Canggih! Xiaomi Ungkap Konsep Kacamata Pintar Buatannya

  • Bagikan
Xiaomi Smart Glasses Feature

Xiaomi-Smart-Glasses-Feature

Cakrawalarafflesia – Xiaomi telah memperkenalkan konsep kacamata pintar yang bernama Xiaomi Smart Glasses.

Kacamata pintar ini bukan kacamata biasa, melainkan dapat berfungsi sebagai perangkat wearables yang mengusung teknologi canggih layaknya seperti handphone.

Xiaomi Smart Glasses nantinya dapat menampilkan pesan dan pemberitahuan, melakukan panggilan telepon dan video, GPS atau navigasi, memotret, hingga menerjemahkan teks yang terlihat di depan mata.

Kemampuannya itu merupakan hasil dari kombinasi 497 komponen termasuk telah ditanamnya sensor dan modul komunikasi berukuran kecil. Secara fisik, bobot kacamata pintar buatan Xiaomi ini hanya 51 gram berkat digunakannya teknologi Optical Waveguide yang berhasil memangkas ukuran dan bobotnya agar tetap nyaman digunakan.

Xiaomi-Smart-Glasses-Chip-Display.

Kedua layar kacamata ini pun telah mengadopsi teknologi pencitraan MicroLED yang dapat menghasilkan warna hitam yang lebih pekat. Selain itu terdapat juga chip display berukuran 2,4 x 2,02 milimeter dan layar monokrom yang memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 2 juta nits.

Baca Juga :  Alasan Muncul “You Are Not Eligible to Sign In to Zoom at This Time” Saat Akan Meeting

Dalam video teaser Xiaomi Smart Glasses di YouTube, menariknya pengguna terlihat sama sekali tidak akan terganggu oleh cahaya matahari yang memantul di kedua kacanya. Hal tersebut dikarenakan adanya struktur kisi berukuran mikroskopik yang terukir di permukaan bagian dalam lensa sehingga memungkinkan cahaya sinar matahari dibiaskan lebih aman untuk mata manusia.

“Sebelum sampai ke mata, berkas cahaya dipantulkan berkali-kali sehingga bisa melihat dengan gambaran yang utuh dan meningkatkan kegunaan saat dikenakan. Seluruh proses ini berlaku di dalam satu lensa dibandingkan produk lain yang masih menggunakan sistem lensa jamak atau cermin,” tulis Xiaomi.

Xiaomi-Smart-Glasses-MicroLED.

Dari sisi penggunaannya, Xiaomi Smart Glasses mampu menampilkan informasi yang penting pada saat dibutuhkan. Misalnya semua notifikasi tidak akan ditampilkan sekaligus di depan mata pengguna, tetapi akan dipilih dan diperlihatkan pesan paling penting seperti alarm smart home serta pesan mendesak dari kontak yang diprioritaskan.

Baca Juga :  Gangguan Telekomunikasi Bukan Karena Sabotase

Begitu pula ketika menjawab panggilan suara dengan Xiaomi Smart Glasses, pengguna dapat melihat nomor dari orang yang menghubungi dan berbicara lewat mikrofon. Untuk mendengarkan percakapan, tersedia speaker yang disusun dengan teknologi beamforming di dalamnya.

Xiaomi-Smart-Glasses-Navigasi-MAP

Begitu juga pada saat mencari alamat lewat GPS ketika mengemudi kendaraan, Xiaomi Smart Glasses dapat menyuguhkan arah dan navigasi tepat di depan mata pengguna secara langsung sehingga dapat melihatnya sembari tetap memantau situasi kondisi jalanan agar tetap aman berkendara.

Yang tak kalah penting, Xiaomi Smart Glasses dilengkapi lensa beresolusi 5 MP untuk memotret maupun menerjemahkan teks secara langsung. Ketika mengambil gambar, lampu indikator di samping kamera akan menyala secara otomatis sebagai pemberitahuan.

Sementara untuk penerjemahan, kacamata pintar ini memanfaatkan mikrofon dan algoritma penerjemahan untuk menyalin audio menjadi teks sekaligus penerjemahan secara langsung.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL