Langgar Prokes, Pemilik Cafe RD Palembang Didenda dan Terancam Disegel – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
PSX 20210916 204230


SUMEKS. CO, PALEMBANG – Tempat hiburan malam, Cafe  RD Jalan Soekarno Hatta Palembang yang dirazia Sabtu (11/8) malam hingga Ahad (12/9), terbukti melanggar protokol kesehatan (Prokes). Sidang  tindak pidana ringan ( Tipiring) memutuskan  denda kepada  pemilik cafe sebesar Rp 6,1 juta, ditambah peringatan.

“Benar tadi pagi sudah dilakukan sidang Tipiring di kantor Sat Pol PP kota Palembang  dihadiri oleh Kanit Pidsus AKP Tohirin. Putusan  hakim, bos  cafe RD dikenakan denda Rp 6,1 juta,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi diruangan, Kamis (16/9).

Dikatakan, dengan adanya sidang ini, diharapkan kepada pemilik pemilik cafe dan tempat hiburan lain, harus menaati Perwali Nomor 27 Tahun 2020, dan selalu menaati protokol kesehatan (Prokes).

Baca Juga :  Truck Fuso Muatan Unilever Masuk Jurang Dibengkulu

“Untuk cafe RD sendiri sudah  kita peringatkan. Namun jika masih saja nanti melanggar, tidak menaati Perwali. Kami tidak segan-segan menindaknya, menyegel usahanya,” jelas Kompol Tri Wahyudi. ”Ya  melanggar pasal 8 ayat 2 Jo pasal 4 ayat 1 Perwali Nomor 27 Tahun 2020,”tambahnya

Kabid PPUD Satpol PP Kota Palembang Budi Norma menambahkan, kesalahan yang dilanggar pemilik cafe RD adalah tidak mengatur kerumunan pengunjung. Jika pelanggaran masih dilakukan maka Satpol PP akan mengajukan agar tempat usaha tersebut dicabut izinnya

“Izin mereka lengkap semua. Kesalahannya ada pada prokes, harusnyakan hanya 30 persen saja dari kapasitas. Ini malah lebih, dan berjubel,” kata Budi.

Dia menyampaikan denda senilai Rp 6,1 juta telah disetor pemilik ke kas daerah. Ketika ditanya soal penutupan cafe RD, ia menyebut hal tersebut belum bisa diputuskan. Sebab pihaknya akan berkoordinasi dengan atasan dan pengadilan.

Baca Juga :  Lagi, Pemkab Kepahiang Raih Predikat Opini WTP Dari BPK – RI

“Soal itu atau penutupan belum. Kita nanti lihat kebijakan pimpinan, tapi tadi pemilik cafe berjanji dengan hakim kalau masih melanggar maka akan ditutup sementara,” tandasnya.

Diketahui, sebanyak 37 pengunjung Cafe RD di Jl Soekarno Hatta,  Talang Kelapa,  Alang-alang Lebar, Palembang terjaring razia tim gabungan  Polrestabes Palembang, Polisi Pamong Praja, dan BNN . Selain pengunjung  pemilik Cafe juga diminta keterangan, terkait prosedur kesehatan, masa pandemi ini.  (dey/md)

 

 





Melansir Sumeks co

  • Bagikan
Positive SSL