IndiHome dan Telkomsel Alami Gangguan! Ini Dia Penyebabnya!

  • Bagikan
Paket Internet Rumah Termurah Header

IndiHome Gangguan - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Cakrawalarafflesia – Berbagai macam aktivitas daring dapat terkendala saat layanan internet mengalami gangguan. Hal itulah yang mungkin kita alami selama beberapa hari ini jika memakai jaringan Telkom Group.

Layanan internet milik Telkom sejak hari Minggu tanggal 19 September 2021 kemarin memang sedang mengalami masalah. Kita yang memakai salah satu di antara IndiHome atau Telkomsel mungkin akan merasakan dampaknya.

Berdasarkan pemantauan Tim Cakrawalarafflesia, gangguan layanan tersebut akan terasa bagi kita yang tinggal di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua Barat. Namun tentunya tidak menutup kemungkinan melanda beberapa wilayah lain juga.

Penyebab IndiHome dan Telkomsel Mengalami Gangguan

Telkom yang diwakili oleh Pujo Pramono selaku Vice President Corporate Communication menyebutkan bahwa masalahnya kali ini berasal dari kesalahan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam – Pontianak.

Baca Juga :  Cara Cepat Reset Factory HP Xiaomi Tanpa Ribet Di Semua Series, Reset Hitungan Menit

Titik sumber gangguan tersebut tepatnya teridentifikasi berada pada sekitar 1,5 km lepas pantai Batam di kedalaman 20 meter. Telkom sendiri sudah mulai mengupayakan perbaikan infrastruktur supaya jaringan internet miliknya berangsur pulih.

Yang cukup disayangkan, hingga artikel ini diturunkan belum ada kepastian kapan perbaikan untuk gangguan tersebut akan berakhir. Namun sebagai solusi, Telkom sekarang ini akan mengalihkan jalur internet (rerouting) dan menambah kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia.

Meskipun begitu, gangguan internet kemungkinan masih akan kita alami di jaringan Telkomsel maupun IndiHome. Proses pengalihan maupun penambahan kapasitas tentu memerlukan proses yang memakan waktu dan sumber daya.

Sebagian di antara kita bahkan akan mengalami penurunan kualitas selama perbaikan di titik gangguan belum selesai. Meskipun di sisi lain, beberapa pelanggan pasti sudah merasa internetnya kembali seperti semula.

Baca Juga :  Lebih Elegan! Xiaomi Redmi Note 10 5G Punya Warna Baru Chrome Silver

Cara Mengatasi Gangguan IndiHome dan Telkomsel

Untuk masalah internet IndiHome maupun Telkomsel kali ini, kita sayangnya tidak bisa berbuat apa-apa. Kerusakan di sisi infrastruktur kabel laut tentu membutuhkan perbaikan yang hanya bisa dilakukan oleh Telkom secara langsung.

Jika mempunyai pekerjaan atau aktivitas daring yang belum terselesaikan, maka ada baiknya untuk melirik kartu seluler seperti Indosat maupun XL. Kita pun juga bisa nebeng ke Wi-Fi orang lain yang menggunakan jaringan internet rumah selain IndiHome.

Sesekali jangan lupa untuk mengecek apakah jaringan IndiHome maupun Telkomsel sudah bisa digunakan atau belum karena tidak ada pernyataan pasti kapan masalah tersebut akan terselesaikan. Namun kita tak perlu khawatir, pengalihan maupun penambahan kapasitas yang dilakukan Telkom tentu bisa rampung lebih cepat dan menjadi solusi sementara.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL