Stop Spekulasi, 6 Nisan Kuno dari Zuriyat Kesultanan Palembang


cakrawalarafflesia PALEMBANG – Para ahli dan arkeologi yakin temuan enam (6) batu nisan di kawasan Pasar 16 ilir Palembang memiliki unsur budaya dan sejarah tentang Kota Palembang. Sayangnya, belum bisa dipastikan apakah keenam batu nisan kuno itu masih memiliki kekerabatan dengan Kesultanan Palembang.

Itu terungkap dari Focus Grup Discussion (FGD), di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Jumat (28/1).

“Temuan ini jelas menggemparkan.  Kita akan mencari tahu kebenaran dari batu nisan itu,” kata Aufa Syahrizal saat mengawali FGD. FGD sendiri mengundang tim Arkeologi Sumsel dan para ahli bahasa dan sejarah.

Sejak temuan batu nisan itu, kata Aufa, banyak simpang siur berita yang beredar. Ada yang yakin temuan memiliki unsur budaya dan sejarah khususnya sejarah yang ada di Kota Palembang (kawasan Pasar 16 ilir). Mengingat, batu nisan tersebut usianya sudah mencapai ratusan tahun. Bahkan, di salah satu batu nisan tertulis jelas dari tahun 1310 Hijriyah.

“Sangat jelas ini mempunyai unsur budaya dan sejarah,” timpalnya.

Untuk mencari kejelasan itu, Aufa menyarankan untuk menghentikan semua spekulasi. Karena, sampai saat ini tim arkeologi serta ahli sejarah masih meneliti temuan batu nisan kuno itu.

Masih ditempat yang sama, Kepala Balai Arkeologi Sumsel, Wahyu Rizky Ardhifani menyatakan, terus mendalami temuan itu.

Untuk itu, dia meminta dukungan dari masyarakat Kota Palembang khususnya, jika ada yang mengetahui tentang batu nisan tersebut untuk segera memberikan informasi kepada tim arkeologi agar hal ini juga dapat memudahkan tim dalam menggali sejarah tentang keenam batu nisan kuno yang ditemukan.

“Kami juga butuh dukungan dari masyatakat, khususnya para sejarawan Kota Palembang untuk memudahkan langkah kami dalam proses penelitian,” pungkasnya. (edy)





Melansir Sumeks co
Slot Online MPO
MPO CASH

Cakrawala Rafflesia
Exit mobile version