8 Fitur iOS Terbaik Yang Belum Dimiliki Android

  • Bagikan
Capture 2021 10 13 11 11 13 676

Bingung antara perangkat iPhone atau Android? Berikut adalah fitur iOS terbaik yang masih belum bisa Anda dapatkan di Android.

Kebanyakan orang menganggap Android sebagai sistem operasi seluler yang lebih banyak fitur, tetapi meskipun itu benar sampai batas tertentu, Android masih tidak memiliki beberapa fitur yang Anda dapatkan di iOS. Faktanya, beberapa fitur yang hilang ini telah menjadi bagian integral dari iOS selama bertahun-tahun.

Jika Anda adalah seseorang yang berencana untuk beralih dari iPhone ke perangkat Android dalam waktu dekat, Anda perlu mengetahui fungsionalitas perangkat lunak yang akan Anda lewatkan. Di sini, kita akan melihat fitur iOS terbaik yang masih belum dimiliki perangkat Android.

AirPlay

AirPlay adalah salah satu fitur terbesar yang masih belum dimiliki perangkat Android. Karena AirPlay adalah protokol kepatutan yang dikembangkan Apple, kami tidak mengharapkannya untuk datang ke Android.

Meskipun beberapa aplikasi pihak ketiga di Google Play Store memungkinkan Anda mengalirkan konten audio dan video secara nirkabel dari ponsel cerdas Anda, tidak ada yang mendekati solusi bawaan ini. Inilah sebabnya mengapa kami ingin Google memecahkan kode dan menghadirkan fungsionalitas serupa ke perangkat Android secara asli.

Kembali pada tahun 2020, Google berhasil menghadirkan fungsionalitas seperti AirDrop, yang disebut Nearby Share, ke perangkat Android 11. Jadi, kami tidak akan terkejut jika perusahaan sedang mengerjakan sesuatu yang mirip dengan AirPlay untuk platform Android.

FaceTime

FaceTime adalah layanan panggilan video Apple yang hadir di perangkat iOS, iPadOS, dan macOS. Berkat kesederhanaan dan fungsionalitasnya yang mulus, FaceTime sangat populer di kalangan pengguna Apple.

Sisi baiknya, pengguna Android akhirnya dapat bergabung dengan panggilan FaceTime dari perangkat mereka berkat fungsionalitas FaceTime di web iOS 15, tetapi Anda masih memerlukan teman dengan perangkat Apple untuk benar-benar memulai panggilan dan membagikan tautan dengan Anda.

Perangkat Android memiliki akses ke fitur panggilan video bawaan serupa dalam bentuk Google Duo, tetapi tidak sepopuler itu karena sebagian besar pengguna mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk panggilan video. Oleh karena itu, kami berharap Apple akan membawa aplikasi FaceTime ke perangkat Android di beberapa titik di masa mendatang.

Drag dan Drop atau Seret dan Jatuhkan

Seret dan lepas adalah fitur yang dimiliki perangkat iOS selama beberapa tahun, tetapi dengan pembaruan perangkat lunak iOS 15 baru-baru ini, seret dan lepas sekarang berfungsi di seluruh sistem. Anda dapat menyeret konten dari satu aplikasi dan menjatuhkannya ke aplikasi lain untuk menggantikan tindakan salin dan tempel. Ini berfungsi lebih baik di iPadOS dengan Split View dan Slide Over.

Apple telah berhasil melakukan drag and drop yang sempurna selama bertahun-tahun, tetapi sayangnya, bahkan pembaruan Android 12 terbaru tidak menawarkan fungsi ini, yang cukup mengecewakan.

Offloading  Aplikasi

Offloading aplikasi adalah cara unik untuk menghemat penyimpanan di iPhone Anda. Apple memungkinkan pengguna iOS untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan sambil menjaga file dan data mereka tetap utuh, sehingga Anda tidak perlu memulai dari awal lagi saat Anda menginstalnya lagi. Anda dapat menghemat gigabyte ruang penyimpanan dengan mengatur iPhone untuk Offloading aplikasi yang tidak digunakan secara otomatis.

Sayangnya, pengguna Android tidak memiliki akses ke fitur serupa dan, oleh karena itu, mereka perlu mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk mengosongkan ruang dengan cepat di perangkat mereka.

Pemeriksaan Kesehatan Baterai

Beberapa tahun yang lalu, Apple mendapat masalah karena sengaja memperlambat iPhone-nya untuk mengimbangi penurunan daya baterai. Tak lama setelah reaksi publik, perusahaan memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna iOS untuk dengan mudah memeriksa kesehatan baterai iPhone mereka. Ketika kesehatan baterai turun di bawah 80%, iOS meminta pengguna untuk memperbaiki atau mengganti baterai mereka.

Tidak ada cara bawaan untuk memeriksa kesehatan baterai perangkat Android, tetapi Anda memiliki opsi lain, yang mencakup aplikasi pihak ketiga yang memberi Anda informasi tambahan tentang baterai.

Fitur Privasi iCloud+

Apple sangat ketat tentang privasi pengguna di seluruh perangkatnya dan, seiring waktu, Apple telah membuat beberapa perubahan pada iOS dan App Store untuk meningkatkan keamanan. Bersamaan dengan iOS 15, Apple memperkenalkan layanan iCloud+ baru, yang memperkenalkan dua fitur berorientasi privasi baru.

Yang pertama adalah Private Relay, layanan seperti VPN yang memungkinkan Anda menutupi alamat IP Anda yang sebenarnya saat menjelajah di Safari. Yang lainnya adalah Sembunyikan Email Saya, yang memungkinkan Anda menggunakan alamat email acak saat mendaftar ke situs web. Alamat acak ini akan meneruskan semua email yang diterimanya ke kotak masuk pribadi Anda secara otomatis.

Google belum memiliki fitur serupa untuk perangkat Android-nya dan, akibatnya, pengguna harus bergantung pada alternatif pihak ketiga seperti VPN untuk saat ini.

Dibagikan Dengan Anda di Pesan

Apple telah menguasai seni memisahkan konten yang Anda terima di aplikasi Pesan dengan pembaruan iOS 15. Dibagikan dengan Anda bekerja sama dengan aplikasi stok Apple dan menempatkan konten bersama di tempatnya, sehingga siap untuk Anda saat Anda meluncurkan aplikasi yang relevan.

Misalnya, katakanlah teman Anda membagikan tautan ke halaman web. Lain kali Anda meluncurkan Safari, tautan khusus ini akan muncul di bawah bagian Dibagikan dengan Anda di halaman awal Anda.

Google belum menemukan cara untuk mengintegrasikan konten secara cerdas dengan aplikasi Pesan bawaannya dan, oleh karena itu, Anda harus menggulir secara manual dan menemukan konten yang dibagikan kontak Anda dengan Anda.

Mode Fokus

Baik Android dan iOS memiliki mode Jangan Ganggu, tetapi Apple meningkatkannya dengan mode Fokus di iOS 15. Tidak seperti fitur Jangan Ganggu biasa yang biasa digunakan kebanyakan orang, Fokus memungkinkan Anda membuat profil khusus untuk mencocokkan aktivitas Anda di seluruh hari. Anda kemudian dapat memilih kontak dan aplikasi yang ingin Anda filter notifikasinya.

Bagian terbaik tentang Focus adalah Anda dapat mengatur iPhone untuk mengaktifkan profil secara otomatis berdasarkan waktu, lokasi, atau bahkan aplikasi yang Anda gunakan untuk alur kerja Anda. Anda bahkan dapat mengatur halaman beranda khusus untuk mode Fokus untuk pengalaman yang lengkap. Dan, tentu saja, fitur ini disinkronkan di semua perangkat Apple Anda melalui iCloud.

Di sisi lain, mode Jangan Ganggu Android cukup mendasar dalam fungsionalitas, tidak menawarkan aktivasi berbasis aplikasi atau beberapa profil. Google memang menawarkan mode Fokus, tetapi bekerja secara berbeda dan membatasi Anda untuk memfilter notifikasi aplikasi saat diaktifkan.

Masih Belum Ada Pemenang Yang Jelas Antara iOS dan Android

Perbandingan antara iOS dan Android telah berlangsung selamanya, tetapi Anda dapat dengan aman mengatakan tidak ada pemenang yang jelas hingga hari ini. Tentu, iOS bertindak lebih seperti taman bertembok, sedangkan Android umumnya lebih terbuka dan penuh fitur, tetapi Apple masih berhasil menonjol dengan serangkaian fitur unik di atas yang bekerja dengan mulus di seluruh perangkatnya.

Pada akhirnya, perangkat lunak saja bukanlah faktor penentu bagi kebanyakan orang, itulah sebabnya Anda perlu membandingkan iPhone top-of-the-line dengan flagships Android terbaru untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang hal ini. Meskipun kami menyukai kedua sistem operasi, perangkat keras yang Anda pilih dapat sangat menentukan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Source link

  • Bagikan
Positive SSL