Mengenal DisplayHDR VESA yang Jadi Standar Untuk Layar dan Monitor HDR

  • Bagikan
Mengenal HDR Vesa Header

Mengenal HDR Vesa - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Cakrawalarafflesia – Teknologi HDR (High Dynamic Range) yang memungkinkan kita menonton konten visual dengan tampilan terlihat lebih nyata kini mulai hadir pada bermacam perangkat seperti laptop maupun monitor.

Hanya saja untuk memastikan bahwa perangkat benar-benar mendukung teknologi tersebut atau tidak, kita perlu mengecek spesifikasi yang dimilikinya terlebih dahulu. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk melakukan hal itu adalah dengan melihat sertifikat DisplayHDR dari VESA.

Tanpa sertifikat ini, maka bisa dipastikan bahwa perangkat besar kemungkinan belum memenuhi standar yang semestinya. Namun tentu saja, ada beberapa perusahaan yang mungkin akan mengelabuhi kita dengan spesifikasi semu menggunakan label berlogo HDR juga.

Mengenal Standar DisplayHDR VESA

Dalam dunia industri, umumnya terdapat sebuah perusahaan atau organisasi yang bertugas mengatur sebuah standar untuk pemakaian teknologi pada sejumlah produk. VESA merupakan salah satu di antaranya.

VESA sendiri merupakan kepanjangan kata Video Electronics Standards Association. Organisasi nirlaba yang membawahi lebih dari 285 perusahaan tersebut secara khusus bertugas mendukung dan mengatur standar tampilan untuk komputer maupun perangkat elektronik lainnya.

Baca Juga :  Hasil, Jadwal, dan Klasemen Sementara MPL Indonesia Season 7 Minggu Keempat

DisplayHDR menjadi bagian dari standar yang mereka keluarkan. Tujuannya untuk memastikan bahwa produk tertentu dari sebuah perusahaan mampu menampilkan konten-konten HDR dengan lebih jelas dan terlihat nyata.

Untuk memenuhi standar khusus ini, produk terkait tentu harus memenuhi seluruh spesifikasi yang diterapkan. Logo DisplayHDR yang berfungsi sebagai penanda baru dapat disematkan dalam penjualan jika hal tersebut sudah tercapai.

Secara umum, ada dua jenis standar HDR dari VESA yang bisa kita temukan dalam berbagai macam produk di pasaran. Keduanya meliputi DisplayHDR untuk panel LCD dan DisplayHDR True Black untuk layar emisi (seperti OLED maupun AMOLED).

Tingkatkan Standar DisplayHDR dari VESA

Standar VESAPuncak Kecerahan Minimal (nit)Level Hitam Maksimal (nit)
DisplayHDR 4004000,4
DisplayHDR 5005000,1
DisplayHDR 6006000,1
DisplayHDR 100010000,05
DisplayHDR 140014000,02
DisplayHDR True Black 4004000,0005
DisplayHDR True Black 5005000,0005
DisplayHDR True Black 6006000,0005
Baca Juga :  Microsoft Minta Link Bocoran Windows 11 Dihapus

Semua standar mendukung rentang warna Wide Color Gamut (WCG) kecuali DisplayHDR 400 yang hanya sRGB. Selain itu, teknologi penyesuaian cahaya yang dipakai pun berbeda dimana DisplayHDR True Black pada level piksel, DisplayHDR 500 ke atas pada level zona, dan sisanya pada level layar.

Perlu diketahui, VESA secara tegas menyebutkan bahwa mereka belum mempunyai standar DisplayHDR 2000 meski beberapa produk sudah mengklaimnya dan memastikan belum akan memakainya selama belum ada pengumuman secara resmi.

Tingkatan standar ini tentu mempunyai dukungan yang berbeda-beda untuk berbagai macam kebutuhan. Preferensinya bisa kita sesuaikan berdasarkan skenario pemakaian dan aplikasi seperti bermain game, pembuatan konten, menonton film, hingga ilustrasi.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL