PPM Produktif Magister Bahasa Unsri Ujicoba Produk di SMKN 6 Palembang – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
pp


cakrawalarafflesia – Kamis, 16 September 2021 Tim Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Produktif Magister Bahasa FKIP UNSRI yang diketuai oleh Dr. Rita Inderawati, M.Pd. mengujicobakan produk draf bahan ajar di SMKN 6 Palembang secara daring. Sebanyak 46 peserta dan Tim PPM mengamati secara langsung melalui platform Zoom.

Produk bahan ajar berupa teks naratif dan deskriptif dikembangkan berdasarkan budaya lokal Sumatera Selatan oleh guru bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia SMK kota Palembang. Data dan informasi mengenai budaya lokal tersebut telah disiapkan oleh Tim PPM, lalu setiap guru mengembangkan satu teks beserta pertanyaan-pertanyaan dan kunci jawabannya.Kegiatan uji coba ini merupakan rangkaian pengembangan bahan ajar yang dihasilkan oleh peserta dan dibuat berdasarkan kemampuan serta informasi yang disampaikan para narasumber pelatihan yang diselenggarakan dalam rangka PPM Produktif yang berlangsung sejak tanggal 9 September 2021.

Sebelum melakukan uji coba, Tim PPM Produktif melakukan validasi draf bahan ajar. Setelah selesai melakukan validasi, barulah diujicobakan yaitu pelaksanaan One to One dan Small Group evaluation.

One to One dilakukan pada 3 orang peserta didik dan Small Group evaluation dilakukan pada 9 orang peserta didik kelas XI TK 1 Program Keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri 6 Palembang didampingi oleh Neni Fitriani, M.Pd. dan Dewi Widiyanti, M.Pd. (guru bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia). Peserta didik yang dipilih mewakili peserta didik dengan kemampuan akademik rendah, sedang dan tinggi. Selama proses evaluasi peserta didik tidak mengalami hambatan. Uji coba dilakukan untuk kepentingan perbaikan dan evaluasi bahan ajar sehingga bahan ajar dapat menjadi lebih baik lagi. Uji coba perorangan dilakukan satu per satu kepada peserta didik. Pada tahap uji coba perorangan, peserta didik mengamati dan memberi komentar tentang isi dan tampilan produk bahan ajar. Sementara itu, uji coba kelompok kecil dilakukan secara bersamaan, peserta didik diberikan angket terkait tanggapan penggunaan hasil pengembangan. Angket yang diberikan kepada peserta didik merupakan angket dengan skala likert.

Setelah melakukan kegiatan One to One dan Small Group evaluation, Tim Pengabdian dan peserta PPM Produktif melanjutkan kegiatan di hari keempat pada tanggal  18 September 2021 dengan Pelaksanaan Field Test di SMK Negeri 6 Palembang. Kegiatan pun dilakukan secara daring. Pelaksanaan Field Test  ini dilaksanakan berdasarkan hasil revisi dari uji coba sebelumnya pada One to One dan  Small Group Evaluation. “Kegiatan field test ini diikuti oleh siswa  yang  tidak ikut di kegiatan One to One dan Small Group evaluation”. Ujar ketua PPM Produktif. Selama pelaksanaan Field Test, peserta didik didampingi langsung oleh guru yang sama saat melaksanakan uji validitas dan uji kepraktisan

Baca Juga :  Vaksinasi di Palembang, Cukup Bawa KTP – cakrawalarafflesia

Setelah selesai dilaksanakan Field Test, kegiatan diakhiri dengan merivisi draf bahan ajar. Kegiatan revisi dibimbing langsung oleh dosen pendidikan Bahasa FKIP Unsri. Selain itu, peserta juga melakukan revisi mandiri terhadap materi bahan ajar yang telah dibuatnya (AM/RI).

Baca Juga :  Kebakaran Gedung Disdik Kota Bekasi Diduga Akibat Korsleting





Melansir Sumeks co

  • Bagikan
Positive SSL