Apa Sih Maksud dan Fungsi AI Composite Video yang Sedang Populer di TikTok?

  • Bagikan
TikTok Logo Phone

[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Cakrawalarafflesia – AI composite video terbilang cukup populer selama beberapa waktu belakangan ini setelah sejumlah tokoh publik terlihat mengunggah konten TikTok yang sangat mirip satu dengan lainnya.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Tempo – Music Video Maker tersebut memang cukup menarik karena mempunyai kemampuan untuk menyematkan wajah kita ke dalam sebuah video.

Seperti apa yang bisa kita lihat pada sejumlah akun TikTok tokoh publik, konten-konten hasil editan menggunakan fitur tersebut merupakan video yang sama tetapi orang di dalamnya mempunyai wajah berbeda-beda sesuai dengan siapa pengunggahnya.

Yang sangat menakjubkan, wajah-wajah itu bisa benar-benar mampu mengikuti pola dari karakter yang ada di tema. Kita bahkan mungkin tidak akan menyadari bahwa video tersebut hasil editan jika fitur AI composite video belum sepopuler sekarang.

AI composite video sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru di dunia teknologi. Fitur tersebut merupakan pengembangan dari teknologi deepfake seperti yang dipakai oleh MyHeritage dalam mengembangkan Deep Nostalgia.

Apa Itu AI Composite Video?

Aplikasi Tempo memperkenalkan AI composite video sebagai bagian dari dukungan yang bernama Face Swap. Seperti namanya, fitur tersebut merupakan salah satu contoh pemanfaatan dari teknologi deepfake yang secara khusus dirancang dengan kemampuan penukaran wajah.

Deepfake sendiri merupakan bagian dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang secara khusus ditujukan untuk memanipulasi wajah maupun suara dari karakter di dalam sebuah cuplikan video.

Berbekal teknologi cerdas ini, kita dapat lebih mudah untuk memanipulasi wajah seseorang di dalam konten digital seperti mengubah foto menjadi video bergerak atau sebagaimana dengan apa yang ditawarkan oleh Tempo melalui AI composite video.

Fungsi AI Composite Video

Fitur AI composite video dari Tempo secara sederhana berfungsi untuk menukar wajah di sebuah cuplikan video dengan orang yang berbeda. Kita dalam hal ini dapat memilih salah satu template tayangan yang disediakan oleh aplikasi dan memakai foto pribadi.

Aplikasi Tempo nantinya akan memindai foto tersebut untuk menganalisis bentuk hingga raut muka menggunakan sistem kecerdasan buatan. Lalu kemudian menempelkannya sesuai dengan pola orientasi dari wajah di dalam template yang dipilih sebelumnya.

Menggunakan AI composite video untuk membuat video TikTok pun sangat mudah. Kita hanya perlu memasang aplikasi Tempo yang kini tersedia di Google Play Store maupun Apple App Store sesuai perangkat.

Cara Menggunakan AI Composite Video di Tempo

  1. Download aplikasi sesuai perangkat yang digunakan
  2. Buka jika sudah berhasil terpasang ke perangkat
  3. Centang Terms of Service and Privacy Policy
  4. Ketuk Agree and Continue untuk menyetujui kebijakan layanan
  5. Tekan Continue hingga masuk ke halaman utama aplikasi
  6. Jika muncul penawaran keanggotaan premium, jangan lupa untuk memilih opsi yang sesuai
  7. Tekan Allow jika aplikasi meminta sejumlah perizinan
  8. Di halaman utama, masuk ke tab AI face
  9. Cari dan pilih template video yang diinginkan
  10. Ketuk tombol Use
  11. Pilih Agree and Continue jika muncul konfirmasi
  12. Baca petunjuk pemilihan foto jika diperlukan
  13. Klik tombol Start uploading pictures
  14. Pilih foto selfie (jangan sampai ada penutup seperti kaca mata atau masker)
  15. Tunggu sebentar lalu tekan tombol Centang jika foto berhasil terpilih
  16. Untuk beberapa template, kamu membutuhkan akun Tempo Pro atau menonton iklan dengan mengetuk Watch ads to win opportunities
  17. Tunggu antrean jika template sedang banyak digunakan
  18. Tunggu proses pembuatan video hingga 100 persen
  19. Jika sudah, bagikan video sesuai kebutuhan

Seluruh proses pembuatan video memakai aplikasi Tempo akan berjalan secara online di layanan cloud perusahaan. Oleh karena itu kita perlu mengunggah foto atau video yang diperlukan saat menggunakannya.

Kita tentu saja perlu berhati-hati sebelum melakukan hal ini. Membaca kebijakan privasi milik Tempo sangat kami rekomendasikan agar kamu bisa menentukan apakah aplikasi tersebut sesuai dengan preferensi dan layak dipakai atau tidak.

gadget trend

  • Bagikan