Kelebihan dan Kekurangan HUAWEI MateBook 14s – Bisa Tahan Lama!

Kelebihan dan Kekurangan HUAWEI MateBook 14s

Cakrawalarafflesia – Untuk bersaing pada segmen laptop premium dengan bodi ramping, HUAWEI MateBook 14s sudah hadir di Indonesia dengan membawa spesifikasi hardware yang bertenaga.

Sementara itu, laptop yang satu ini pun menggunakan bodi berbahan aluminium-alloy yang kokoh dan ringan. Bahkan Huawei telah menjanjikan bahwa laptop ini mampu bertahan lama dalam pemakaian normal.

Tak hanya itu saja, MateBook 14s juga memiliki kinerja yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari dengan lancar. Meskipun memiliki beberapa keunggulan, namun kamu juga perlu mengetahui kekurangan yang dibawa oleh laptop ini.

Kelebihan dan Kekurangan HUAWEI MateBook 14s

Kelebihan

Dari sektor hardware, HUAWEi Matebook 14s telah dibekali dengan prosesor Intel Core i5-11300H yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB LPDDR4x Dual Channel agar dapat menangani aktivitas multitasking dengan lancar.

Selain dapat memuat sistem operasi dan data yang cepat, penyimpanan internal NVME PCIe SSD yang ditanamkan pada laptop ini memiliki kapasitas besar mencapai 512 GB.­ Intel Iris Xe Graphics yang hemat dalam mengonsumsi energi pun hadir pada laptop ini untuk menangani aktivitas grafis pada tingkat rendah hingga menengah sekalipun.

Baca Juga :  Gojek Targetkan Vaksinasi 2.000 Mitra Driver per Hari

HUAWEI MateBook 14s sudah dibekali layar 14,2 inci dengan resolusi 2.5K (2520 x 1680 piksel), teknologi LTPS, 100% sRGB, dan cakupan 1,07 miliar warna agar mampu menampilkan konten dengan jernih.

HUAWEI-MateBook-14s-dan-14-multi-device

Adapun penggunaan refresh rate 90Hz mampu membuat layarnya menampilkan gerakan transisi antar menu dan aplikasi lebih halus dibandingkan refresh rate 60Hz. Menariknya, layar sentuh HUAWEI MateBook 14s mampu mendeteksi hingga 10 jari sekaligus.

Bezel layar yang tipis membuat laptop ini mempunyai rasio screen-to-body yang mencapai 90%. Dengan dimensi 313,82mm x 229,76mm x 16,7mm dan bobot 1,43 kg, laptop ini bakal mudah dibawa kemanapun.

Bodi perangkat ini pun menggunakan bahan aluminum-alloy yang kokoh. Pada tombol Power terdapat sensor fingerprint yang telah terintegrasi dengan Windows Hello sehingga memudahkan pembukaan kunci layar maupun akses untuk login lainnya.

Untuk membuat menonton video atau mendengarkan musik menjadi lebih hidup, Huawei sudah membenamkan empat speaker dengan fitur HUAWEI Sound pada laptop ini sehingga mampu menghadirkan suara yang jernih dengan bass kuat.

Baca Juga :  Facebook Messenger dan Instagram Tidak Mendapatkan Enkripsi End-to-End Default hingga 2023

Keyboard pada laptop ini mempunyai lampu dengan tiga tingkat kecerahan yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan mengetik di dalam ruangan redup atau gelap sekalipun.

Berbekal baterai 60Wh, pihak Huawei mengklaim bahwa laptop ini dapat digunakan hingga 13 jam dalam pemakaian normal. Sementara fitur 90W Fast Charging yang dihadirkan mampu mengisi daya baterai dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu 1 jam saja.

Kekurangan

Dengan harga mencapai Rp 16.999.000, HUAWEI MateBook 14s yang hadir di Indonesia hanya menggunakan webcam dengan resolusi 720p saja. Padahal pihak Huawei bisa menyematkan webcam dengan resolusi yang lebih tinggi lagi mencapai Full HD (1080p) atau Quad HD (1440p).

HUAWEI-MateBook-14s-1

Selain itu, seharusnya Huawei juga menyematkan penutup Webcam apabila tidak digunakan sehingga dapat menjaga privasi dari penggunanya yang mana beberapa laptop competitor di kisaran harga ini sudah menyematkan fitur tersebut.

Bisa dibilang kekurangan yang dibawa oleh laptop ini tidak terlalu signifikan. Sementara fitur-fitur yang dibawa HUAWEI MateBook 14s sudah dapat memudahkan aktivitas sehari-hari penggunanya dengan lancar.

gadget trend

Cakrawala Rafflesia