Backpacker ke Nusa Penida

  • Bagikan
Panduan Liburan Ke Nusa Penida Bali Feature Image

Sebagai #1 Top Backpacking Destination 2020, Nusa Penida adalah tempat wisata di Provinsi Bali yang sangat diminati oleh wisatawan, lokal maupun mancanegara. Maka nggak salah jika kamu  ingin berwisata ala backpacker ke Nusa Penida.

Kekayaan pariwisata yang ada di Pulau yang satu ini pasti bakalan berhasil membuat kamu kangen dan ingin kembali mengunjunginya. Maka dari itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana ngetrip sendiri ke Nusa Penida ala-ala backpacker.

Perjalanan ke Denpasar

Jika kamu ingin pergi ke Nusa Penida, maka kamu harus menuju ke Denpasar terlebih dahulu. Kamu bisa memilih jalur udara menuju ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Ataupun dengan jalur darat dengan menggunakan bus antar kota.

Semua tergantung budget yang kamu siapkan dan dimana asal daerah kamu berada. Di era modern ini, kamu busa cek harga transportasi itu dengan aplikasi pemesanan tiket transportasi via smartphone.

Hal yang perlu kamu siapkan di perjalanan awal ini adalah kesiapan mental dan fisik. Karena akan sangat melelahkan jika kamu berada jauh dari provinsi Bali. Seperti dari Jakarta atau kepulauan lain di Indonesia.

Menuju Ke Nusa Penida

Perlu kamu ketahui, ketika sudah sampai di Denpasar, kamu akan mendapati banyak wisata yang indah. Maklum, namanya saja Bali. Terserah kamu ingin menghabiskan berapa malam di Denpasar atau langsung menyebrang ke Nusa Penida.

Untuk menyebrang ke Nusa Penida, Kamu Bisa mengakses fastboot di Pelabuhan Pantai Sanur. Di pelabuhan ini, Kamu pasti akan menemui banyak calo ataupun orang yang menawarkan transportasi dan penginapan (homestay).

Namun kamu harus tahu, harga rata-rata fastboot untuk sekali jalan adalah Rp 100.000,- Maka jika mendapatkan harga di atas itu, lebih baik cari yang lainnya. Jika kamu tidak selektif, maka kamu akan ditipu oleh banyak calo di tempat ini.

Akan jauh lebih baik jika kamu menemukan transportasi seharga Rp 150.000,- untuk perjalanan pulang pergi. Jika takut kena apa-apa, kamu juga bisa membooking sebelum hari H pada agen tiket Fastboot.

Perjalanan dari Pelabuhan Pantai Sanur ke pulau Nusa Penida ini membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Dalam perjalanan ini, kamu akan mendapatkan panorama indah lautan dari yang mempesona.

Sewa Penginapan

Salah satu akomodasi yang paling penting ketika Kamu Backpacker ke Nusa Penida adalah sewa tempat penginapan. Tempat dimana Kamu rehat dan mengistirahatkan tubuh dari perjalanan yang panjang menuju Pulau Nusa Penida ini.

Sesampainya di Pelabuhan Toyapakeh, kamu bisa sewa motor menuju tempat penginapan Anda. Harga sewa motor ke tempat penginapan tidak begitu mahal kok, hanya berkisaran Rp 75.000,- per hari. Maka pastikan Kamu mencari penyewaan motor di kisaran harga segitu.

Kami rekomendasikan untuk booking penginapan sebelum kamu tiba di sana. Alasannya adalah agar kamu lebih gampang, tidak memikirkan akomodasi lagi ketika tiba di pulau Nusa Penida. Sehingga satu kebutuhan backpacker di pulau yang satu ini sudah terpenuhi.

Cara bookingnya pun gampang. Kamu bisa membuka aplikasi sejenis traveloka ataupun booking hotel dan penginapan lainnya. Kalau perlu, carilah rekomendasi di berbagai website untuk agar dapat memilih tempat penginapan yang tepat dan terbaik.

Terkait masalah harga, tentu menyesuaikan dengan durasi penyewaan dan berapa jumlah orang yang menyewa. Rata-rata harga sewa penginapan di Nusa Penida adalah Rp 150.000,- semalam untuk satu orang.

Tiket Masuk Wisata di Nusa Penida

Setelah nyaman tiba di tempat penginapan, kamu bisa langsung menuju ke beberapa spot wisata di Pulau Nusa Penida ini. Nah, apa saja tempat wisata yang keren di Pulau Nusa Penida ini? Check this up.

  1. Raja Lima, Bukit Atuh

Tahu nggak sih, di Pulau nusa Penida itu ada destinasi wisata yang mirip seperti Raja Ampat, namanya adalah Raja Lima. Tempat yang satu ini disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Bali. Memang sih, panorama dan pesonanya tidak kalah juga dengan Raja Ampat.

Jika belum puas, kamu bisa menyaksikan mata air yang tak pernah surut dan tidak asin. Spot wisata tersebut adalah salah satu keajaiban yang ada di pulau Nusa Penida ini. Untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5.000,-

  • Pasih Uug (Broken Beach)

Jika kamu hobi hunting foto, tempat yang satu ini sangat cocok kamu kunjungi. Kamu akan melihat betapa indahnya tebing yang ada di sekitar spot ini. Harga tiket masuk ke Pasih Uug ini adalah Rp 5.000,-

Dinamakan pasih uug yang memiliki arti pantai yang rusak (broken beach). Meski namanya beach (pantai), nyatanya kamu tidak akan menemukan pantai di spot ini, yang ada adalah raksasa yang ada di tengah suatu daerah yang membentuk suatu lautan.

  • Bukit dan Pantai Kelingking

Memang tidak ada habisnya jika membahas keindahan dari Pulau Nusa Penida. Jika kamu memiliki fisik yang kuat, wajib rasanya untuk berkunjung ke pinggiran tebing Bukit Kelingking. Spot ini memiliki panorama yang indah banget. Harga tiket masuknya Rp 5.000,-

Sebenarnya masih ada beberapa spot wisata keren yang bisa kamu kunjungi di Pulau Nusa Penida ini. Kamu bisa mencari referensi lainnya agar lebih siap sebelum melakukan backpacker ke Nusa Penida ini.

Informasi Lainnya

Harga makan di Pulau Nusa Penida ini masih tergolong standar. Sehingga, kamu harus pintar-pintar memilih tempat untuk memenuhi kebutuhan perut. Selain itu, kamu juga harus menyediakan budget untuk keperluan mendadak.

Berwisata ala Backpacker ke Nusa Penida memang dijamin berkesan. Bukan hanya karena destinasi wisatanya yang mempesona, akan tetapi perjalanannya yang bikin kangen. So, masih mikir-mikir ke Pulau Nusa Penida Bali? 

Baca Juga : Cara Cek DA PA Blog & Cara Meningkatkannya

  • Bagikan
Positive SSL