Kenapa PeduliLindungi Melacak Lokasi Secara Terus-Menerus?

  • Bagikan
PeduliLindungi Apps Logo

Kenapa PeduliLindungi Melacak Lokasi Secara Terus Menerus Header

Cakrawalarafflesia – Aplikasi PeduliLindungi kini telah menjadi syarat untuk melakukan berbagai macam aktivitas publik di masa pandemi mulai dari masuk ke pusat perbelanjaan hingga naik kendaraan umum.

Kita yang ingin lebih leluasa dalam beraktivitas tentu perlu segera mengunduhnya pada perangkat keseharian kemudian masuk ke dalam layanan PeduliLindungi. Bagi yang belum tahu, aplikasi milik pemerintah ini sudah tersedia di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Namun tentu saja aplikasi ini hanya sebagai perantara karena yang utama merupakan data yang ditampilkan di dalamnya. Kita tetap perlu melakukan serangkaian vaksinasi sesuai ketentuan yang kemudian dapat dibuktikan lewat sertifikat khusus.

Untuk dapat memakai aplikasi ini, kita sayangnya harus mengaktifkan fitur lokasi sepanjang waktu yang pastinya secara tidak langsung akan membuat pemakaian daya menjadi lebih boros. Baterai handphone pun bakal cepat habis meskipun tidak digunakan secara intensif.

Baca Juga :  China Akan Kirim 23 Roket Raksasa ke Antariksa untuk Hadang Asteroid Penghancur Bumi

Sebagai aplikasi pemantau persebaran virus COVID-19, PeduliLindungi tentu saja membutuhkan hal tersebut. Maka dari itu ada alasan kenapa kita perlu memberikan akses kepada layanan agar dapat terus-menerus melacak lokasi handphone.

Kenapa Aplikasi PeduliLindungi Melacak Lokasi Terus-Menerus?

Data lokasi memungkinkan PeduliLindungi menyediakan sejumlah fitur. Hanya saja, dukungan pelacakan memang perlu dilakukan sepanjang waktu karena beberapa di antaranya membutuhkan informasi tempat secara lebih akurat.

Contact Tracing menjadi salah satunya agar yang melakukan kontak dengan penderita COVID-19 dapat segera terdeteksi dan memberikan informasi mengenai prosedur apa saja yang perlu ditempuh sehingga aplikasi tentu memerlukan data lokasi secara real-time.

Belum lagi, aplikasi PeduliLindungi juga mempunyai fitur notifikasi jika kita memasuki keramaian atau berada di zona merah. Tanpa data lokasi yang akurat, layanan ini pasti akan kesulitan mengidentifikasi tempat kita berada sehingga dukungannya bisa jadi tak berjalan dengan semestinya.

Baca Juga :  Dikira Mati Kehabisan Darah, Anjing Ini Prank Pemiliknya

Informasi lokasi yang dikirimkan secara real-time juga memungkinkan layanan menampilkan statistik kasus COVID-19 di sekitar kita dengan lebih tepat. Kita pun dapat dengan mudah melihat di mana saja letak zona berisiko melalui data-data yang telah dihimpun dari pengguna lain.

Semua perizinan seperti melacak lokasi ini uniknya bisa dibatalkan sewaktu-waktu. Namun berdasarkan ketentuan layanan, fitur-fitur dari PeduliLindungi hanya dapat digunakan ketika aplikasi mendapat akses lokasi secara penuh kembali.

Menurut saya pribadi, kita tetap perlu mengaktifkan fitur lokasi untuk PeduliLindungi sepanjang waktu meski berisiko akan lebih cepat kehabisan daya. Selain penting untuk pemantauan persebaran pandemi, berbagai macam handphone masa kini pasalnya sudah didukung baterai berkapasitas besar dan ada banyak jenis powerbank yang bisa membantu jika memang masih dirasa kurang.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL