Doa Qurani yang Bisa Bantu Ringankan Beban Hidup

  • Bagikan

Terdapat doa dalam Alquran permintaan diringankan beban hidup

Surat Al Baqarah yang terdapat dalam Alquran  memiliki banyak keutamaan. Surat kedua dalam Alquran  ini memiliki arti sapi betina.

Dalam surat Al Baqarah terdapat 286 ayat dan tergolong surah Madaniyah atau surat yang diturunkan di Madinah.

Salah satu keutamaan mengamalkan surat Al Baqarah adalah sebagai ikhtiar untuk memohon kepada Allah agar beban dan kesulitan hidup terurai. Bahkan, dalam surat ini terdapat ayat yang berisi doa untuk tujuan tersebut.

Dalam buku Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an terbitan Rene Islam, Muhammad Zaairul Haq telah menjelaskan cara pengalamannya agar terlepas dari beban hidup.

Menurut dia, orang yang ingin mengamalkannya harus membaca ayat ini sebanyak mungkin secara istiqamah. Berikut ayatnya:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Baca Juga :  Doa Di Akhir dan Awal Tahun dalam Islam

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS Al Baqarah 286).

Baca Juga :  Doa Mengawali Hari, Mengharap Keberkahan Sepanjang Hari

Selain itu, menurut Zaairul, di dalam surat Al Baqarah juga terdapat satu ayat yang dapat dijadikan doa untuk memohon keteguhan hati. Cara pengamalannya adalah dengan membaca ayat ini sebanyak-banyaknya, disertai niai berdoa kepada Allah SWT. Berikut ayat yang dimaksud tersebut:

وَلَمَّا بَرَزُوْا لِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ قَالُوْا رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

“Dan ketika mereka maju melawan Jalut dan tentaranya, mereka berdoa, “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS Al Baqarah 250)

Source link

  • Bagikan
Positive SSL