Biznet Gio Gandeng RKB dan Volantis Technology Luncurkan Platform Pengenalan Wajah dan Pengolahan Data Pintar di Cloud


cakrawalarafflesia – Mengawali 2022, PT Biznet Gio Nusantara (Biznet Gio), anak perusahaan Biznet bersama PT Rekayasa Kecerdasan Buatan atau dikenal sebagai Riset.ai dan Volantis Technology, meluncurkan platform cloud berbasis kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin atau Artificial Intelligence and Machine Learning (AI/ML).

Riset.ai merupakan perusahaan yang fokus pada riset dan pengembangan teknologi kecerdasan buatan pada computer vision seperti pengenalan wajah dan objek (Face and Object Recognition); sedangkan Volantis Technology adalah perusahaan yang fokus dalam pengolahan Big Data secara cepat.

Kedua perusahaan ini digandeng Biznet Gio untuk menghadirkan platform cloud pertama di Indonesia yang mengedepankan fitur AI/ML siap pakai.

Aplikasi berbasis AI/ML dapat menghasilkan business intelligence yang sangat cepat, otomatisasi layanan, meningkatkan user experience, serta mendorong transformasi bisnis baik untuk layanan publik, kesehatan, pendidikan hingga pemerintahan.

Baca Juga:
Apa itu Machine Learning, Pengertian hingga Manfaat untuk Kehidupan

Kerja sama ini menghadirkan platform pengenalan wajah/objek yang memiliki kemampuan untuk mengotentikasi jenis wajah, pelat mobil, hingga jenis objek lain yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan absensi, otomasi parkir sampai sistem quality control pada manufakturing.

Salah satu keunggulan fungsi pengenalan wajah dari platform ini mampu mengotentikasi wajah dalam keadaan menggunakan masker.

Baca Juga :  Cara Mengubah Tampilan Bahasa Instagram Baik Aplikasi Maupun Situs
Ilustrasi teknologi pengenalan wajah. [Shutterstock]
Ilustrasi teknologi pengenalan wajah. [Shutterstock]

Dondy Bappedyanto, CEO Biznet Gio mengungkapkan, peluncuran platform ini merupakan kolaborasi anak bangsa untuk menghadirkan teknologi AI/ML siap pakai.

Platform yang dihadirkan, mampu menjadi terobosan untuk menghemat waktu proses penyediaan platform AI/ML yang sudah matang.

“Platform ini merupakan layanan pertama di Indonesia untuk mendukung para pengembang sistem dan aplikasi menciptakan solusi AI/ML secara independen tanpa perlu terikat kepada salah satu merek perangkat tertentu,” ujarnya dalam keterangan resminya, Sabtu (29/1/2022).

Baca Juga:
Mengapa Perlu Mengajarkan Bahasa Coding sejak Dini? Ini 5 Alasannya

Penggunaan platform pengenalan wajah/objek ini mampu menghadirkan berbagai solusi, diantaranya otomatisasi absensi karyawan, fungsi identifikasi nasabah atau KYC (know your customer), aplikasi toko tanpa personil, ataupun kebutuhan penerapan verifikasi wilayah dengan protokol keamanan dan kesehatan.

Terlebih lagi platform pengenalan wajah yang ditawarkan memiliki integrasi langsung dengan platform Peduli Lindungi dan mampu menyajikan informasi status vaksinasi secara cepat.

Pada peluncuran kali ini, Biznet Gio juga bekerja sama dengan Volantis Technology menghadirkan platform unifikasi data yang mampu menggabungkan berbagai jenis sumber data serta menyajikan hasil analisa secara cepat dan akurat.

Platform unifikasi data ini mampu membantu berbagai perusahaan menggabungkan format data yang berbeda-beda, memecahkan kompleksitas data, mendesain saluran penggabungan data, serta dapat digunakan untuk membuat prediktor sesuai kebutuhan bisnis yang ingin dicapai.

Baca Juga :  Tak Punya Uang, Kisah Bocah Ini Cari Warung Makan Gratis di Google Maps Jadi Viral

Menurut Muhammad Habib Rosyad – CTO Volantis Technology, kebutuhan pemanfaatan Big Data yang tepat dan efisien sangat diperlukan untuk mendorong inovasi dan pengambilan keputusan di berbagai sektor dan kalangan individual profesional.

“Banyak hal yang bisa dikembangkan, salah satunya adalah Smart City,” ungkap

Keunggulan dari platform ini juga dapat mendukung sistem Smart City yang penerapannya dapat digunakan pada berbagai layanan publik seperti sistem pengaturan lalu lintas, pengaturan sampah, dan pengaturan transportasi publik.

Ilustrasi Smart City. [Tumisu/Pixabay]
Ilustrasi Smart City. [Tumisu/Pixabay]

Meskipun teknologi AI/ML sangat diminati, proses adopsi teknologi AI/ML masih membutuhkan percepatan terutama dalam hal mengatasi tantangan biaya CAPEX (capital expense) yang besar hingga lamanya waktu untuk pengadaan.

Platform AI/ML yang disediakan penyedia layanan cloud seperti Biznet Gio dapat menjadi solusi bagi perusahaan dan pengembang layanan yang ingin mengadopsi teknologi AI/ML secara cepat serta membutuhkan integrasi secara fleksibel maupun kemudahan dari sisi penggunaan yang sudah didukung dengan model pembayaran pay-as-you-go.

“Kami yakin dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan dalam hal pengembangan teknologi AI/ML, maka percepatan transformasi digital di Indonesia akan semakin tinggi,” tutup Dondy.





cakrawalarafflesia
Slot Online MPO
Onlineinsurance.blog

Cakrawala Rafflesia