Kelebihan dan Kekurangan Samsung Chromebook 4 – Bawa Chrome OS di Dalamnya

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Chromebook 4 - Header

Cakrawalarafflesia – Meski dibekali dengan sistem operasi bernama Chrome OS, Samsung Chromebook 4 mempunyai kelebihan dan kekurangan yang membuatnya tetap layak dipertimbangkan saat kita mencari laptop baru.

Chromebook memang semakin populer di masa pandemi seperti sekarang. Banyak perusahaan teknologi yang mulai mengembangkan laptop jenis ini dan mendistribusikannya di Indonesia guna memenuhi kebutuhan bekerja hingga belajar daring.

Kelahiran Samsung Chromebook 4 menjadi salah satu buktinya. Perangkat yang dibanderol dengan harga Rp 3.999.000 ini pun muncul sebagai penanda kebangkitan lini laptop Samsung di Indonesia setelah mati suri sejak tahun 2014 silam.

Diganjar dengan label yang relatif terjangkau, Samsung Chromebook 4 pun dapat menjadi opsi menarik saat kita mencari laptop yang ringan, bandel, cantik, dan dapat diandalkan untuk mengerjakan berbagai macam tugas daring.

Namun sebelum benar-benar meminang Samsung Chromebook 4, ada baiknya kamu menyimak kelebihan dan kekurangan dari laptop ini supaya nanti tidak kecewa setelah menggunakannya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Chromebook 4

Kelebihan Samsung Chromebook 4

Meskipun kurang menarik di mata sebagian orang, Chrome OS justru menjadi kelebihan Samsung Chromebook 4 yang tak boleh dilewatkan. Sistem operasi garapan Google tersebut soalnya menawarkan kepraktisan dan kemudahan pengoperasian.

Baca Juga :  Update Robot Scara, Bikin Pengguna Makin Mudah

Sistem tersebut juga tergolong cukup ringan bahkan jika dibandingkan Windows atau Mac OS yang sekarang masih sangat populer. Kinerjanya pun bisa jauh lebih cepat namun tidak rakus terhadap sumber daya karena proses yang dibutuhkan sangat sedikit.

Dengan Chrome OS, laptop ini pun bisa sangat hemat dalam pemakaian daya. Baterainya bahkan diklaim mampu bertahan hingga 12,5 jam dalam sekali siklus pengisian sehingga kita tak perlu takut untuk menggunakan Samsung Chromebook 4 seharian penuh.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Chromebook 4 - Desain

Kita yang perlu menjalankan aplikasi-aplikasi Android pun tak perlu lagi memasang emulator untuk menjalankannya karena Chrome OS secara langsung sudah mendukungnya. Samsung Chromebook 4 bahkan sudah menyediakan Google Play Store secara bawaan jika kamu menginginkannya.

Chrome OS juga tak boleh diragukan soal keamanannya. Selain dikembangkan oleh Google yang sangat sadar akan hal itu, sistem ini juga hanya bisa memasang aplikasi-aplikasi yang didistribusikan secara resmi di Chrome Web Store maupun Play Store.

Desain Samsung Chromebook 4 juga bisa diacungi jempol. Selain mempunyai bentuk yang cukup tipis dan terlihat memesona, bodi laptop ini juga membawa standar Mil-STD-810G yang akan memastikan dirinya tahan banting saat digunakan.

Baca Juga :  Gravity Game Link Resmi Umumkan Grand Launching Ragnarok Retro, Tersedia Hadiah Kawasaki

Ada delapan uji ketahanan yang harus dilewati Samsung Chromebook 4 agar mendapat standar Mil-STD-810G meliputi tes jatuh, guncangan, suhu tinggi, perubahan suhu, pembekuan, debu, kelembapan, hingga tekanan.

Layar pada laptop mungil ini juga sangat menarik karena sudah dikembangkan dengan panel LED. Selain dapat menghemat daya, gambar yang ditampilkan bakal terlihat menarik apalagi Samsung Chromebook 4 memang sudah dibekali teknologi Anti-Reflective.

Kekurangan Samsung Chromebook 4

Seperti Chromebook pada umumnya, kompabilitas Chrome OS sayangnya perlu diperhatikan sebelum benar-benar meminang laptop ini. Kita soalnya kemungkinan tidak akan menemukan beberapa aplikasi yang ditawarkan di Windows maupun MacOS.

Untungnya, Chrome OS kini sudah mendukung Android seperti yang dijelaskan sebelumnya. Beberapa platform pun sudah mulai mengadopsi layanannya ke bentuk aplikasi seluler meskipun memang membawa fitur lebih terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Chromebook 4 - Layar

Kamu pun memerlukan dukungan layanan Cloud atau media penyimpanan eksternal untuk menangani berbagai macam data karena Samsung Chromebook 4 juga hanya dilengkapi memori internal berkapasitas 32GB.

Jika gemar bermain game, kamu harus mengurungkan diri untuk membeli laptop ini. Samsung Chromebook 4 soalnya hanya dilengkapi dengan Intel Celeron N4020 yang bakal kurang bertenaga untuk melakukan hal tersebut selain kompabilitasnya yang memang terbatas.

gadget trend

Cakrawala Rafflesia