Tips Penting Untuk Kamu yang Senang Berkendara Dengan Mobil

Bagi kamu pemilik kendaraan pribadi, keselamatan dan keamanan dalam berkendara menjadi hal penting untuk dipastikan sebelum kamu menggunakan kendaraan pribadimu. Tingkat kecelakaan yang tidak kunjung menurun menjadi bukti bahwa pengendara harus lebih aware selama berkendara di berbagai medan.

Perlu pula disadari bahwa faktor yang menyebabkan kecelakaan itu ada banyak jenisnya, mulai dari cuaca buruk, mengantuk, mabuk, bahkan hingga kerusakan mesin. Tentunya, dengan memiliki kesadaran dan tanggung jawab untuk berkendara secara aman, akan memberikan kenyamanan tidak hanya kamu sebagai pengendara, tetapi juga orang lain di jalan raya. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas mengenai berbagai macam tips yang bisa kamu ikuti agar kamu dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman selamat sampai tujuan.

Tips Penting Berkendara Dengan Mobil

1. Mengenakan sabuk pengaman saat berkendara.

Hal pertama yang sudah merupakan barang wajib dalam berkendara adalah menggunakan seat belt atau sabuk pengaman selama berkendara. Sabuk pengaman ini sangat berguna untuk mengurangi resiko kamu dari cedera yang parah ketika terjadi kecelakaan saat kamu berkendara. Dalam kecelakaan yang parah, kamu bisa saja terpental dari mobil apabila kamu tidak menggunakan sabuk pengaman. Selain itu, sabuk pengaman (bersama dengan airbags) juga memberikan kamu perlindungan lebih dari benturan keras. Jadi, pastikan kamu menggunakan sabuk pengaman ketika berkendara, ya!

2. Cek kondisi mesin dan ban

Tips berikutnya adalah kamu harus mengecek lebih lanjut kondisi mesin dan ban mobil mu sebelum mulai berkendara. Kamu perlu memeriksa apakah ban mobilmu mengalami kempes atau kebocoran sehingga perlu kamu tangani lebih lanjut. Jangan lupa bahwa tekanan ban depan dan belakang memiliki perbedaan 2-3 psi dengan ban mana yang lebih besar tekanannya tergantun penggerak roda mobilmu apakah penggerak roda depan atau belakang. Lalu, untuk kondisi mesin sendiri, yang utamanya perlu kamu perhatikan adalah rem sudah berfungsi dengan baik, aki masih cukup prima, dsbnya. Meskipun hal ini biasanya hanya dilakukan ketika pengendara ingin membawa mobilnya berkendara antar provinsi (perjalanan jarak jauh), namun sangat disarankan untuk kamu mengecek rutin kondisi ban setiap minggunya dan kondisi mesin setidaknya setiap tiga bulan sekali. Dalam beberapa kasus, kondisi mesin ternyata terlalu buruk dan merogoh kocekmu terlalu dalam. Hal tersebut bukan menjadi masalah bagi kamu yang memiliki asuransi, khususnya

Asuransi Mobil All Risk. Karena produk tersebut dapat memberikanmu perlindungan menyeluruh terhadap kerusakan yang terjadi pada kendaraanmu.

3. Fokus dan tenang dalam mengemudi

Tips berikutnya dalam berkendara adalah fokus dan tenang. Mengemudi merupakan aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi dan sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan bersama dengan aktivitas lain yang dapat mengganggu konsentrasi kamu,

seperti makan, berdandan, menelepon, texting, dsbnya. Selain itu, kamu perlu bersikap tenang selama mengemudi, jangan mudah terbawa emosi, terlebih ketika kamu berada di jalan utama kota yang kerap macet. Karena, dengan bersikap tenang kamu akan siap dalam menghadapi hal apapun yang tak terduga selama berkendara.

4. Atur posisi nyaman dan aman dalam berkendara

Tips berikutnya adalah kamu perlu mengatur posisi nyaman kamu dalam berkendara, seperti mengecek apakah posisi kaca spion sudah cukup nyaman bagi kamu berkendara, atau posisi kursi apakah sudah sesuai dengan panjang kakimu. Selain posisi di dalam kendaraan, kamu juga perlu mengatur posisi kendaraanmu yang aman selama berkendara. Kamu harus selalu menjaga jarak antara mobil di depanmu dengan mobil yang sedang kamu bawa. Di beberapa negara dikenal aturan tiga detik, yakni aturan bahwa jarak antara mobil kamu dengan mobil di depanmu haruslah sesuai dengan jarak objek statis di luar kendaraan dengan mobil kamu yang dicapai selama tiga detik. Dengan begitu kamu dapat mencegah khususnya kecelakaan beruntun yang tidak jarang terjadi di jalan raya.

Nah, itu tadi keempat tips yang dapat kamu ikuti selama berkendara agar dapat mencegah hal-hal tak diinginkan selama berkendara. Selain itu, terdapat juga hal yang dapat membantu kamu dalam mengurangi resiko tak diinginkan akibat kecelakaan khususnya bagi kamu yang merupakan pencari nafkah keluarga, yakni asuransi jiwa. Jangan sampai ketika terjadi hal tak diinginkan menimpa kamu selama berkendara, kamu tidak siap dengan resiko lain yang terjadi setelahnya.

Cakrawala Rafflesia
Exit mobile version