Mengenal 10 Kualitas Kepribadian Putra Umar bin Khattab, Abd Allah Ibn Umar


Sejak usia muda Abd Allah Ibn Umar mengabdikan diri pada pesan murni Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Abd Allah Ibn Umar adalah putra sahabat Nabi SAW, Umar Ibn Al-Khattab RA. Sejak usia muda Abd Allah Ibn Umar mengabdikan diri pada pesan murni Islam dan menjalankannya dalam segala hal.


Dilansir dari About Islam, kepribadian dan kebiasaan Abdullah Ibn Umar menjadi panutan masyarakat. Berikut ini 10 kepribadiannya yang mengagumkan dan dari mana kepribadian itu berasal.


1. Dewasa dalam pikiran dan tindakan


Abd Allah Ibn Umar adalah seorang anak laki-laki berusia 13 tahun ketika dia menemani ayahnya dalam sebuah misi besar. Dia ingin ikut berjihad di antara orang-orang beriman yang mengambil bagian dalam perang Badar, tetapi Nabi Muhammad mengirimnya kembali karena usianya yang masih muda. Usia, keterampilan, dan pengalamannya tidak membuatnya merasa kurang mampu atau menghalanginya untuk mengedepankan tujuan mulia itu.

Baca Juga :  Kisah Anak Nabi Adam: Qabil, Habil, Labuda, Iklima, Syith dan Putra-Putri Nabi Adam yang Lain


2. Ketaatan pada sunnah


Abd Allah Ibn Umar selalu mengamati dan mengikuti semua tindakan Nabi Muhammad. Bahkan Aisha RA mengatakan, “Tidak ada yang mengikuti jejak Nabi lebih dekat daripada yang dilakukan oleh lbn Umar”


3. Teliti dalam berbagi pengetahuan


Ibn Umar adalah sahabat yang paling berhati-hati dalam hal meriwayatkan sebuah hadits. Dia sangat berhati-hati untuk tidak menambah atau menghapus detail apapun. Dia juga tidak akan pernah menceritakan sebuah hadits kecuali dia mengingatnya dengan benar.

Baca Juga :  Awal Mula Kaum Anshar Memeluk Islam


4. Selalu menjalankan sholat malam


Abd Allah bin Umar bermimpi ketika ia masih muda. Nabi (saw) mengatakan tentang mimpi itu: “Betapa hebatnya Abd Allah. Jika dia shalat malam, maka perbanyaklah shalat.”


Ibn Umar dengan mudah melakukan shalat malam dan selama sisa hidupnya.


5. Teguh pada ikrar


Ibn Umar menghabiskan hidupnya dengan tidak pernah melanggar sumpah setia yang telah dia sumpahkan. Dengan cara yang sama, dia dikenal tidak pernah melanggar janji yang telah dia buat.


 


 





Source link
Agen Judi Slot

Cakrawala Rafflesia