-Government

Seperti halnya e-learning, e-government merupakan teknologi yang sangat berguna dalam bidang pemerintahan. Alat teknis terkait ini harus selalu terhubung dengan komunitas untuk menjangkau komunitas yang besar. Dan area di mana teknologi ini sering membantu adalah sektor bisnis, kondisi negara bagian, dan utilitas. Jadi dengan e-government ini, semuanya bekerja dengan cepat dan otomatis.

Jadi, beberapa informasi tentang alat yang dibuat dengan menggunakan prinsip-prinsip yang relevan pasti berguna untuk aktivitas manusia. Tentu saja, beberapa inovasi terus berkembang, menciptakan berbagai alat yang digunakan untuk memfasilitasi berbagai tugas manusia, memungkinkan aktivitas semaksimal mungkin. Maka tidak salah untuk terus belajar di https://www.cakrawalarafflesia.com dan selalu berusaha mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Cakrawala Rafflesia