Cara Cek Versi Windows Untuk Memastikan Kompabilitas Perangkat

  • Bagikan
ASUS ZenBook 14 UX435 01

Cara Cek Versi Windows - Header

Cakrawalarafflesia – Mengecek versi Windows yang terpasang di komputer atau laptop mungkin termasuk salah satu hal yang jarang dilakukan, tetapi dalam beberapa kondisi mungkin bakal memerlukannya.

Untuk memasang aplikasi atau program, kita perlu memastikan bahwa sistem operasi yang digunakan memenuhi sistem minimum yang dibutuhkan. Kita pun kadang-kadang harus memilih versi peranti lunak yang pas agar dapat berjalan dengan baik di komputer.

Sejumlah fitur dan dukungan yang ditawarkan oleh Windows juga sering kali hanya hadir secara khusus pada versi tertentu dari sistem operasi itu sehingga kita perlu memastikannya terlebih dahulu agar dapat memanfaatkan fitur tersebut.

Saat akan menyelesaikan kendala teknis seperti memasang atau memperbarui driver, mengecek versi Windows yang digunakan juga harus dilakukan supaya tidak salah yang nantinya malah membuat komputer semakin bermasalah.

Kita untungnya dapat mengecek versi Windows untuk sejumlah varian yang tersedia di komputer dengan sangat mudah, di antaranya bahkan bisa langsung melakukan hal tersebut dengan mengunjungi halaman Settings.

Cara Mengecek Versi Windows di Komputer

Untuk Windows 11

  1. Tekan tombol Start (ikon Windows)
  2. Masuk ke menu Settings
    Cara Cek Versi Windows - 6
  3. Pilih tab System
    Cara Cek Versi Windows - 7
  4. Klik About
    Cara Cek Versi Windows - 8
Baca Juga :  Mulai Rp 18 Ribu, Tri Indonesia Hadirkan Perdana Happy Berkuota Besar

Kita selanjutnya dapat mengecek versi yang terpasang hingga OS Build pada bagian Windows specifications. Perlu diingat bahwa sampai saat tulisan ini terbit, Windows 11 hanya tersedia untuk arsitektur 64-bit berbeda dengan generasi lebih lama yang juga punya arsitektur 32-bit.

Cara Cek Versi Windows - 9

Dengan cara yang sama, kita pun dapat mengecek versi untuk Windows 10. Kita hanya saja perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas karena tampilan antarmuka sistem di antara keduanya memang cukup berbeda.

Untuk Windows 10

  1. Klik tombol Start (ikon Windows)
  2. Buka halaman Settings
    Cara Cek Versi Windows - 1
  3. Masuk ke bagian System
    Cara Cek Versi Windows - 2
  4. Cari dan pilih About
    Cara Cek Versi Windows - 3

Dari halaman tersebut, kita bisa mengecek tipe arsitektur sistem operasi apakah 32-bit atau 64-bit pada bagian Device specifications pada kolom System type. Sementara untuk melihat OS Build dan edisi yang dipakai terlihat di Windows specifications.

Baca Juga :  Inilah Deretan Laptop Touch Screen dengan Harga Terjangkau di 2021, Praktis dan Modern,

Cara Cek Versi Windows - 5

Jika pada Windows 11 maupun 10 bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang hampir mirip, kita harus menempuh tahapan cukup berbeda untuk mengecek versi ketika memakai varian yang lebih lawas seperti Windows 8.

Untuk Windows 8

  1. Tekan tombol Start + I di keyboard untuk membuka Settings
  2. Masuk ke menu Change PC settings
  3. Klik opsi PC and devices
  4. Buka menu PC info

Kita dapat mengecek tipe arsitektur yang dipakai pada baris System type di bagian  PC. Sementara untuk melihat OS Build, kita perlu menempuh langkah tambahan dengan membuka menu About Windows.

Kita dalam hal ini perlu mengetuk tombol Start + R untuk menjalankan Run command lalu mengetik winver dengan diikuti tombol Enter. Nantinya sebuah jendela baru akan muncul dan menunjukkan informasi mengenai versi OS Build yang ada.

Untuk Windows 7

  1. Ketuk tombol Start
  2. Ketik Computer
  3. Klik kanan pada opsi Computer yang muncul di hasil penelusuran
  4. Pilih opsi Properties

Untuk mengecek versi dan edisi Windows 7 yang digunakan, kita selanjutnya dapat mencari bagian Windows edition. Selain itu, kita juga bisa membuka About Windows seperti cara sebelumnya jika ingin mengetahui informasi mengenai versi OS Build yang digunakan.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL