Manfaat bagi Perusahaan yang Menggunakan SaaS, Yuk Kenalan!

  • Bagikan
perusahaan yang menggunakan saas
perusahaan yang menggunakan saas

Perkembangan teknologi SaaS kian berkembang pesat sejak boomingnya 15 bisnis SaaS yang muncul di hadapan publik 2018 silam. Sebut saja Dropbox, Slack, dan Zoom. Banyak perusahaan yang menggunakan SaaS untuk mempermudah sirkulasi dan operasi pekerjaannya.

Di tahun 2018 saja, harga IPO dari saham-saham SaaS sudah melonjak hingga dua kali lipatnya. Di tahun ini diprediksikan akan meningkat karena sebanyak 45 persen dana yang disiapkan untuk perangkat lunak akan dialihfungsikan untuk SaaS.

Begitu banyak perusahaan yang menggunakan SaaS, menjadi satu pertanyaan penting dan mendasar yang harus diketahui. Apa itu SaaS dan seberapa besar manfaat bila menggunakannya. Berikut ini penjabarannya.

Apa Itu SaaS?

perusahaan yang menggunakan saas
Manfaat bagi Perusahaan yang Menggunakan SaaS, Yuk Kenalan! 3

Software as a Service atau SaaS merupakan salah satu kecanggihan teknologi terkini di mana perusahaan dapat menyimpan dan mengelola data perusahaan di dalam satu sistem saja.

Dasar sistem teknologi dari SaaS adalah cloud computing atau cloud-based software, di mana perusahaan tidak perlu menginstal satu aplikasi apapun, melainkan mengoperasikan software SaaS ini melalui browser pada jenis perangkat apapun dan  di mana saja asalkan perangkat tersebut telah terkoneksi oleh internet.

Teknologi cloud-based software atau cloud computing sendiri adalah sistem dengan proses komputasi berbasis internet yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan mengolah data atau file secara virtual dan bisa terintegrasi dengan beberapa perangkat yang pengguna atau perusahaan miliki.

Sementara itu, perusahaan yang memfasilitasi layanan SaaS disebut juga sebagai SaaS Company. Sebagai vendor, perusahaan-perusahaan ini yang akan menyediakan hosting aplikasi yang dibutuhkan, mengembangkan dan mengelola layanan yang dibutuhkan perusahaan klien.

Kemudahan ini yang membuat banyak perusahaan memiliki kebiasaan baru yang berubah sangat signifikan. Dari yang biasanya menyimpan data dan file karyawan atau sejenisnya secara hardcopy dan beralih menyimpan secara virtual.

Manfaat Menggunakan SaaS

Rendi Sianturi sebagai narasumber dari PT Goci Berkat Sejahtera memberikan pernyataan dan informasi terkait manfaat dan penggunaan SaaS.

“SaaS bisa diibaratkan sebagai bank. Bank sebagai perusahaan yang memfasilitasi nasabahnya untuk menyimpan uang yang mereka miliki dengan sistem, teknologi dan infrastruktur layanan keuangan dengan sistem keamanan yang terjamin.” Ucap Rendi Sianturi saat ditemui di kantor di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan.

Sebagai klien, pemilik perusahaan bisa memanfaatkan SaaS produk tanpa harus pusing memikirkan bagaimana cara mengelola aplikasi tersebut.

“Untuk mempertahankan keamanan data dan file yang telah dipercayakan, biasanya SaaS memberikan otorisasi khusus kepada klien untuk mengakses data dan file yang telah tersimpan. Hal ini sejalan dengan prinsipnya untuk menjaga data dan file klien agar selalu aman.” Pungkas Rendi Sianturi.

Selain dari beberapa percakapan diatas. Kami juga telah merangkai beberapa informasi terkait dengan SaaS yang biasa menjadi alas an mengapa perusahaan korporat untuk menggunakan teknologi pada jasa nya.

Berikut ini manfaat menggunakan SaaS secara lengkap.

1. Sebagai penyimpan data dan file

Kemudahan menyimpan data dan file sebanyak apapun secara virtual atau online tanpa khawatir data dan file yang dimiliki akan rusak. Jika menyimpan data dan file hanya di perangkat keras, maka sewaktu-waktu perangkat keras tersebut bisa saja rusak sebelum data dan file penting diselamatkan.

Atau, yang sering terjadi adalah kurangnya ruang pada storage device karena sudah terlalu banyak data dan file yang tersimpan. Semua hal tersebut tidak akan menjadi masalah bila memanfaatkan SaaS.

2. Sebagai tools analisis data

Beberapa SaaS menyediakan fitur analisis data untuk memudahkan pekerjaan user agar lebih efektif dalam menemukan informasi-informasi berharga dari data atau file tersebut.

3. Upgrade aplikasi hanya dilakukan oleh vendor

Sebagai perusahaan yang menggunakan SaaS, kita tidak perlu repot untuk melakukan update pada aplikasi untuk mendapatkan fitur terbaru. Sebab, secara senyap namun pasti perusahaan penyedia SaaS inilah yang akan melakukan pengelolaan aplikasi dan meng-upgrade layanan yang bisa langsung dirasakan pengguna.

4. Kemudahan akses lebih dari satu device

Meskipun ada keterbatasan dalam mengakses data karena adanya hak otorisasi, tetapi hak otorisasi tersebut sebagai kunci utama mengakses data dan file bisa digunakan di lebih dari satu device atau perangkat.

Pemilik bisnis bisa membagi hak otorisasi tersebut terhadap beberapa karyawan yang memang memiliki kepentingan terhadap data tersebut. Kemudahan akses ini juga yang membuat mudahnya melakukan sharing data saat melakukan diskusi terkait sirkulasi bisnis.

Contoh SaaS product

Berikut ini adalah contoh SaaS product yang telah berkembang pesat dan memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia.

1. Slack

Slack merupakan produk SaaS yang berfokus pada layanan pengiriman pesan yang dilengkapi dengan jalur lintas zona waktu dan lautan. Di dalam percakapan tersebut para pengguna bisa bertukar data dan file penting.

2. Dropbox

Produk SaaS selanjutnya yang populer di dunia dan di Indonesia adalah Dropbox. Sebagai cloud-based software yang berfokus pada penyimpanan data dan file penggunanya, kelebihan produk SaaS yang satu ini adalah Dropbox sudah terintegrasi dengan perangkat apapun seperti komputer, laptop maupun ponsel pintar.

3. Spenmo

Data keuangan perusahaan menjadi data yang sangat krusial dan penting untuk dijaga keamanan dan kerahasiaannya. Untuk itu, penting melakukan batasan pembayaran hanya pada satu pintu saja melalui perangkat lunak.

Spenmo merupakan produk SaaS yang berfokus pada pembayaran online dan menjamin penyimpanan data keuangan perusahaan tetap aman dengan sistem satu pintunya. Di mana di dalam satu platform, pengguna bisa memproses penggajian, pembayaran invoice, melakukan klaim karyawan, hingga mendapatkan kartu perusahaan fisik dan virtual.

Salah satu fitur unggulan Spenmo adalah layanan SaaS untuk transfer uang dengan biaya transfer ke luar negeri yang terbilang sangat murah. Di dalam fitur aplikasi transfer uang, dilengkapi juga fitur pengiriman otomatis kliring faktur ke email pengguna yang telah terdaftar.

Sangat efisien untuk perusahaan yang sering melakukan transfer uang ke pekerja lepas atau freelancer karena Spenmo dibuat untuk meminimalisir terjadinya human error saat melakukan pembayaran. Kabar bahagianya, pengguna bisa melacak seluruh pembayaran dan status pembayaran hanya dalam satu dashboard juga.

4. Zoom

Sejak 2013, Zoom telah banyak membantu banyak perusahaan untuk saling terhubung. Bahkan, di saat pandemi seperti ini perusahaan tidak lagi memikirkan bagaimana caranya karyawan bekerja dari rumah. Zoom memfasilitasi banyak video konferens yang dimanfaatkan banyak perusahaan.

Penulis: agEditor: dwg
  • Bagikan
Positive SSL