Haul 4 Tahun SMB III RHM Sjafei Prabu Diradja Berlangsung khidmat – cakrawalarafflesia


PALEMBANG – Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) menggelar acara haul atau memperingati 4 tahun wafatnya Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) III Raden Haji Muhammad (RHM) Sjafei Diradja Bin Raden Haji Abdul Hamid, yang wafat 7 September 20017 lalu dan dimakamkan di Kawah Tengkurep Palembang.

Haul digelar di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam di Jalan Sultan Muhammad Mansyur No 776, 32 Ilir Palembang, Sabtu (11/9) malam .Acara haul di gelar secara standar kesehatan covid-19 dan berlangsung secara khidmat.
Acara dimulai dengan pembacaan surah Yaasin, tahlil , tausiah (ceramah agama) dan doa bersama dan acara berlangsung khidmat.

Dalam peringatan tersebut juga dihadiri Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn.
Lalu hadir ulama-ulama kota Palembang seperti Ust RM.Siddik Abdullah yang juga (penceramah agama), Ust H.Ahmad Fauzi Idhzom., Ust H.M.Mustofa, Ustadz H.Feriyanto

Baca Juga :  Safari Literasi Nasional, Sukses digelar di Kabupaten Kepahiang

Juga hadir Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo,R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Jayo Syarif Lukman, Pangeran Suryo Vebri Irwansyah, Pangeran Mas’ud Khan , Pangeran Surya Kemas A. R. Panji.
Menurut SMB IV, dengan keberadaan (Alm) SMB III membuat kota Palembang memiliki warna dan dapat menghidupkan kembali nilai-nilai Palembang Darussalam yang selama ini orang tidak pernah ungkit-ungkit.
“ Setelah adanya beliau (SMB III) dan menjadi sultan tahun 2003 , orang mulai melihat kembali nilai-nilai Palembang Darussalam dan beliau juga sosok yang sangat intens terhadap nilai sejarah Palembang Darussalam terutama peninggalan-peninggalan leluhur yang ada pada masa lalu,” katanya.

Baca Juga :  Pembuatan KIA di Kabupaten Kepahiang Menurun, Sekolah Diminta Ikut Berperan

Pihaknya menurut SMB IV juga mendoakan arwah Sultan-Sultan Palembang agar diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT .

“ Mudah-mudahan kami dari keturunan Sultan-Sultan Palembang Darussalam bisa ikut memajukan kota Palembang dan bisa membanggakan bagi para leluhur kami,” katanya.

Sebelum acara atau pada pagi hari , menurut pria yang juga seorang Notaris dan PPAT dirinya dan keluarga berkesempatan berziarah ke Kawasan Pemakaman Kawah Tengkurep, Palembang dengan tujuan memperingati haul ini juga.(ril/wi2k)





Melansir Sumeks co

Cakrawala Rafflesia