Percepat Akses Aplikasi dan Fitur dengan Fitur Gesture di OPPO A16

  • Bagikan
OPPO A16 7

OPPO A16 - 7

Sebagai handphone yang dibekali dengan ColorOS 11.1 berbasiskan Android 11, OPPO A16 mempunyai dukungan gesture jari untuk memudahkan akses fungsi maupun aplikasi tertentu.

Namun masih banyak juga yang belum mengetahui cara untuk mengakses gesture jari pada OPPO A16 karena memang beberapa fiturnya belum aktif dan perlu dihidupkan terlebih dulu pada menu yang bisa dibilang cukup jarang diakses.

Padahal fitur gesture jari dapat mempercepat kamu untuk mengakses beragam aplikasi maupun fungsi yang terdapat pada OPPO A16. Misalnya pada kondisi mati lampu, kamu dapat secara mudah mengaktifkan flashlight tanpa perlu masuk terlebih dulu ke homescreen. Selain itu, kamu juga bisa mengambil screenshot dengan cepat menggunakan gesture 3 jari.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur gesture jari yang dapat dieksplorasi pada handphone ini. Jika kamu penasaran seperti apa fitur gesture yang dimiliki oleh OPPO A16, mari kita jelajahi bersama.

Gesture 3 Jari

OPPO A16 telah dibekali dengan dukungan gesture 3 jari yang memiliki banyak fungsi mulai dari screenshot satu layar, screenshot bagian tertentu, hingga mengaktifkan fitur Split Screen. Pada saat kamu melakukan gesture dengan 3 jari yang dirapatkan lalu kemudian menyapu layar dari bagian atas ke bawah, maka sistem pada OPPO A16 akan langsung menangkap layar secara menyeluruh.

Baca Juga :  Samsung Smart TV Kini Dukung Konten Mola Hingga Resolusi UHD 4K

Selain itu, kamu juga dapat melakukan screenshot dengan menahan 3 jari selama beberapa detik pada layar OPPO A16 yang nantinya memunculkan menu Screenshot sehingga memungkinkan kamu dapat menghasilkan tangkapan layar atau screenshot dengan berbagai bentuk, seperti kotak, bulat, atau bebas.

Gesture 3 Jari

Bisa dibilang screenshot dengan menahan 3 jari ini cocok bagi kamu yang ingin mengambil tangkapan layar dengan memilih area tertentu. Misalnya saja kamu hanya ingin mengambil screenshot dari 2 paragraf tertentu pada artikel di sebuah situs tanpa perlu mengambil penuh halamannya, maka dapat menggunakan metode ini.

Sementara apabila gesture swipe 3 jari dari bagian bawah, maka fitur Split Screen akan aktif secara otomatis sehingga kamu dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Namun perlu dicatat, tidak semua aplikasi sudah mendukung fitur Split Screen.

Screen-Off Gestures

Fitur yang satu ini memungkinkan kamu mengakses aplikasi atau fungsi tertentu pada OPPO A16 dengan melakukan gesture jari ketika layar sedang istirahat.

Secara bawaan gesture membentuk O akan mengakses aplikasi kamera, V akan mengakses Flashlight, II dapat menghentikan atau menjalankan kembali lagu yang diputar, serta < atau > untuk mengakses lagu sebelum atau selanjutnya.

Baca Juga :  Rayakan Ekspedisi Luar Angkasa China ke Bulan, Oppo Rilis Find X3 Pro Baru

Screen off Gesture

Selain itu, kamu pun dapat menambahkan gesture slide up, slide down, slide left, slide right, M, W, dan ^ untuk menelepon atau mengakses aplikasi yang dapat dipilih sesuai keinginan. Kamu juga dapat melakukan dua kali ketukan pada layar agar berubah dari kondisi istirahat menjadi aktif.

Sebagai catatan, fitur Gesture 3 jari aktif secara otomatis sejak OPPO A16 diaktifkan pertama kali. Sementara Screen-Off Gestures harus diaktifkan terlebih dahulu melalui menu Gestures & motions yang berada di dalam Convenience tools pada menu Settings.

Bisa dibilang fitur Gesture yang dihadirkan pada OPPO A16 memudahkan kamu secara cepat mengakses aplikasi atau fungsi yang diinginkan. Apalagi pada Screen-of Gesture, kamu bisa menentukan secara bebas aplikasi apa saja yang akan diakses dengan gesture tertentu.

Saat ini OPPO A16 sendiri sudah bisa kamu pesan di Indonesia dengan harga Rp 1.999.000 untuk varian RAM 3 GB + penyimpanan 32 GB dan Rp 2.499.000 untuk RAM 4 GB + penyimpanan 64 GB.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL