Sejarah Singkat PT Bank INA Perdana Tbk

Sumber: www.enkosa.com

PT Bank INA Perdana Tbk adalah perusahaan yang beroperasi dalam bisnis perbankan. Perusahaan ini menawarkan produk dan jasa berupa deposito (termasuk GIRO), rekening tabungan, pinjaman untuk usaha kecil dan menengah, pembiayaan properti dan kendaraan, kredit tanpa agunan dan lainnya. 

Sejarah berdirinya PT Bank INA Perdana Tbk

Bank INA Perdana Tbk (BINA) pada awalnya berdiri pada 9 Februari tahun 1990 dengan nama PT Bank INA. Bank tersebut mulai berjalan atau beroperasi secara komersial pada tahun 1991. Berdirinya bank tersebut atas dasar akta No. 3 notaris Winnie Hadiprodjo, SH yang merupakan pengganti dari notaris Kartini Muljadi, SH.

Nah berdirinya bank INA telah mendapatkan persetujuan atau pengesahan dari Kementerian Kehakiman melalui surat No. C2-3639HT.01.01.Th.90 pada 23 Juni tahun 1990. Selanjutnya, pada tahun 1990, bank INA telah mendapatkan izin guna beroperasi secara komersial sebagai bank umum melalui surat keputusan Menkeu RI No. 524/KMK.013/1991 tanggal 3 Juni tahun 1991.

Ketika itu, kantor pusat bank INA terletak di Wisma BSG Corporation, Jln. Abdul Muis No. 40 , Jakarta 10160. Bank INA memiliki 8 kantor cabang, 9 kantor cabang pembantu serta sebanyak 5 kantor kas.

Sampai tahun 2021, bank INA memiliki 1 kantor pusat, 12 kantor cabang, 12 kantor cabang pembantunya dan 11 kantor kas yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Selain itu, bank INA juga telah memiliki 8 titik payment point indogrosir di Kemayoran, Tangerang, Cipinang, Surabaya, Semarah, Bandung, Yogyakarta dan Makassar. Bisa dikatakan jika bank INA cukup berkembang.

Terlebih pada tanggal 16 Januari 2014, penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering) dilaksanakan hingga menjadikan bank INA berubah jadi perusahaan terbuka dan status bank jadi Tbk.

Sejak dulu bank INA memang telah mampu mempertahankan keberadaannya dalam dunia perbankan. Dibuktikan dengan kinerja keuangan pada 1997-1998, bank INA mampu menjadi bank sehat kategori A tanpa perlu rekapitalisasi pemerintah.

Selain itu, sejak tahun 2014 hingga kini bank INA telah banyak menerima penghargaan dari berbagai majalah dan organisasi pelaku bisnis keuangan nasional dan internasional.

Saat ini, kartu debit bank INA juga telah berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) guna meningkatkan kenyamanan bertransaksi pengguna di semua mesin EDC dan ATM di Indonesia. Nah itulah tadi ulasan singkat mengenai PT Bank INA Perdana Tbk. Semoga keberadaan bank tersebut dapat membantu masyarakat luas hingga kedepannya.

Cakrawala Rafflesia
Exit mobile version