Ini 4 Tips Foto Produk Dengan Handphone untuk UMKM Tanpa Perlu Keluar Biaya Mahal

Membuat foto produk dengan handphone bukanlah sesuatu yang sulit di zaman sekarang. Bahkan dengan handphone yang tidak mahal seperti OPPO A16 pun kamu bisa membuat foto produk yang menarik.

Meyani Kristina Ningrum yang mana seorang O-Fans dan aktif mengadakan pelatihan foto produk untuk UMKM memberikan beberapa tips darinya untuk dapat menghasilkan foto produk yang menarik tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Kamu dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai penunjang dalam proses pemotretan produk.

Berkat foto-foto produk yang dihasilkan oleh Meyani dengan hanya menggunakan OPPO A16, ia bisa membantu UMKM dalam lebih jauh mempromosikan produk mereka dan meningkatkan omzet penjualan. Berikut adalah tips-tips darinya:

Manfaatkan Cahaya Natural

Pencahayaan adalah salah satu faktor penting dalam membuat foto produk yang menarik. Ini karena tanpa cahaya yang baik, produknya bisa terlihat gelap atau kurang berwarna. Cara paling mudah untuk mendapatkan cahaya yang bagus adalah dengan memanfaatkan cahaya natural dari matahari seperti melakukan foto di dekat pintu rumah atau di teras rumah.

Namun perlu dihindari ketika matahari sedang terik-teriknya. Ada baiknya memanfaatkan cahaya matahari di pagi hari atau sore hari. Jika produk membutuhkan pencahayaan tambahan, bisa menggunakan aluminium foil sebagai pemantul cahaya untuk menerangi bagian produk yang agak gelap.

Sudut Foto yang Pas

Agar produknya terlihat menarik, perlu diatur sudut pengambilan fotonya. Cara paling mudah untuk melakukan hal ini dengan baik adalah dengan mengamati foto-foto produk yang sudah ada di Internet untuk dijadikan inspirasi bagaimana baiknya sudut pengambilan foto.

Buat Konsep yang Tematik

Untuk menambah nilai sebuah foto produk ada baiknya membuat konsep yang tematik selaras dengan produknya. Misal jika produk yang kamu foto adalah nasi bungkus, bisa dibuat tema foto pedesaan untuk menonjolkan karakteristik produknya atau menggunakan barang-barang sekitar yang memiliki warna yang selaras untuk dijadikan aksesoris foto.

Gunakan Aplikasi Editing Foto Gratis

Foto yang sudah dipotret perlu diedit terlebih dahulu sebelum dipublikasikan agar fotonya terlihat semakin menarik. Untungnya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakan aplikasi editing foto.

Ada beberapa aplikasi yang gratis untuk digunakan misalnya aplikasi Lightroom untuk mengedit foto. Dengan Lightroom, foto produk bisa dibuat lebih terang atau disesuaikan warnanya agar mendekati aslinya. Cara paling mudah adalah dengan menempatkan produk aslinya di dekat kamu sembari mengedit fotonya agar mudah menyamakannya.

Ada juga aplikasi web remove.bg untuk menghilangkan latar foto untuk kemudian diedit dan Canva untuk membuat desain foto. Enaknya jika menggunakan website adalah tidak membebani penyimpanan internal handphone.

gadget trend

Cakrawala Rafflesia
Exit mobile version