Perbedaan Semua Seri iPhone 13 – Mana yang Pas Buat Kamu?

  • Bagikan
iPhone 13 Vs Mini Vs Pro Vs Pro Max Header

iPhone 13 Vs Mini Vs Pro Vs Pro Max Header

Cakrawalarafflesia – Jajaran iPhone 13 yang telah Apple perkenalkan di ajang California Streaming terlihat tak jauh berbeda dengan iPhone 12 dari tahun lalu.

Apple kembali memperkenalkan iPhone generasi terbaru tersebut dalam empat model meliputi standar, Mini, Pro, maupun Pro Max.

Keempat model iPhone 13 tersebut uniknya sama-sama dilengkapi dengan Apple A15 Bionic. Chipset mutakhir ini akan memastikan bahwa seri iPhone 13 akan mengemas kinerja dan efisiensi daya tinggi saat pemakaian sehari-hari.

Baca Juga :  Epic Games Bantah Ada Adegan Hancurkan Ka'bah dalam Game Fortnite

Apple A15 Bionic juga memungkinkan lini iPhone 13 mempunyai dukungan layar, kamera, dan video mengagumkan yang belum pernah ada di seri-seri sebelumnya. Neural Engine barunya juga mampu menangani sistem kecerdasan buatan lebih cepat untuk pengembangan aplikasi pihak ketiga.

Meskipun ditenagai dengan mesin yang serupa, setiap model pada iPhone 13 tentu mempunyai sejumlah perbedaan. Masing-masing mempunyai karakteristik sendiri untuk mempermudah kita memilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :  Spesifikasi Reno6 Pro Bocor, Dipacu Dimensity 1200 dan Snapdragon 870

Namun pastinya tak hanya pada ukuran layar saja perbedaannya. Keempat model iPhone terbaru tersebut juga mempunyai konfigurasi kamera, varian media penyimpanan, baterai, hingga fitur yang sangat berlainan.

Perbedaan iPhone 13 Vs iPhone 13 Mini Vs iPhone 13 Pro Vs iPhone Pro Max

Perbandingan iPhone 13 Series

Klik gambar untuk perbesar

Layar

Selain ukuran dan resolusi layar, ProMotion terlihat menjadi pembeda yang cukup kentara di antara keempat model iPhone 13. Teknologi ini pasalnya akan menentukan bagaimana animasi pada layar handphone akan terlihat.

Bagi kamu yang belum tahu, ProMotion secara sederhana merupakan fitur yang mirip dengan Adaptive Refresh Rate di Android. Teknologinya memungkinkan tingkat refresh rate dari layar iPhone 13 Pro dan Pro Max bekerja secara adaptif menyesuaikan dengan konten yang ditampilkan mulai dari 10Hz hingga 120Hz.

iPhone 13 Vs Mini Vs Pro Vs Pro Max - 1

Media Penyimpanan

Mulai tahun ini, Apple pun menariknya mulai terlihat menghapus varian 64GB pada setiap model iPhone. Apple tampaknya menyadari bahwa ukuran standar media penyimpanan handphone di masa sekarang sudah berubah dan semakin besar sehingga mulai menawarkan penyimpanan dari kapasitas 128GB.

Meskipun begitu, Apple pun memberikan opsi baru yang terlihat lebih menarik. iPhone 13 Pro dan Pro Max untuk pertama kalinya terlihat menawarkan kapasitas hingga 1TB yang notabene merupakan varian terbesar setelah sebelumnya hanya sampai 512GB.

iPhone 13 Vs Mini Vs Pro Vs Pro Max - 2

Desain

Lini iPhone 13 uniknya tak hanya menawarkan varian media penyimpanan. Kita secara lebih lanjut juga dapat menentukan untuk membeli salah satu perangkat berdasarkan varian warna yang notabene tersedia secara berbeda untuk setiap modelnya.

Perbedaan warna ini uniknya sedikit menggambarkan bahwa bodi setiap model iPhone 13 mempunyai material yang berlainan. Versi standar maupun Mini misalnya menawarkan lapisan kaca di belakang dengan balutan aluminum, sementara Pro atau Pro Max memakai kaca mate dengan stainless steel.

iPhone 13 Vs Mini Vs Pro Vs Pro Max - 3

Kamera

Dukungan kamera juga menjadi pembeda dari keempat model iPhone 13 seperti pada generasi sebelumnya. Versi Pro dan Pro Max dalam hal ini terlihat mempunyai dukungan lebih mumpuni dengan dukungan sensor LiDAR dan konfigurasi lensa lebih banyak.

iPhone 13 Pro dan Pro Max juga mempunyai dukungan pengambilan video ProRes, yakni codec video canggih yang bisa digunakan secara luas sebagai format pengiriman akhir untuk iklan, film layar lebar, dan siaran. Teknologi ini diklaim menawarkan kesetiaan warna yang lebih tinggi dan kompresi lebih sedikit.

Selain itu, lensa pada iPhone 13 Pro dan Pro Max juga mempunyai bukaan rana lebih besar yang secara teknis bakal menghasilkan foto yang lebih memuaskan di kondisi kurang cahaya.

Baterai

Meskipun tidak mengungkap kapasitas baterai untuk masing-masing model iPhone 13, Apple uniknya menunjukkan hasil uji coba pemakaian mereka dalam sekali pengisian daya. Mereka menyampaikannya pada halaman teknis setiap produk.

Sebagaimana informasi dalam tabel di atas, iPhone 13 Pro Max terlihat mempunyai ukuran baterai yang paling besar. Hal ini tentu sangat relevan dengan bodi perangkat yang memang mempunyai dimensi sangat besar.

Terlepas dari beberapa perbedaan tersebut, semua model iPhone 13 menawarkan dukungan yang hampir sama. Kita dapat menemukan teknologi seperti NFC, sertifikasi IP68, MagSafe Wireless Charging 15W, Face IDE, Barometer, Akselerometer, hingga Giroskop di dalamnya.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL