Media Mainstream Jangan Kalah Dengan Medsos – cakrawalarafflesia


cakrawalarafflesia, LAMPUNG, Kurang lebih 40 perwakilan media yang tergabung dalam Forum Jurnalis Migas (FJB) mengikuti seminar Media Gathering dan Pengumuman Media Kompetisi SKK Migas-KKS Sumsel Tahun 2021

Pada tahun ini, seminar yang dihelat di ballroom Sheraton Hotel Bandar Lampung, Selasa (16/11) menghadirkan narasumber dari Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Usman Kansong, mengusung tema diskusi media dan pemberitaan terhadap wawasan masyarakat.

Usman Kansong yang juga mantan jurnalis media nasional ini mengatakan, saat ini peran media sangat penting di mata masyarakat dalam memberikan informasi baik itu melalui media sosial maupun media mainstream.

“Terbukti berdasarkan indeks kepercayaan publik dari Edelman trust barometer, tingkat kepercayaan lembaga atau instansi selain di bidang bisnis, juga di sektor media naik menjadi tiga poin menjadi 72 poin dari sebelumnya hanya 69 poin,” kata Usman.

Baca Juga :  Oknum PNS Sulsel Nekat Cubit Pipi Istri TNI AL, Gimana Akhirnya?

Lebih lanjut Usman mengatakan informasi publik saat ini trennya condong didapat dari media sosial (medsos) seperti Facebook, Instagram, Twitter yang justru diikuti oleh media mainstream, padahal informasi dari medsos tersebut tidak terlalu dipercaya.

“Untuk itulah peran media-media mainstream, harus tetap kembali menerapkan prinsip-prinsip jurnalisme yang benar, serta konsisten bukan semata-mata karena trending di medsos, jangan kalah dengan medsos ” kata Usman.

Baca Juga :  Sumsel Jadi Percontohan Pembangunan Pemukiman – cakrawalarafflesia

Ia mencontohkan, media mainstream bisa memberitakan disaat sekarang Pandemi Covid-19 menunjukkan tren menurun, namun tidak menutup kemungkinan gelombang Pandemi selanjutnya dapat meningkat, dan itu sudah terjadi dibeberapa negara luar.

“Dengan begitu kita bisa sekaligus menghimbau agar publik bisa tetap selalu waspada atas gelombang Pandemi Covid-19 selanjutnya,” jelasnya.

Dalam seminar yang digelar lebih dari satu jam ini, juga dihadiri Hasyim Gautama Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Andi Ari Pangeran Humas SKK Migas, Firdaus Komar Ketua PWI Sumsel, Serta ketua FKM Oktap Riyadi. (Fdl)





Melansir Sumeks co

Cakrawala Rafflesia