Cara Shutdown Laptop dengan Pintasan Keyboard Supaya Bisa Lebih Praktis

  • Bagikan
Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard Header

Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Cakrawalarafflesia – Mematikan daya laptop bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kita bahkan bisa menggunakan berbagai macam cara yang tersedia di perangkat sesuai dengan kebutuhan untuk melakukannya.

Di laptop berbasis Microsoft Windows 10 misalnya, kita bisa melakukan hal itu dengan membuka Start Menu menggunakan tombol Windows (Start) kemudian memilih menu Power (ikon IO) lalu mengeklik opsi Shut down.

Dengan begitu, sistem Windows nanti akan menutup seluruh aplikasi yang masih terbuka secara otomatis lalu kemudian memutus sambungan daya dari baterai ke berbagai macam komponen di dalam perangkat sampai benar-benar aman.

Cara konvensional ini sayangnya hanya berlaku ketika mouse, touch pad, maupun touch screen bekerja normal. Padahal dalam beberapa kondisi ketiga komponen tersebut bisa saja rusak dan tidak dapat digunakan dengan baik.

Ketika hal itu terjadi, maka kita tentu perlu menempuh jalur lain untuk mematikan laptop. Salah satu di antaranya menggunakan pintasan tombol pada keyboard yang notabene sebenarnya lebih cepat untuk diakses.

Baca Juga :  Dibekali Spesifikasi Menggiurkan, Ini Prediksi Harga Realme X9 Series

Masing-masing sistem operasi tentu menawarkan pintasan keyboard yang berbeda-beda dalam hal ini. Adapun untuk Windows 10 dan MacOS dapat digunakan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Shutdown Laptop Dengan Menggunakan Keyboard

Microsoft Windows 10

  1. Tutup atau kecilkan semua aplikasi yang masih terbuka dengan menekan Window+D
  2. Di layar utama (desktop), tekan tombol Alt dan F4 secara bersamaan
  3. Setelah jendela Shut Down Windows muncul, gunakan tombol anak panah pada keyboard untuk mengubah opsi ke Shut down
    Cara Shutdown Laptop Dengan Keyboard - Windows
  4. Jika sudah, akhiri dengan mengetuk tombol Enter

Laptop Windows nantinya akan melakukan Shut down seperti biasa jika sesuai dengan langkah-langkah tersebut. Kita kadang-kadang masih perlu mengkonfirmasi sejumlah tindakan seperti untuk menutup aplikasi yang masih terbuka supaya berhasil.

Selain menggunakan cara di atas, sebenarnya ada metode yang lebih kasar. Kita dalam hal ini bisa juga mematikan laptop berbasis Windows 10 dengan menekan tombol Power fisik yang menempel di bodi perangkat selama beberapa saat.

Baca Juga :  Cuma Rp 2 Jutaan! TV Android COOCAA S7G Resmi Masuk Pasar Indonesia

Metode kasar ini sering saya pakai saat komputer atau laptop tidak merespons alias hang. Namun tentu saja, kita hanya boleh memakainya saat kondisi darurat karena berisiko mempercepat kerusakan sejumlah komponen atau sistem akibat tidak dimatikan secara benar.

Mematikan laptop dengan pintasan keyboard atau cara konvensional tentu lebih aman untuk digunakan. Kita hanya perlu mempertimbangkan kondisi maupun langkah-langkah mana yang dirasa lebih mudah untuk digunakan.

Apple MacOS

  1. Tutup aplikasi dan pekerjaan
  2. Tekan bersama-sama tombol Control, Option, Command, dan Media Eject
  3. Konfirmasi untuk menyimpan pekerjaan jika sebelumnya ada yang terlewatkan

Untuk beberapa perangkat Mac, kita juga bisa menggunakan pintasan tombol Control, Option, Command, dan Power. Kita sayangnya hanya dapat memakai opsi ini untuk perangkat yang belum mendukung sensor Touch ID.

Mematikan laptop dengan pintasan keyboard atau cara konvensional tentu sama-sama aman untuk digunakan. Kita karenanya hanya perlu mempertimbangkan kondisi maupun langkah-langkah mana yang dirasa lebih mudah.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL