4 Cara Mengambil Screenshot di Windows 11

  • Bagikan
Capture 2021 10 15 08 46 39 456

Screenshot membantu Anda memahami topik yang kompleks dengan mudah. Berikut adalah empat cara untuk menangkap Screenshot di Windows 11.

Screenshot adalah bantuan yang berguna untuk menjelaskan topik yang kompleks. Seperti kata pepatah, sebuah gambar bernilai seribu kata. Dan kami di MUO harus mengambil banyak Screenshot untuk memastikan artikel kami semudah mungkin untuk diikuti.

Apakah itu Screenshot  dari seluruh layar atau hanya klip layar dari area tertentu, Anda memiliki banyak opsi yang tersedia. Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai cara Anda dapat menangkap Screenshot di Windows 11.

Ambil Screenshot Windows 11 Dengan Snipping Tool

Alat Snipping adalah alat bawaan gratis yang pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 2002 sebagai PowerToy, satu set utilitas gratis yang ditujukan untuk pengguna listrik Windows. Program ringan dengan desain minimalis, ini adalah aplikasi bawaan terbaik jika Anda sedang terburu-buru dan ingin “memotong” Screenshot cepat dari area tertentu.

Untuk menangkap layar Anda dengan Snipping Tool, navigasikan ke bilah pencarian Start menu, ketik ‘snipping tool,’ dan pilih yang paling cocok.

Aplikasi alat Snipping akan diluncurkan. Sekarang klik New, dan Anda akan dibawa ke hamparan Screenshot.

Di bagian atas hamparan alat Snipping, Anda akan melihat berbagai cara untuk menangkap Screenshot Anda: Rectangle Snip, Freeform Snip, Window Snip, Fullscreen Snip, dan banyak lagi.

Pilih metode Screenshot pilihan Anda, pilih area yang ingin Anda tangkap, dan lepaskan kursor. Screenshot Anda akan berhasil ditangkap.

Di layar utama aplikasi, Anda juga memiliki fitur untuk menunda Screenshot. Arahkan ke Time before snip option (ikon jam), klik No delay, dan Anda akan mendapatkan drop-down dari berbagai opsi untuk dipilih.

Gunakan Pintasan Keyboard

Jika Anda tidak ingin mem-boot alat setiap kali Anda ingin mengambil Screenshot, coba salah satu pintasan keyboard ini untuk waktu yang lebih cepat.

Ambil Screenshot Dengan Kunci PrtSc

Jika Anda ingin Screenshot yang cepat dan mudah, tekan tombol PrtSc. Itu saja klip layar dari seluruh Windows 11 Anda akan diambil. Namun, perhatikan bahwa PrtSc hanya akan menangkap dan menyimpan gambar di clipboard, alih-alih menyimpannya sebagai gambar Screenshot PNG.

Metode ini berguna jika Anda ingin melampirkan gambar Screenshot dalam email, atau, jika Anda ingin mengedit gambar terlebih dahulu sebelum menyimpannya.

Dan ketika Anda ingin mengonversi gambar ini menjadi Screenshot yang tepat, pertama-tama Anda harus membuka aplikasi pengeditan gambar, menempelkan Screenshot di sana, lalu menyimpannya.

Ambil Screenshot Dengan Tombol Windows + PrtSc

Gunakan pintasan ini saat Anda ingin menyaring klip seluruh layar Windows 11. Cukup tekan tombol Windows bersama dengan PrtSc, dan seperti semua Screenshot Windows, setelah selesai, Anda akan menemukan Screenshot disimpan di folder Pictures, di dalam folder Screenshots.

Gunakan Alt + PrtSc Untuk Menangkap Jendela Saat Ini

Jika Anda adalah seseorang yang suka membuka banyak tab dan program di layar Anda, metode memotong seluruh layar di atas mungkin bukan metode yang cocok untuk Anda. Tidak jika Anda mencari efek khusus itu sendiri, setidaknya.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan pintasan Alt + PrtSc. Sayangnya, Anda hanya akan mendapatkan Screenshot dari Jendela yang aktif, alih-alih membuka banyak tab di layar Anda.

Ambil Screenshot Dengan Xbox Game Bar

Xbox Game Bar adalah alat gratis lain dari Microsoft, diperkenalkan kembali pada tahun 2016 bersama dengan pembaruan Vista.

Meskipun Microsoft awalnya memperkenalkan alat untuk membantu para gamer merekam permainan mereka, mereka juga menambahkan kelangkaan fitur tambahan di dalamnya, termasuk kemampuan Screenshot.

Untuk memulai, tekan tombol Windows + G. Ini akan membuka overlay Game Bar di layar Anda. Atau, Anda juga dapat mengetik ‘bilah permainan’ di bilah pencarian Start menu dan pilih yang paling cocok dari sana.

Dari sana, navigasikan ke bagian Capture di sudut kiri atas dan klik opsi Take screenshot (ikon kamera); Screenshot Anda akan diambil, dan Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan di sisi kanan layar Anda, yang menunjukkan hal yang sama.

Secara default, Screenshot akan disimpan ke folder Video/Captures.

Ambil Screenshot Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Sebagus alat Screenshot bawaan Windows, terkadang, bagus saja tidak cukup. Untungnya, tidak ada kekurangan opsi pihak ketiga yang praktis untuk pengguna Windows. Di sini, kami akan fokus pada dua aplikasi sumber terbuka: ShareX dan GIMP.

ShareX

ShareX pertama kali dirilis pada Oktober 2007 sebagai alat Screenshot sumber terbuka dan gratis untuk komputer Windows. Sejak itu, popularitasnya perlahan dan mantap meningkat. Faktanya, kami bahkan telah membahasnya di artikel aplikasi Screenshot Windows terbaik kami beberapa waktu lalu.

Kami telah membahas fitur-fiturnya secara panjang lebar dalam panduan di atas, jadi di sini kami hanya akan tetap menyiapkan aplikasi dan mengambil Screenshot pertama Anda dengannya.

Pertama, buka situs resmi ShareX, unduh dan instal aplikasi dari sana.

Saat Anda meluncurkan aplikasi, Anda akan menemukan pintasan berbeda yang akan menyaring klip komputer Anda di menu utama, sesuai pilihan dan persyaratan Anda.

Di sisi kiri, Anda akan menemukan beberapa pengaturan untuk dicoba. Misalnya, jika Anda mengklik Tools, Anda akan menemukan banyak opsi pengeditan untuk dipilih: Pemilih warna, Pemilih warna layar, Editor gambar, dll.

Demikian pula, ada opsi After capture tasks, yang memungkinkan Anda mengatur hal-hal yang ingin Anda lakukan dengan Screenshot setelah diambil.

Apakah Anda ingin menyimpan file, atau Anda lebih suka menyimpannya di papan klip? Atau, alih-alih menyimpannya sama sekali, mungkin Anda ingin membuka gambar di editor saja?

Anda dapat melakukan semua ini, dan banyak lagi, langsung dari menu utama ShareX.

GIMP

Program Manipulasi Gambar GNU, kependekan dari GIMP, adalah aplikasi sumber terbuka gratis lainnya yang dapat membantu Anda mengambil Screenshot di Windows 11. Meskipun, karena fitur-fitur canggihnya yang dapat dibuktikan, sering disebut-sebut sebagai alat pengeditan, Anda tidak dapat melakukannya salah dengan mengaturnya sebagai metode Screenshot default Anda, terutama jika pengeditan besar pada kebutuhan Anda.

Untuk memulai dengan GIMP, buka bagian unduhan GIMP untuk mengunduh dan menginstal aplikasi.
  • Sekarang luncurkan aplikasi dan dari menu utama, navigasikan ke File > Create > Screenshot.
  • Di jendela berikutnya, pilih pengaturan yang ingin Anda gunakan dan klik Snap.

Juga, pastikan Anda telah menunda Screenshot hanya beberapa detik. Ini memungkinkan Anda mengganti layar dan membuka jendela yang benar-benar ingin Anda tangkap; jika tidak, Anda akan mendapatkan Screenshot dari aplikasi GIMP itu sendiri.

Jika semuanya terlihat bagus, Anda dapat menyimpan Screenshot dari File > Export As, pilih lokasi, atur nama dan jenis gambar, dan klik Export. Screenshot Anda akan berhasil disimpan.

Mengambil Screenshot di Windows 11

Screenshot adalah bantuan yang berguna jika Anda harus menjelaskan topik yang sulit kepada audiens Anda. Baik itu beberapa kesalahan Windows, beberapa referensi untuk presentasi, atau yang serupa, tangkapan layar akan langsung memberikan gambar dari apa yang ingin Anda katakan, yang mungkin membutuhkan beberapa paragraf teks.

Source link

  • Bagikan
Positive SSL