Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis

  • Bagikan
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis

Setelah sebelumnya kami pernah mengulas beberapa video editor dan screen recorder, kali ini kami akan mengulas tools keren yang bisa kalian gunakan untuk mengedit video dan melakukan perekaman layar atau biasa kita sebut screen recorder gratis yaitu Clipchamp Video Editor dan Clipchamp Screen Recorder.

Apa itu ClipCham Video Editor ?

Clipchamp Video Editor merupakan tools editing video berbasis web

Alasan Menggunakan ClipChamp

Alasan utama menggunakan ClipChamp karena secara resmi Microsoft telah mengakusisi ClipChamp pada bulan September lalu. Selain itu tools yang satu ini memiliki banyak sekali fitur serta template yang dapat kalian gunakan untuk membuat video kalian semakin menarik.

ClipChamp juga telah terintegrasi dengan Microsoft One Drive, Google Drive, Chrome Book, Google Workspace, Google Photo, Dropbox, box, Zoom, Tiktok, Pinterest, Linkedin, Youtube dan Giphy. Setelah kalian selesai membuat atau mengedit video, kalian dapat langsung mengunggahnya ke aplikasi yang telah teritegrasi .

Fitur ClipChamp Video Editor

ClipChamp memiliki banyak sekali fitur dan template yang bisa kalian gunakan langsung ketika kalian belum memiliki ide template video yang akan kalian gunakan, dengan menggunakan tools ini kalian dapat melakukan :

1.      Iklan Video Facebook

Screenshot 2
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 16

Beriklan di Facebook tentunya membutuhkan video yang menarik serta unik agar pengguna lainnya tertarik melihat video iklan yang kalian buat. Untuk itu ClipChamp telah memiliki fitur pembuat video iklan Facebook serta template siap pakai yang bisa kalian gunakan agar video yang kalian buat lebih menarik.

2.      Video Intro Youtube

Screenshot 3
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 17

Intro merupakan hal penting pada menit-menit awal video Youtube karena intro menggambarkan identitas channel serta isi video yang kalian miliki. Intro sendiri harus dibuat semenarik mungkin agar pengguna aau penonton dapat mengingat channel serta video yang kalian unggah.

Kalian dapat membuat intro video Youtube lebih menarik dan berkesan menggunakan template yang telah tersedia pada tools ClipChamp Video Editor ini dan kalian cukup melakukan penambahan-penambahan seperti tulisan dan gambar menggunakan tools keren ini.

3.      Iklan Video Instagram

Nah bagi kalian yang berjualan atau mempromosikan usaha kalian tentunya harus menggunakan video yang bisa menarik perhatian pengguna instagram lainya. Untuk itu, Tool yang satu ini telah mempersiapkan template untuk mempermudah kalian membuat iklan video di Instagram.

4.      Video Slideshow

Ubah album foto kalian menjadi video tayangan slide yang menarik, Menggunakan  editor online Clipchamp untuk menganimasikan tayangan slide Anda dengan musik, transisi bergaya, dan elemen teks grafis.

5.      Video Youtube

Selain membuat Intro, kalian juga bisa membuat video youtube dengan mudah menggunakan ClipChamp video editor. Kalian cukup menggungah file dari perangkat , menambahkan teks dan menambahkan audio dan video yang telah kalian buat dapat langsung kalian upload ke channel youtube kalian.

6.      Video Promo

Bagi kalian yang memiliki bisnis, promo meriupakn salah satu hal yang paling terpentting untuk menarik orang mengetahui bisnis yang kalian miliki dan berujung dengan meningkatnya penjualan.

Dengan menggunakan tools ini anda dapat dengan mudah membuat video promo untuk memasarkan produk-produk dari bisnis yang anda miliki.

7.      Video Demo

Nah ini cocok banget bbbuat kalian yang berjualan online, karena kalian bisa dengan mudahnya membuat video demo untuk produk-produk kalian. Semakin produk kalian dikenal tentunya akan meningkatkan penjualan kalian.

8.      Video Meme

Buat kalian yang kreatif dan hobby membuat video meme yang lucu-lucu wajib coba nih, ada banyak template keren yang membuat video meme kalian makin unik.

9.      Montase Video

Dengan pembuat montase video gratis Clipchamp, Anda dapat menggabungkan video, gambar, dan GIF favorit Anda menjadi satu produksi profesional.

10. Video Cover Facebook

Ini menjadi salah satu yang kami suka, Kalian bisa membuat video cover untuk channel ataupun profil pribadi kalian menggunakan ClipChamp dengan mudah. Tersedia template unik dan menarik yang banyak loh.

11. Video Testimoni

Testimoni sangat penting bagi penjualan dan kepercayaan cutomer mengenai produk yang kalian jual dan pendapat serta pengalaman pembeli produk-produk kalian.

Dengan menggunakan ClipChamp kalian gak bingung-bingung lagi untuk membuat video testimoni untuk meningkatkan kepercayaan customer kalian.

12. Video Korporasi

Buat Video Perusahaan yang  Mengesankan agar tercipta  lingkungan ramah yang positif bagi karyawan baru, menarik talenta terbaik dengan video pencitraan merek perusahaan, atau membuat pelatihan lebih menarik.

Tools Edit Video

Kelebihan dari ClipChamp dibandingkan editor video lainnya yaitu memiliki tools edit yang sangat lengkap sehingga membuat video yang kalian buat berbeda dan lebih menarik dibandingkan video lainnya yaitu :

  1. Merampingkan dan memotong video
  2. Memisahkan dan menggabungkan video
  3. Membalikkan video ( efek cermin )
  4. Memutar video hingga 180 Derajat
  5. Crop atau memangkas  video
  6. Menambahkan audio dan gambar kedalam video
  7. Menambahkan teks, title dan subtitle ke video
  8. Menyesuaikan kecerahan dan warna
  9. Filter dan transisi

Tutorial Menggunakan ClipChamp

Setelah mengetahui  fungsi dan fitur lengkapnya, pasti kalian ingin segera mencobanya bukan. Sebelum kalian dapat mengedit video tentunya harus melakukan registrasi terlebih dahulu ya ,Berikut kami berikan langkah mendaftar hingga membuat video menggunakan ClipChamp.

1.      Mendaftar

Untuk mendaftar ke ClipChamp editor video online. Kalian dapat mengunjungi laman https://app.clipchamp.com/signup.

Screenshot 4
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 18

Pada laman tersebut kalian dapat melakukan registrasi menggunakan akun Microsoft, Google, Facebook, Dropbox atau manual menggunakan alamat email kalian yang aktif. Pada metode ini kami menggunakan akun Google untuk melakukan pendaftaran.

2.      Membuat dan Mengedit Video

Setelah kalian melakukan registrasi, maka kalian akan langsung diarahkan ke laman dashboard ClipChamp yang simple dan mudah digunakan.

Screenshot 5
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 19

Pada laman dashboard kalian akan langsung ditampilkan berbagai macam template yang siap kalian gunakan.

Kalian dapat membuat video tanpa template dengan klik tombol + Create Video yang terletak dibagian atas dashboard, Namun jika kalian ingin menggunakan template yang tersedia kalian dapat langsung memilih template yang muncul pada laman utama dashboard ya.

Pada tutorial ini kami memilih menggunakan tombol + Create Video

Screenshot 6
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 20

Selanjutnya kalian akan diarahkan ke laman editor video. Disini kalian dapat menambahkan Video, gambar, audio, teks dan lainnya menggunakan menu yang tersedia pada kolom sebelah kiri atau kalian dapat menggunakan template yang tersedia. Pada tutorial ini kami menggunakan template Youtube yang ada ya agar lebih simple.

Screenshot 7
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 21

Disini kami memilih video intro youtube sebagai pembukaan video yang akan kami buat. Kalian dapat mengedit teks dan panjang durasi yang diinginkan. Untuk mengubah teks defaultnya kalian dapat klik teks pada kolom bawah video kemudian klik tombol text yang terletak di bagian atas. Untuk mengubah efek, warna dan lainnya kalian bisa menggunakan menu-menu pada bagian atas ya.

Setelah membuat video intro untuk pembukaan, selanjutnya kalian dapat langsung menambahkan video yang kalian miliki dengan klik tombol + pada pojok kiri lalu pilih video yang ingin kalian gunakan atau kalian dapat melakukan screen recorder.

Pada tutorial ini kami memilih untuk mengupload video yang ada pada perangkat kami dengan langkah :

cd548453 3fa9 45df b9cb ecb455856bf6
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 22
  1. Klik Tombol + pada pojok kiri
  2. Pilih Video yang ingin diupload
  3. Setelah terupload video tersebut akan muncul pada kolom kiri dahsboard.
  4. Untuk memasukkan video tersebut setelah intro kalian dapat klik dan geser video tersebut ke bagian setelah video intro
Screenshot 9
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 23

Setelah video berhasil masuk kalian dapat mengeditnya lagi dan menambahkan video penutup apabila kalian ingin menggunakan video penutup. Untuk menggunakan video penut sebaiknya kalian membuat terlebih dahulu video penutup kemudian tambahkan seperti menambahkan video diatas.

Setelah selesai mengedit, kalian dapat memutar video yang telah kalian buat sebelum kalian mengunduh atau langsung share ke youtube ataupun media sosial lainnya dengan cara klik tombol play yang ada pada bawah video.

3.      Menyimpan dan Upload Video

 Apabila video yang kalian edit telah sesuai seperti yang kalian inginkan kalian dapat mengunduh video tersebut dengan cara klik tombol Export yang terletak di pojok kanan atas ya.

Screenshot 10
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 24

Setelah kalian klik tombol tersebut maka akan muncul pilihan untuk mengubah nama video, menjadikan video tersebut dengan format video atau GIF dan pilihan resolusi video. Setelah kalian memilihnya silahkan klik continue.

Setelah klik tombol continue maka kalian akan ditampilkan beberapa pilihan terkait video yang kalian buat.

Kalian dapat mengunduh video tersebut keperangkat yang kalian gunakan atau membuat link video kalian hingga langsung upload ke beberapa aplikasi yang telah terintegrasi dengan ClipChamp.

Video Tutorial

Bagi kalian yang masih bingung, kalian dapat melihat video tutorial diatas pada video berikut ini :

Harga Berlangganan

Meski kalian dapat membuat dan mengedit video menggunakan ClipChamp secara gratis, namum fitur yang tersedia untuk versi gratis ini terbatas. Untuk mendapatkan fitur penuh kalian harus melakukan upgrade dengan cara klik tombol Upgrade yang terletak pada bagian atas ya. Adapun biaya berlangganannya sebagai berikut :

Harga Berlangganan Perbulan

Screenshot 13
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 25

Harga Berlangganan Pertahun

Screenshot 14
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 26

Beda Versi Gratis Dan Berbayar

Versi gratis dan berbayar tentunya memiliki perbedaan ya, adapun perbedaannya seperti berikut

BasicCreatorBusinessBusiness Platinum
Free$9$19$39
480p exports/ month/ month/ month
(USD)(USD)(USD)
720p exports1080p exports1080p exports
Unlimited cloud storageUnlimited cloud storageUnlimited cloud storage
Unlimited audio stockUnlimited audio stockUnlimited audio stock
Brand kitUnlimited video stock
Unlimited image stock
Brand kit

Tuh kelihatan kan bedanya versi gratis sama berbayaranya, Kalian wajib menggunakan versi berbayar ya karena memiliki banyak sekali fitur-fitur yang keren dan lengkap.

ClipChamp Screen Recorder

Selain membuat Video, ClipChamp juga memiliki fitur perekam layar & kamera juga loh. Video Tutorial yang kami buat diatas menggunakan fitur ini.

Untuk melakukan screen recorder langkahnya hampir sama dengan membuat video, yang berbeda adalah ketika kalian klik tombol + pada kolom paling kiri kalian pilih menu Screen recorder pada bagian paling bawah.

Screenshot 8
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 27

Setelah klik menu tersebut maka akan muncul pilihan Screen & camera, Camera Recording, Screen Recording dan Text To Speech. Silahkan kalian pilih sesuai yang kalian butuhkan. Setelah memilih maka akan muncul Tombol Recording pada bagian bawah.

Screenshot 18
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 28

Untuk melakukan perekam layar & kamera  kalian dapat klik tombol merah dan muncul pilihan Seperti berikut

Screenshot 19
Mencoba ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis 29

Silahkan kalian pilih sesuai yang kalian inginkan ya. Setelah kalian selesai merekam, maka hasil rekaman akan mucul dan kalian dapat mengeditnya seperti langkah mengedit video dan kalian dapat melakukan penyimpanan dengan langkah yang sama juga seperti langkah menyimpan video.

Hasil Video

Tak lengkap rasanya membahas tools video editor tanpa mencoba dan menunjukkan hasilnya, untuk hasil ujicoba editor video kalian dapat melihatnya pada video berikut ini :

Kesimpulan

ClipChamp merupakan Tools pembuat, editor video serta perekam layar yang sangat fungsional dan mudah digunakan.

Kalian bisa menggunakan tools ini secara gratis atau berlangganan versi premiumnya yang memiliki banyak sekali fitu menarik lainnya.

Pilihan template yang banyak dan penggunaan yang mudah menjadi rekomendasi mengapa harus menggunakan ClipChamp untuk membuat dan merekam layar.

Selain itu Terintegrasinya tools ini ke banyak aplikasi membuat kalian mudah melakukan sharing secara langsung hasil video yang kalian buat.

Hasil video dan perekam layar ClipCHamp sangat mengagumkan selama kami melakukan ujicoba.

Itulah tadi Review  ClipChamp Video Editor dan Screen Recorder Online Gratis yang wajib kalian gunakan dari kami.

*Special Thanks For ClipChamp Team karena memperbolehkan kami meriview aplikasi yang sangat bagus ini.

Semua gambar dan video pada artikel ini adalah hasil screenshoot juga video editor dari tools ClipChamp dimana gambar atau gambar pada video yang kami buat semua merupakan hak cipta dari ClipCHamp

  • Bagikan
Positive SSL