Apple New iPad dan New iPad Mini Resmi Dirilis, Inilah Fitur Terbarunya!

  • Bagikan
Apple New iPad Mini Feature

Apple-New-iPad-Mini-Feature

Cakrawalarafflesia – Dalam ajang California Streaming, Apple turut memperkenalkan perangkat tablet terbarunya yang disebut New iPad dan New iPad Mini. 

Baik dari segi tampilan dan dapur pacu, keduanya secara umum mengusung fitur-fitur yang berbeda. Namun terdapat kesamaan dari aspek tampilan antarmuka dan lensa sudut lebar yang cukup mirip.

New iPad memiliki dua varian warna yang meliputi putih dan abu-abu, sedangkan New iPad Mini mencakup warna ungu, merah muda, abu-abu, dan cahaya bintang.

Keduanya sudah bisa dipesan dan akan tersedia untuk wilayah Amerika Serikat pada tanggal 24 September 2021 dengan harga mulai 329 USD untuk New iPad dan mulai 499 USD untuk New iPad Mini.

Lalu ada fitur baru apa saja yang dibawa oleh kedua iPad generasi terbaru dari Apple ini?

iPadOS 15

iPadOS-15-New-iPad-dan-New-iPad-Mini

New iPad dan New iPad Mini sama-sama menggunakan tampilan antarmuka iPadOS 15 yang membawa pembaruan agar dapat berselancar lebih intuitif seperti mendukung produktivitas pengguna untuk kerja secara multitasking lewat fitur Split View dan Slide Over.

iPadOS 15 juga menyuguhkan tata letak widget baru di Home Screen dan App Library. Pengguna pun dapat masuk langsung ke Quick Note saat menggunakan Apple Pencil. Hanya saja, New iPad menggunakan Apple Pencil generasi ke-9, sedangkan New iPad Mini menggunakan generasi ke-2.

iPadOS 15 juga turut menyediakan aplikasi Translate di New iPad dan New iPad Mini dengan fitur terjemahan otomatis dan tatap muka. Selain itu terdapat Live Text dengan teknologi Artificial Intelligence (Al) yang dapat mengenali teks dalam foto.

Baca Juga :  Win Streak Pecah di MPL Season 7, Udil Akui Alter Ego Sedang Lemah

Kamu pun dapat melakukan personalisasi New iPad dan New iPad Mini dengan profil Focus yang memungkinkan notifikasi tersaring secara otomatis berdasarkan apa yang sedang kamu lakukan. Untuk komunikasi video, fitur FaceTime kini menghadirkan audio spasial dan mode Potret baru.

Layar

Apple-New-iPad-Mini-Touch-ID

Bicara soal tampilannya, layar New iPad memiliki bentang berukuran 10,2 inci dengan dukungan Retina display. Sementara layar New iPad Mini kini berukuran 8,2 inci dengan Liquid Retina display, tingkat kecerahan 500 nits, warna gamut P3, dan lapisan layar anti-reflektif.

Kedua layar New iPad dan New iPad Mini juga sudah dibekali True Tone untuk memberikan kenyamanan mata lebih lanjut.

Chipset

Apple-New-iPad-Mini-Starwars-Hunters

Dapur pacu New iPad mengandalkan chipset Apple A13 Bionic yang diklaim mendapatkan peningkatan kinerja 20% dari generasi sebelumnya. Chipset ini juga ditemani oleh Neural Engine yang berfungsi sebagai mesin pembelajaran tingkat lanjut seperti dalam fitur Live Text yang hadir di iPadOS 15.

Sementara itu, New iPad Mini menggunakan chipset Apple A15 Bionic terbaru berisi CPU 6-core yang digadang mempunyai peningkatan kinerja sebesar 40% dari generasi sebelumnya dan dipadukan dengan GPU 5-core dengan peningkatan 80% untuk kinerja grafis dari generasi sebelumnya.

Apple A15 Bionic juga menghadirkan mesin pembelajaran tingkat lanjut melalui Neural Engine 16-core dan akselerator Machine Learning (ML). Chipset Apple A15 Bionic pun diklaim mampu menghadirkan pengalaman maksimal untuk mengedit video, bermain game, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Tingkah Kucing Jemput Pulang Pemiliknya Ini Bikin Gemas Warganet

Fotografi

Apple-New-iPad-Mini-kamera-belakang

Beralih ke fotografi, New iPad dan New iPad Mini sama-sama dibekali satu lensa sudut lebar sebagai kamera belakangnya yang mempunyai resolusi 12 MP. Namun untuk lensa depan kedua tablet ini memiliki perbedaan. Apabila New iPad menggunakan lensa depan beresolusi 8 MP, New iPad Mini sedikit lebih besar dengan lensa depan 12 MP.

Kamera belakang New iPad dan New iPad Mini juga dilengkapi fitur baru yang bernama Center Stage. Fitur ini berfungsi saat melakukan panggilan video di FaceTime serta aplikasi lainnya dengan menampilkan lawan bicara pada layar secara penuh untuk memberikan kesan percakapan alami.

Menariknya akibat New iPad Mini sudah ditenagai Apple A15 Bionic, kamera belakangnya didukung ISP baru yang akan menghasilkan foto natural dan Smart HDR. Kamera belakang New iPad Mini juga tersemat flash True Tone untuk menangkap gambar dalam kondisi minim cahaya dan mampu merekam video hingga resolusi 4K.

Fitur Pendukung Lain

Apple-New-iPad-Mini-USB-C

Soal konektivitas, New iPad masih mengandalkan jaringan 4G-LTE, sedangkan New iPad Mini sudah mendukung jaringan 5G yang memiliki kecepatan unggah hingga 3,5 Gbps. New iPad Mini juga menawarkan dua kartu SIM berupa Gigabit LTE dan eSIM.

Tak ketinggalan WiFi 6 juga telah dibenamkan ke dalam kedua perangkat ini. Menariknya, New iPad Mini menyediakan port USB-C untuk transfer data sehingga dapat terhubung ke ekosistem aksesori USB-C yang semakin luas termasuk kamera, penyimpanan eksternal, serta layar hingga 4K.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL