Kelebihan dan Kekurangan realme 8i – Bawa Kamera 50 MP!

Kelebihan dan Kekurangan realme 8i Header

Cakrawalarafflesia – realme 8i merupakan handphone kelas menengah yang dibanderol dengan harga terjangkau namun memiliki spesifikasi hardware yang menarik.

Handphone yang telah meluncur di India ini sudah menggunakan layar yang memenuhi bagian depan serta memiliki jeroan seperti baterai, RAM, dan penyimpanan internal yang berkapasitas besar.

Hingga artikel ini dirilis, realme 8i memang belum hadir di Indonesia. Namun berdasarkan pengumuman dari realme Indonesia, tanggal 24 November 2021 menjadi waktu realme 8 akan diluncurkan di Tanah Air.

Selain keunggulan yang dibawanya, realme 8i tentunya masih memiliki kekurangan yang harus kamu ketahui agar bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Kelebihan dan Kekurangan realme 8i

Kelebihan

Mengikuti tren saat ini, realme 8i telah dibekali layar 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ (2412 x 1080 piksel), teknologi IPS LCD, dan refresh rate 120Hz. Punch hole yang berada di bagian depannya dipercaya untuk menjadi rumah bagi kamera selfie 16 MP.

Baca Juga :  Unlimited Apps Produktivitas XL – Akses Aplikasi Meeting dan Belajar Tanpa Batas

Beralih ke bagian belakangnya, terdapat tiga kamera yang mempunyai kombinasi kamera utama 50 MP, makro 2 MP, dan depth 2 MP. Sementara kamera depan dan belakangnya diklaim realme mampu menghasilkan video Full HD (1080p) 30fps.

Dapur pacu dari realme 8i dipercayakan pada chipset MediaTek Helio G96 Octa-Core 2,05 GHz yang bertenaga. Berdasarkan tes benchmark internal yang dilakukan oleh realme, perangkat ini diklaim berhasil mendapatkan skor AnTuTu mencapai 350 ribu poin.

Hadir dengan dua varian, realme 8i dijual dengan harga 13.999 Rupee atau sekitar Rp 2,7 jutaan untuk varian RAM 4 GB + penyimpanan 64 GB dan 17.999 Rupee atau sekitar Rp 3 jutaan untuk RAM 8 GB + penyimpanan 128 GB.

realme-8i.

Khusus pada varian RAM 8 GB, terdapat fitur DRE (Dynamic RAM Expansion) yang memungkinkan kapasitas kosong dari penyimpanan internal dipinjam sebagai RAM Virtual hingga 5 GB yang berarti membuat realme 8i dapat mempunyai RAM dengan kapasitas total mencapai 13 GB.

Baca Juga :  Siap-siap Dapat Uang dari Aplikasi Clubhouse

Baterai 5.000mAh yang hadir pada perangkat ini diklaim realme mampu bertahan hampir seharian dalam pemakaian normal. Sementara dukungan 18W Fast Charging yang dihadirkan akan dapat mengisi daya baterai dengan cepat.

Tak ketinggalan juga ada dukungan dua kartu SIM, slot microSD, WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint di bagian samping, Face Unlock, GPS, dan realme UI 2.0 berbasiskan Android 11 pada perangkat ini.

Kekurangan

Sebagai handphone kelas menengah, realme 8i justru tidak dibekali kamera ultrawide sama sekali. Padahal kamera jenis ini sudah banyak digunakan oleh handphone dari kompetitor lain di kelas yang sama.

Kelebihan dan Kekurangan realme 8i - 1

Bisa dibilang kamera ultrawide akan sangat berguna saat ingin mengabadikan foto dengan area yang luas seperti pemandangan alam, perkotaan, banyak orang dalam satu bingkai, dan masih banyak lagi.

Selain itu, sayangnya realme 8i juga tidak disematkan sensor NFC (Near Field Communication) pada saat pesaing di kisaran harga yang sama sudah banyak yang membawanya.

gadget trend

Cakrawala Rafflesia