Alarm Tidak Berbunyi di Ponsel Android Anda? Inilah Cara Memperbaikinya

  • Bagikan
Capture 2021 10 15 10 07 47 634

Jika Anda menggunakan ponsel Android Anda sebagai jam alarm dan tidak berbunyi, apa yang dapat Anda lakukan? Berikut adalah beberapa kemungkinan perbaikan untuk dicoba.

Smartphone adalah pusat kehidupan kita, mulai dari menerima email hingga mengontrol transaksi bank dan melakukan pembelian. Terkadang mudah untuk mengabaikan salah satu aplikasi terpenting yang membuat kita bangun setiap pagi, alarm. Tapi jika tidak bekerja dengan baik, itu bisa menimbulkan masalah lebih dari sekedar jadwal tidur kita.

Untungnya, masalah ini mudah diselesaikan dan sering terjadi karena perubahan kecil dalam pengaturan. Berikut beberapa hal yang harus dicoba jika alarm Android Anda tidak berbunyi.

Nyalakan Ulang Ponsel Anda

Seperti halnya masalah dengan ponsel cerdas, hal pertama yang harus dicoba adalah me-reboot perangkat Anda. Ini membantu dalam beberapa cara.

Pertama, menghapus cache sementara sehingga setiap perubahan kecil akan diatur ulang ke keadaan normal setelah pengaktifan kembali. Selain itu, ini membersihkan RAM, yang menyimpan bit data yang Anda gunakan saat ponsel Anda tidak berfungsi.

Ini melakukannya untuk banyak pengguna, tetapi jika masalah tetap ada untuk Anda, buka opsi berikutnya.

Periksa Volume dan Nada Alarm

Sebagian besar ponsel Android, terutama yang menjalankan perangkat lunak terbaru, dilengkapi dengan kontrol volume independen untuk alarm. Jika Anda secara tidak sengaja membiarkan pengaturan khusus ini dalam mode senyap atau pada volume yang sangat rendah, kemungkinan Anda tidak akan mendengar alarm berdering.

Namun, ada perbaikan cepat. Yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol volume naik/turun dan penggeser akan muncul di atas layar Anda. Mengetuk panah ke bawah tepat di samping penggeser akan membuka menu tarik-turun volume, menampilkan opsi seperti Alarm, Media, Sistem, dll.

Jika Anda tidak melihat penggeser Alarm di pengaturan volume, jangan khawatir. Di beberapa ponsel Android, itu tidak muncul kecuali Anda membuka aplikasi Jam.

Jika setelan volume alarm disetel rendah, seret penggeser ke kanan. Anda akan melihat nada alarm Anda diputar saat Anda menyeret, memungkinkan Anda untuk mendengar bagaimana volume berubah.

Jika ini tampaknya bukan masalah atau tidak memperbaikinya, maka Anda mungkin memiliki nada dering alarm yang sangat pelan sehingga tidak terdengar. Anda mungkin menggunakan nada yang telah diunduh atau ditambahkan dari internet. Nada dering seperti itu tidak mampu membangunkan Anda, terutama, ketika Anda mungkin sedang tertidur lelap.

Namun tidak perlu khawatir, yang harus Anda lakukan adalah pergi dan ubah nada alarm Anda saat ini menjadi lebih keras. Coba gunakan nada sistem default untuk alarm sebagai gantinya karena biasanya lebih baik. Buka daftar nada dering alarm di aplikasi Jam Anda, dan pilih yang lain sesuai keinginan Anda.

Bersihkan Cache Aplikasi Jam

Menghapus cache atau data penyimpanan untuk aplikasi Jam sering kali dapat membantu. Kerugian menggunakan perbaikan ini adalah jika Anda menghapus data, Anda akan kehilangan alarm yang ada dan harus membuatnya lagi. Tapi jangan khawatir, ambil tangkapan layar alarm atau buat catatan.

Untuk menghapus cache dan data untuk aplikasi Jam, ketuk Pengaturan > Aplikasi > Jam. Atau, menekan lama aplikasi Jam di layar ponsel Anda dan memilih Info Aplikasi juga berhasil.

Apapun cara yang Anda putuskan, langkah Anda selanjutnya adalah memilih Storage > Clear Cache, dan ini akan memastikan alarm Android Anda berfungsi kembali.

Copot Pembaruan di Aplikasi Jam Anda

Ini mungkin menjadi masalah bagi pengguna dengan versi Android yang lebih lama (meskipun versi yang lebih baru juga rentan). Aplikasi default mungkin menerima pembaruan yang memperkenalkan bug atau mungkin tidak berfungsi dengan baik dengan ponsel Anda.

Sayangnya, aplikasi Jam tidak dapat dihapus sama sekali, tetapi Anda dapat menghapus semua pembaruan dan mengembalikannya ke versi pabrik aslinya.

Untuk ini, Anda sekali lagi harus menuju ke Pengaturan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan aplikasi Jam, atau cari jika opsi tersedia. Pada halaman informasi aplikasi, Anda akan menemukan tombol Copot pemasangan pembaruan.

Periksa Pengaturan “Jangan Ganggu” Anda

Fitur Jangan Ganggu berguna tetapi terkenal karena menyebabkan masalah di aplikasi lain, termasuk aplikasi Jam. Sebagian besar waktu orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka telah mengaktifkannya. Terlepas dari itu, jika Anda adalah orang yang sering menggunakan fitur ini, berikut adalah cara mengubah pengaturan dengan benar.

Arahkan ke Pengaturan > Pemberitahuan > Jangan ganggu. Atau, Anda cukup mengambil pintasan melalui panel Pengaturan Cepat. Geser ke bawah bagian atas layar dengan jari Anda dua kali untuk membuka baki pengaturan cepat yang diperluas sepenuhnya, dan tekan lama pada Jangan ganggu.

Sekarang pilih Izinkan pengecualian. Ini akan memberi Anda daftar opsi tetapi Anda harus memilih opsi Alarm. Pastikan untuk menekan tombol sakelar di sebelahnya untuk mengaktifkannya.

Atur Ulang Preferensi untuk Aplikasi Jam

Jika tidak ada solusi sebelumnya yang keluar, maka Anda dapat melanjutkan dan mengatur ulang preferensi aplikasi Anda. Ini tidak akan menghapus data pribadi apa pun (seperti alarm yang telah Anda setel). Namun, ini akan mengatur ulang semua pengaturan di ponsel Anda ke nilai defaultnya di semua aplikasi Anda.

Jika pengaturan abnormal mengganggu fungsi normal aplikasi Jam Anda, itu harus diperbaiki dengan metode ini.

Untuk mengatur ulang preferensi, luncurkan Pengaturan lalu ketuk Sistem. Dari sana, pilih Setel ulang opsi dan konfirmasi. Pada beberapa ponsel, setelan mungkin muncul di bawah menu Aplikasi. Saat Anda membuka daftar aplikasi, ketuk menu 3 titik dan pilih Setel ulang preferensi aplikasi > Setel ulang.

Dengan keberuntungan, ini akan memperbaiki masalah sepenuhnya, tetapi hanya boleh digunakan sebagai upaya terakhir.

Jika aplikasi Jam ponsel Anda tidak berfungsi meskipun menggunakan semua taktik ini, Anda juga dapat menggunakan aplikasi alarm di Windows 10.

Memecahkan Masalah Alarm Android

Kami biasanya menganggap remeh fitur alarm ponsel kami. Menyetel alarm untuk pukul 6:00 pagi dan tertidur dengan tenang inilah cara hidup kami. Kami hanya menyadari peran integralnya dalam hidup kami setelah berhenti bekerja.

Memecahkan masalah aplikasi Jam ponsel Android Anda tidak mengharuskan Anda menjadi ahli teknis atau apa pun. Yang perlu Anda ketahui adalah pengaturan mana yang harus disesuaikan agar jam alarm Anda berfungsi dengan baik lagi.

Takeaway utama di sini adalah bahwa, biasanya, aplikasi Jam Anda tidak akan mengamuk karena alasan utama apa pun. Ini biasanya berarti Anda baru saja mengabaikan pengaturan kecil. Jaga itu, dan Anda harus baik-baik saja.

Source link

  • Bagikan
Positive SSL