7 Cara Mengatasi Volume Rendah di Windows 10

  • Bagikan
Capture 2021 09 06 09 51 21 12

Berikut cara memperbaiki masalah volume rendah dan mengembalikan semuanya menjadi normal.

Gamer dan penggemar film sama-sama menginginkan suara terbaik mutlak dari komputer mereka setiap saat. Audio yang buruk cukup merusak seluruh pengalaman, masalah volume rendah Windows 10, yang tampaknya muncul entah dari mana.

Anda mungkin sudah memeriksa bilah volume pada aplikasi yang Anda gunakan dan taskbar, dan itu disetel ke maksimum. Jangan menyerah dulu. Coba perbaikan berikut untuk memperbaiki volume rendah di Windows.

Coba Perangkat Audio Yang Berbeda

Mari kita singkirkan masalah yang paling umum terlebih dahulu, yaitu perangkat audio Anda mungkin berada di kaki terakhirnya. Jika Anda memiliki lebih dari satu pasang earphone atau headphone di sekitar rumah, coba periksa apakah keduanya berfungsi dengan baik.

Baik Anda menggunakan speaker, earphone, atau headphone, coba perangkat lain dan lihat apakah Anda melihat perbedaan volume. Earphone khususnya cenderung aus bahkan dengan penggunaan yang lembut, jadi Anda mungkin ingin mengganti pasangan Anda untuk mengesampingkan earphone yang rusak.

Jika Anda menggunakan headphone dengan roda volume di suatu tempat di dekat mikrofon, pastikan itu disetel ke volume penuh. Terkadang, pengguna secara tidak sengaja memutar kemudi saat mereka bergerak sambil mengenakan headphone. Ini mengecilkan volume tanpa disadari oleh pengguna.

Periksa Volume Mixer

Windows memungkinkan Anda mengontrol volume untuk setiap aplikasi secara terpisah. Misalnya, jika Anda menonton video di YouTube dan pemutar media secara bersamaan, Anda dapat menggunakan pencampur volume untuk menurunkan volume peramban sehingga Anda dapat mendengar audio pemutar media dengan lebih baik.

Sangat mudah untuk melihat bagaimana ini bisa menjadi penyebab volume rendah tiba-tiba pada Windows. Jika Anda secara tidak sengaja menurunkan volume untuk aplikasi tertentu, Anda mungkin mendapati bahwa volumenya sangat rendah meskipun Anda telah menyetel volume perangkat ke maksimal.

Capture 2021 09 06 09 51 40 384%2B

Anda dapat memperbaikinya dengan membuka mixer volume dari ikon suara di bilah tugas. Klik kanan pada ikon suara dan pilih Open Volume Mixer. Anda akan melihat semua aplikasi yang sedang memutar media. Jika penggeser volume untuk salah satu aplikasi ini disetel lebih rendah dari yang seharusnya, tarik kembali ke atas dan ini akan memperbaiki masalah.

Jalankan Troubleshoot Audio

Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi masalah, inilah saatnya untuk mencari bantuan dari Windows. Untungnya, Windows memiliki banyak pemecah masalah bawaan untuk membantu Anda mengatasi berbagai masalah. Untuk menggunakan pemecah masalah audio, tekan tombol Windows + I dan arahkan ke Update & Security > Troubleshoot.

Pindah ke panel kanan dan klik Additional troubleshooters. Pilih Playing Audio dari daftar dan klik Run the troubleshooter. Ikuti petunjuknya dan lihat apakah Windows dapat menemukan solusi untuk Anda.

Aktifkan Pemerataan Kenyaringan (Loudness Equalization)

Pada titik ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan output volume untuk komputer Anda. Untungnya, ada cara mudah untuk melakukan ini.

Windows memiliki fitur bawaan yang disebut Loudness Equalization yang dapat meningkatkan output volume komputer Anda. Untuk mengaktifkan Loudness Equalization, klik kanan ikon suara di taskbar  dan pilih Sound. Beralih ke tab Playback devices dan cari perangkat audio default Anda.

Klik kanan pada perangkat default dan pilih Properties. Beralih ke tab Enhancements. Centang kotak di sebelah Loudness Equalization, dan tekan OK untuk menyimpan perubahan dan keluar.

Coba Gunakan VLC

Jika Anda mengalami masalah ini saat menggunakan pemutar media, pertimbangkan untuk menggunakan VLC. Di antara banyak fitur VLC adalah fitur yang memungkinkan pengguna meningkatkan volume hingga 300 persen. Sepertinya Anda tidak ingin menaikkan volume setinggi itu (demi telinga Anda), tetapi Anda memiliki opsi jika Anda mau.

Secara default, volume maksimum VLC diatur hingga 125 persen. Anda harus mengubah volume maksimum dari preferensi.

Luncurkan VLC dan klik Tools > Preferences. Di kiri bawah layar, pilih tombol radio di samping All untuk melihat semua pengaturan.

Capture 2021 09 06 09 52 10 190%2B

Dari panel kiri, navigasikan ke Main interfaces > Qt dan alihkan ke panel kanan. Gulir ke bawah ke Maximum Volume displayed dan ubah angka dari 125 menjadi 300.

Capture 2021 09 06 09 52 19 215%2B

Ini akan menaikkan volume cukup tinggi agar Anda dapat menikmati film Anda. Jika Anda menggunakan Netflix, coba perbaikan berikutnya.

Tambahkan Ekstensi Volume Booster

Jika Anda menggunakan Google Chrome (atau browser berbasis Chromium), Anda dapat menggunakan ekstensi browser Volume Booster untuk meningkatkan audio yang diputar di browser Anda.

Tambahkan ekstensi ke browser Anda dan buka video yang ingin Anda putar. Saat Anda berada di halaman video, klik ekstensi Volume Booster di ujung kanan atas browser, di sebelah bilah URL. Anda akan melihat pencarian kontrol volume. Ini memiliki zona merah di sebelah kanan, yang berarti Anda harus berhati-hati menyeret yang mencari sampai ke kanan kecuali telinga Anda tidak sayang kepada Anda.

Jika Anda streaming film atau komedi situasi online, ini akan bekerja dengan baik dalam membantu Anda menaikkan volume ke tingkat yang baik.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Capture 2021 09 06 09 53 29 224%2B

Untuk menggunakan program ini, unduh dan instal Equalizer APO. Luncurkan aplikasi dan itu akan terbuka secara otomatis di jendela Configurator. Check the boxes pada perangkat yang ingin Anda pasang equalizernya dan tekan OK.

Selanjutnya, navigasikan ke direktori tempat Anda menginstal Equalizer APO dan cari file teks bernama “config”. Buka dan hapus semua teks. Kemudian, tambahkan Preamp: +10 dB ke file teks, simpan, dan keluar. Perangkat audio pilihan Anda sekarang harus menikmati audio yang ditingkatkan.

Semua Keras dan Jelas

Mudah-mudahan, Anda sekarang dapat mendengarkan semuanya dengan keras dan jelas di PC Anda. Namun, jika Anda menginginkan pengalaman audio yang lebih baik, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli sepasang headphone yang layak. Spesifikasi headphone bisa rumit untuk dipahami, jadi pastikan untuk melakukan riset sebelum membeli.

Source link

  • Bagikan
Positive SSL