Payment Gateway dan Payment Aggregator Apasih Bedanya

Berkembangnya teknologi dan komunikasi sekarang ini membuat perubahan pola hidup masyarakat bergeser dari manual ke online, dan yang paling banyak dilakukan saat ini adalah berbelanja secara online.

Berbelanja secara online tentunya membuat kalian lebih mudah karena cukup dilakukan dirumah saja menggunakan komputer/laptop ataupun smartphone saja tanpa harus repot-repot mengunjungi toko ataupun mall.

Seiring perubahan diatas, membuat munculnya berbagai jenis bisnis online. Untuk mendukung bisnis online tersebut, kalian sebagai pemilik bisnis memrlukan payment gateway ataupun payment aggregator agar bisnis online yang kalian jalankan dapat berjalan dengan lancar terutama pada proses pembayaran.

Apa itu Payment Gateway

Payment gateway merupakan sebuah cara pembayaran yang dapat membantu kalian para penjual dan pembeli dalam melakukan pembayaran secara online baik melalui transfer bank, kartu kredit/debit, virtual account dan lainnya.

Dalam proses pelaksanaannya, sistem pembayaran ini akan melihat seluruh informasi penting dari pihak pembeli, toko online dan juga bank. Lantas bagaimana dengan sistem keamanannya? Padahal seluruh data tersebut adalah hal yang sangat sensitif dan juga sangat penting.

Cara Kerja Payment Gateway

  • Pelanggan atau konsumen akan melakukan transaksi di website atau toko online Anda, mereka akan memilih produk dan menentukan cara pembayaran apa yang mampu memudahkan mereka hingga melakukan proses checkout.
  • Toko online akan mengirimkan suatu data pembelian dari konsumen ke penyedia jasa payment gateway. Setelah pihak konsumen berhasil menyelesaikan pembayaran, maka proses penjualan akan dilanjutkan ke bank ataupun institusi keuangan terkait.
  • Pihak bank akan memproses transaksi. Namun mereka juga memiliki hak untuk menolak jika ada kesalahan pembayaran atau kekeliruan data.
  • Pihak penyedia payment gateway akan mengirimkan suatu pesan kepada toko online tersebut terkait berhasil atau gagalnya suatu transaksi.
  • Pihak bank bisa menerima pembayaran hasil transaksi konsumen lalu meneruskannya ke pihak toko online.

Apa Itu Payment Aggregator ?

Payment aggregator merupakan sebuah model bisnis yang berperan sebagai perantara antara merchant dengan pihak penerimaan pembayaran. Makanya, payment aggregator disebut sebagai pihak ketiga yang mengumpulkan semua transaksi merchant melalui satu akun rekening

Payment aggregator memfasilitasi berbagai transaksi termasuk mencatatkan pembayaran transaksi cash dan cek sebagaimana transaksi digital disemua level online (website/apps) atau offline counter (seperti billing counter, in-store, kios, dan pembayaran berbasis SMS).

Memungkinkan merchant untuk menerima berbagai model pembayaran tanpa harus membuat akun yang terpisah dengan bank atau tiap penyelenggara layanan pembayaran atau perusahaan penerbit kartu.

Beda Payment Gateway dan Payment Aggregator

Payment Gateway bertindak sebagai penengah antar merchant dan pembeli, untuk pembayaran yang dilakukan secara online.

Payment Aggregator bertindak sebagai sebuah interface / portal yang memungkinkan merchant menerima pembayaran dengan berbagai metode.

Untuk lebih memahami payment aggregator, kalian dapat mengunjungi durianpay.id yang merupakan salah satu penyedia layanan payment aggregator terbesar dan banyak digunakan di Indonesia

Cakrawala Rafflesia
Exit mobile version