PPNS Beri Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran dan Kuis Interaktif Bagi Guru SDN Kenduruan I Pasuruan

  • Bagikan
WhatsApp Image 2021 11 10 at 19.00.54

Hadirnya Covid-19 telah mengubah aspek di bidang pendidikan sehingga para siswa harus belajar dari rumah melalui berbagai media yang ada, daring menjadi metode yang digunakan oleh para guru untuk memastikan proses pembelajaran berjalan selama pandemi. Para guru acapkali mengalami kendala dalam membuat media pembelajaran dan kuis interaktif berbasis online.

Sehingga melalui beberapa komunikasi muncul ide bagi tim pengabdian kepada masyarakat Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) untuk memberikan pelatihan terhadap guru di SDN Kenduruan I Pasuruan dalam pembuatan media pembelajaran dan kuis interaktif dengan pemilihan aplikasi yang sesuai dan efektif sehingga diharapkan mampu membuat ketertarikan peserta didik untuk memudahkan mempelajari materi yang diajarkan.

Akhir Agustus pelatihan ini telah berhasil digelar secara daring dan luring, beberapa tim mendampingi langsung di SDN Kenduruan I dan sisanya bergabung secara daring melalui video conference (vicon). Acara ini dibuka langsung oleh ketua panitia, Kepala SDN Kenduruan I dan Kepala P3M PPNS. Dalam pidato pembukanya Ibu Ina Purwati, S.Pd. selaku Kepala SDN Kenduruan I sangat terbuka dengan kehadiran kami dan menyampaikan bahwa pelatihan yang diberikan pihak PPNS terhadap guru-guru di bawah naungannya ini memang tepat sasaran.

Baca Juga :  Tut Wuri Handayani, Bagian Semboyan Ki Hajar Dewantara, Ini Berikut Makna
WhatsApp Image 2021 11 10 at 19.00.55
PPNS Beri Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran dan Kuis Interaktif Bagi Guru SDN Kenduruan I Pasuruan 4

Pada pelatihan ini peserta diberikan paparan mengenai pengertian aplikasi sinkronus dan asinkronus disusul demonstrasi langsung menggunakan aplikasi i-Spring. Peserta dilatih membuat materi ajar dan kuis interaktif menggunakan fitur-fitur yang ada, bagaimana proses editingnya, penambahan audio dan video serta cara menyimpan dan membagikan materi yang dibuat kepada peserta didik. Pelatihan berlangsung begitu aktif dan interaktif, sesi tanya jawab dilemparkan disela-sela pelatihan.

Peserta begitu antusias menanyakan cara membuat kuis sinkronus yang interaktif. Pemateri juga tak segan membagikan pengalaman menggunakan aplikasi Classpoint by INKNOE disusul dengan demonstrasi langsung kepada peserta pelatihan untuk bergabung mengikuti online quiz yang dibuat secara spontan.

WhatsApp Image 2021 11 10 at 19.00.56
PPNS Beri Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran dan Kuis Interaktif Bagi Guru SDN Kenduruan I Pasuruan 5

Tak hanya mendapatkan pelatihan, tim PPNS dampingi peserta hingga akhir Oktober untuk memantau kendala dan kesulitan yang dihadapi saat mencoba sesuai buku panduan dan video pembuatan materi ajar dan kuis interaktif yang diberikan sebelum pelatihan digelar. Beberapa kali komunikasi dilakukan di bulan September secara daring, selain itu diskusi dan tanya jawab singkat juga dilakukan untuk memenuhi ketertarikan peserta mengenai aplikasi pembuatan materi ajar dan soal interaktif baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus dengan aplikasi lainnya.

Baca Juga :  Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara? Pembahasan Soal TVRI

Keberhasilan seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan ini terlihat dari hasil kuesioner pasca kegiatan. Secara keseluruhan sekitar 90% peserta memiliki ketertarikan untuk meningkatkan kualitas materi ajar berbasis elektronik baik secara sinkronus maupun asinkronus. Disimpulkan juga sekitar 80% peserta setuju bahwa pelatihan yang telah kami adakan ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan keterampilan peserta dan memudahkan proses belajar mengajar peserta didik di SDN Kenduruan I Pasuruan.

  • Bagikan
Positive SSL