Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10 – Tak Cuma Sekedar Upgrade Chipset

  • Bagikan
Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 Header

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 Header

Cakrawalarafflesia – Lini Redmi memang selalu menarik untuk dilirik saat akan mencari perangkat baru karena menawarkan spesifikasi di atas rata-rata. Xiaomi Redmi 10 yang belum lama meluncur pun demikian.

Redmi 10 merupakan perangkat yang dibanderol dengan harga di kisaran Rp 2 juta. Kita dapat memboyongnya jika memerlukan handphone yang mampu memenuhi hampir semua jenis kebutuhan dan aktivitas.

Handphone besutan Xiaomi ini sayangnya mempunyai beberapa kekurangan yang bakal membuatnya menjadi kurang pas bagi sebagian orang. Kita tentunya perlu mempertimbangkan hal tersebut jika benar-benar ingin memboyongnya.

Meskipun begitu, kelebihan dari Redmi 10 secara umum tentu lebih banyak dibandingkan dengan kekurangannya. Kita pun tetap akan memiliki handphone dengan kemampuan di atas rata-rata saat membelinya.

Adapun supaya lebih mudah ketika sedang mempertimbangkannya, berikut rincian mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi 10 berdasarkan spesifikasi teknis yang diusung oleh perangkat.

Kelebihan dan Kekurangan  Redmi 10

Kelebihan Redmi 10

Redmi 10 menjadi salah satu handphone yang meluncur dengan MediaTek Helio G88. SoC yang tergolong baru ini tercatat membawa sejumlah upgrade dari generasi sebelumnya mulai dari dukungan layar hingga kamera.

Berkat SoC tersebut, handphone yang dibanderol dengan harga normal mulai dari Rp 2.099.000 ini misalnya mampu mengemas layar dengan refresh rate hingga 90Hz. Kita yang ingin mendapatkan tampilan animasi lebih mulus tentu perlu mempertimbangkannya.

Baca Juga :  Tiket Wisata Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos Laku Rp 398 Miliar

Teknologi itu apalagi sudah disandingkan dengan AdaptiveSync sehingga kita tak perlu cemas baterai handphone akan cepat habis. Fitur tersebut memungkinkan penyesuaian antara frame rate dengan konten yang tampil sehingga layar tidak perlu terus-menerus menyedot daya.

Layar Full HD+ (2400 x 1080 piksel) juga menjadi kelebihan yang tak boleh diremehkan. Di saat sejumlah handphone sekelasnya mulai memakai panel HD+, Redmi 10 turut memastikan bahwa tampilan gambar tetap jelas dan tajam dengan dukungan tersebut.

Warna Xiaomi Redmi 10

Garansi keamanan pada layar Redmi 10 juga terlihat baik. Meskipun bukan yang paling mumpuni, proteksi dari Corning Gorilla Glass 3 sudah cukup untuk menekan goresan-goresan kecil yang umumnya akan muncul jika tidak dibekali perlindungan apapun.

Helio G88 di sisi lain juga menawarkan opsi kamera yang lebih tinggi untuk Redmi 10. Jika Helio G85 yang merupakan saudaranya hanya mendukung konfigurasi lensa hingga 48MP, SoC yang lebih baru ini mampu mengakomodasi sampai 64MP meskipun pada handphone ini cuma 50MP.

Dukungan kamera dengan resolusi lensa lebih tinggi secara teknis bakal memberikan hasil citra yang lebih tajam. Kita pun akan memperoleh detail lebih baik dan tidak mudah pecah ketika perlu dipotong atau dicetak dalam ukuran sangat besar.

Baca Juga :  Ini Cara Instal Windows 11 Secara Gratis

Apalagi di sektor fotografi, Redmi 10 juga sudah menyematkan kamera sudut lebar 8MP yang terlihat memperoleh ulasan cukup lumayan. Satu tambahan tersebut memungkinkan handphone ini mampu menangani lebih banyak opsi pengambilan gambar dari perangkat sekelasnya yang secara umum hanya membawa tambahan makro atau kedalaman saja.

Kekurangan Redmi 10

Hilangnya dukungan NFC sudah menjadi hal wajar untuk handphone menengah ke bawah, termasuk juga pada Redmi 10. Jika memang benar-benar membutuhkan fitur tersebut, kita harus mencoba mempertimbangkan perangkat lain yang umumnya dibanderol lebih mahal.

Kamera depan Redmi 10 pun bukan yang terbaik di rentang harga Rp 2 jutaan. Kita yang membutuhkan hasil lebih tajam perlu mempertimbangkan dukungan lensa dengan resolusi yang lebih tinggi pada beberapa perangkat kompetitornya.

Sejumlah perangkat di rentang harga Rp 2 jutaan umumnya juga menjagokan baterai berkapasitas hingga 6.000mAh. Namun pada handphone buatan Xiaomi ini, kita hanya akan mendapati ukuran lebih kecil karena hanya membawa dukungan sebesar 5.000mAh.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL