7 Cara mengembalikan Ikon Desktop Yang Hilang di Windows

  • Bagikan
Capture 2021 10 14 09 14 01 814

Apakah ikon Anda menghilang tanpa tanda? Berikut cara memperbaiki ikon desktop yang hilang di Windows.

Meskipun ada peningkatan dalam GUI dan pembaruan rutin, Anda mungkin masih menemukan berbagai masalah di Windows. Dan salah satu masalah yang paling membuat frustrasi yang dapat Anda temui adalah ketika Anda tidak melihat ikon di desktop Anda seolah-olah mereka telah hilang sama sekali.

Anda dapat dengan mudah mengakses berbagai aplikasi dan program dengan menyimpan pintasan di desktop Anda. Jadi, membawa mereka kembali sangat penting. Berikut adalah beberapa cara untuk mengembalikan ikon desktop yang hilang di Windows.

Cara Mengembalikan Ikon Desktop Yang Hilang di Windows

Jika Anda menghadapi masalah ini untuk pertama kalinya, memulai ulang komputer dapat menyelesaikannya. Namun, jika Anda melihat bahwa ini adalah kejadian yang sedang berlangsung, Anda harus menerapkan perbaikan di bawah ini untuk memastikan masalah hilang untuk selamanya.

Mengaktifkan Ikon Desktop di View Menu

Windows 10 memiliki opsi yang menyembunyikan semua ikon desktop Anda sekaligus. Anda dapat mengaktifkan opsi ini melalui menu klik kanan di desktop, jadi Anda mungkin secara tidak sadar telah mematikan pengaturan ini sendiri. Atau, program atau PUP yang baru saja diinstal mungkin telah mematikannya.

Untuk mengaktifkan kembali pengaturan ini, klik kanan di mana saja pada desktop Windows dan arahkan kursor ke View. Di menu yang muncul, cari tanda centang di sebelah Show desktop icons. Jika Anda melihatnya, itu berarti Windows sedang mencoba menampilkan ikon seperti biasa, yang berarti masalahnya ada di tempat lain.

Namun, jika Anda tidak melihat tanda centang, klik Show desktop icons dan ikon Anda akan muncul kembali. Mungkin perlu beberapa saat bagi mereka untuk melakukannya pada PC yang lambat.

Matikan Mode Tablet di Windows

Microsoft Windows 10 memiliki mode tablet yang memungkinkan pengguna dengan perangkat berkemampuan sentuh menggunakan laptop mereka sebagai tablet. Anda dapat beralih di antara dua antarmuka yang berbeda secara instan dengan satu ketukan. Ini berguna, tetapi dapat menyebabkan masalah dalam banyak kasus. Misalnya, ikon mungkin menghilang dari desktop Anda dalam mode tablet.

Berikut adalah bagaimana Anda dapat mematikan mode tablet untuk memastikan itu tidak menyebabkan masalah.

  • Buka Windows Settings dan arahkan ke System.
  • Untuk mengakses pengaturan tablet, ketuk Tablet di bilah sisi kiri.
  • Klik Change additional tablet settings.
  • Jika mode Tablet sudah aktif, matikan.

Anda dapat mencegah mode ini diluncurkan secara otomatis saat Anda mulai menggunakan perangkat Anda sebagai tablet dengan mengubah pengaturan When I use this device as a tablet ke Ask me before switching modes. Anda juga dapat mengatur Don’t switch to tablet mode di sini, tetapi Anda harus mengaktifkannya secara manual saat menggunakan tablet.

Jalankan Pemindaian SFC

Pemindaian SFC, juga dikenal sebagai pemindaian system file checker, adalah pemindaian populer di Windows yang menghapus file yang rusak dari sistem operasi Anda sebelum menggantinya dengan versi yang di-cache. Singkatnya, pemindaian membantu Anda memperbaiki semua file rusak yang menghambat kinerja sistem Anda.

Berikut adalah bagaimana Anda dapat menjalankannya:

  • Tekan tomol Windows + X untuk membuka menu.
  • Selanjutnya, navigasikan ke Windows PowerShell (Admin) dan ketuk di atasnya.
  • Untuk memberikan akses eksklusif, klik “Yes” pada prompt.
  • Sekarang ketik sfc /scannow dan tekan Enter (Ingat, ada spasi antara sfc dan /scannow)

Windows akan memakan waktu beberapa saat sebelum memulai pemindaian, dan mungkin perlu beberapa menit, tergantung pada jumlah data di sistem Anda. Jika pemindaian kembali bersih, komputer Anda akan melaporkan “Windows Resource Protection did not find any integrity violations.”

Namun, jika Anda melihat pesan, “Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them,” maka ada sesuatu yang salah yang telah diperbaiki sekarang.

Jelajahi apakah pemindaian ini membantu mengembalikan ikon desktop Anda. Kapan pun memungkinkan, jalankan pemindaian ini setiap beberapa minggu untuk memastikan tidak ada file korup sistem Anda yang tersembunyi.

Mulai Ulang Windows Explorer

Windows Explorer adalah alat navigasi yang memungkinkan kita mengakses file dan folder dengan mudah. Ada kalanya alat ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau menjadi lambat dan macet. Ini juga dapat menyebabkan ikon desktop Anda menghilang. Jadi, tidak ada salahnya untuk memulainya dengan awal yang baru. Berikut cara melakukannya.

Klik kiri pada bilah tugas dan arahkan ke Task Manager. Temukan Windows Explorer di daftar program yang sedang berjalan, lalu klik dan tekan Restart.

Jika memulai ulang Explorer tidak berhasil, saatnya memperbarui driver sistem Anda.

Perbarui Semua Driver yang Kedaluwarsa atau Lama

Anda dapat melewati langkah ini jika pembaruan otomatis Windows diaktifkan karena driver akan diperbarui secara otomatis dengan setiap pembaruan. Namun demikian, Anda dapat memperbarui driver tertentu secara manual di pengelola perangkat jika Anda ingin menonaktifkan pengaturan ini.

Buka kotak pencarian bilah tugas dan ketik Device Manager untuk memperbarui driver Windows. Pilih driver yang ingin Anda perbarui dan klik kiri padanya. Klik Update Driver, dan Windows akan memperbarui driver Anda.

Driver grafis yang ketinggalan zaman dapat langsung menyebabkan ikon desktop menghilang di Windows. Sebelum memperbarui driver lain, perbarui yang ini terlebih dahulu. Driver grafis mungkin diberi nama berbeda tergantung pada perangkat apa yang Anda gunakan.

Perbarui Windows Anda

Versi Windows yang kedaluwarsa juga dapat menyebabkan hilangnya ikon desktop. Meskipun Anda mungkin tidak ingin memperbarui Windows untuk menghindari bug, hal itu dapat mengatasi masalah ini. Dengan demikian, akan bermanfaat untuk memperbarui sistem.

Buka Windows Settings, lalu klik Update and Security. Selanjutnya, navigasikan ke Windows Update di bilah sisi kiri dan ketuk Check for updates. Windows akan menemukan dan mengunduh pembaruan terbaru untuk komputer Anda. Terakhir, restart komputer Anda untuk menerapkan pembaruan yang diinstal.

Ini hanya terjadi jika Anda menonaktifkan pengaturan pembaruan otomatis. Selalu pertahankan untuk menghindari masalah yang sama. Anda dapat melanjutkan pembaruan yang telah Anda jeda baru-baru ini dengan menavigasi ke Settings > Update and Security > Windows Update dan mengetuk Resume updates.

Lakukan Reset Pabrik Pada Sistem Anda

Jika tidak ada perbaikan di atas yang berfungsi, Anda dapat memilih opsi yang paling tidak diinginkan untuk memulihkan dan mengatur ulang pabrik komputer Anda. Reset komputer menghapus semua data Anda, mencopot pemasangan semua aplikasi Anda, dan mengembalikan pengaturan Anda ke versi sebelumnya.

Di sisi lain, memulihkannya lebih aman karena Anda mengembalikan komputer ke cadangan terbarunya, sehingga menyelesaikan semua masalah yang Anda alami.

Dapatkan Kembali Ikon Desktop Anda

Jika ikon desktop Anda hilang, sangat mudah untuk mendapatkannya kembali. Baik Anda hanya perlu mengeklik opsi atau melakukan pemindaian, ada banyak cara untuk menghidupkan kembali desktop Anda. Dan jika Anda akan segera meningkatkan ke Windows 11, ada baiknya untuk mempelajari cara menambahkan ikon ke desktop sehingga Anda dapat terus membuat sistem sempurna Anda.

Source link

  • Bagikan
Positive SSL