Sedih! Gegara Belajar dari Rumah Pengetahuan Anak Hilang – cakrawalarafflesia

  • Bagikan
ilustrasi daring


cakrawalarafflesia, JAKARTA – Pemerhati dan praktisi pendidikan Indra Charismiadji menyebut COVID-19 telah menyebabkan pengetahuan anak hilang.

Menurut Indra, hilangnya pengetahuan anak atau learning loss karena harus belajar dari rumah akibat pandemi COVID-19.

Learning loss adalah istilah yang mengacu pada hilangnya pengetahuan dan keterampilan baik secara umum atau spesifik, atau terjadinya kemunduran proses akademik karena suatu kondisi tertentu.

Baca Juga :  Lanjutan Dugaan Korupsi Masjid Sriwijaya, Giri 20 Pertanyaan, Isnaini No Comment – cakrawalarafflesia

Kondisi tersebut antara lain adalah periode libur panjang pada kalender akademik, peristiwa putus sekolah yang dialami peserta didik karena kemiskinan.

Kemudian ditutupnya sekolah tatap muka sebagai akibat dari pandemi yang mengharuskan siswa melakukan pembelajaran jarak jauh. Indra menuturkan bahwa kondisi learning loss tidak sepenuhnya terjadi karena pembelajaran jarak jauh atau karena tidak adanya pembelajaran tatap muka.

Tetap Masih Banyak Learning loss justru seringkali diakibatkan karena cara mengajar yang hanya dipindahkan dari dalam kelas dan diadopsi sepenuhnya ke pembelajaran online.

Baca Juga :  Ini Pesan Herman Deru pada HUT Pemuda Pancasila dan Sumpah Pemuda – cakrawalarafflesia

Di situasi ini guru mendistribusikan informasi dan komunikasi hanya satu arah, yang kemudian menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan tidak semangat belajar.

Indra kemudian membagikan kiat-kiat pengajaran para tenaga pengajar untuk menghindari learning loss.





Melansir Sumeks co

  • Bagikan
Positive SSL