Apa Itu Fitur Close Friend Instagram? Ini Penjelasan dan Cara Memakainya!

  • Bagikan
Apa Itu Fitur Close Friend Instagram Header

Apa Itu Fitur Close Friend Instagram - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Cakrawalarafflesia – Fitur close friends telah cukup lama tersedia di layanan Instagram. Sebagian dari kita bahkan sudah ada yang memanfaatkannya untuk bermain media sosial tersebut secara lebih nyaman.

Instagram memang media sosial yang hadir sebagai tempat untuk berinteraksi dengan orang lain melalui foto maupun video. Bagi beberapa orang, Instagram bisa cukup bermanfaat karena mereka dapat mengunggah momen istimewa hingga informasi penting kepada teman-temannya.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri, tentu ada beberapa konten yang tidak boleh menjadi konsumsi publik. Video maupun gambar yang berisi informasi pribadi harus tetap menjadi rahasia dengan pengaturan lebih terbatas kalaupun masih ingin dibagikan.

Selain membawa fitur yang dapat membuat akun menjadi private, Instagram pun terus mengembangkan fitur khusus supaya hal itu bisa dilakukan dimana salah satunya dendan meluncurkan dukungan close friends untuk layanan Story pada tahun 2018 silam.

Close friends di Instagram berlaku sesuai dengan artinya, yakni teman dekat. Fitur ini memungkinkan kita mengunggah foto maupun video yang bersifat sensitif ke dalam Story agar bisa dikonsumsi oleh orang-orang tertentu saja.

Apa Itu Fitur Close Friends di Instagram?

Sederhananya, close friends adalah fitur yang dapat dipakai untuk membuat daftar teman dekat dari pengikut. Kita nantinya dapat mengatur story yang bersifat pribadi secara spesifik untuk akun-akun yang termasuk dalam kelompok close friends.

Baca Juga :  Oppo F19 Siap Diluncurkan 6 April 2021, Ini Bocoran Spesifikasinya

Perlu diingat bahwa setiap akun yang ditambahkan tetap bakal tahu bahwa mereka termasuk daftar close friends meski tidak ada notifikasi khusus. Saat kita mengunggah Instagram Story yang khusus untuk mereka, tampilan yang terlihat akan berbeda dari biasanya.

Story yang dibagikan untuk daftar close friends akan terlihat dengan warna cincin lain. Jika biasanya berwarna gradasi dari ungu, merah, ke kuning yang menjadi khas Instagram, maka secara khusus kita akan menjumpai warna hijau untuk konten-konten tersebut.

Namun tenang saja, setiap akun dari daftar close friends tidak akan saling mengetahui. Hanya kita sendiri yang dapat mengetahui siapa saja di dalamnya dan orang-orang pun tidak dapat meminta untuk ditambahkan.

Daftar close friends sendiri dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Kita bisa menambahkan atau menghapus akun kapan saja selaras dengan apa yang kita mau melalui pengaturan di dalam aplikasi Instagram.

Baca Juga :  HP Gaming POCO F3 GT Diprediksi Rilis di Tanggal Ini

Cara Menggunakan Fitur Close Friends di Instagram

Menambah dan Menghapus Daftar Teman

  1. Masuk ke aplikasi Instagram
  2. Buka tab profil pribadi dengan mengetuk foto di pojok kanan bawah
    Apa Itu Fitur Close Friend Instagram - 1
  3. Ketuk tombol Menu (ikon hamburger) di pojok kanan atas
    Apa Itu Fitur Close Friend Instagram - 2
  4. Pilih menu Close friends
    Apa Itu Fitur Close Friend Instagram - 3
  5. Cari nama akun yang akan ditambahkan atau dihapus
  6. Gunakan fitur pencarian jika diperlukan
  7. Klik tombol Add untuk menambahkan akun ke dalam daftar
    Apa Itu Fitur Close Friend Instagram - 4
  8. Klik tombol Remove untuk menghapus akun dari daftar close friends
    Apa Itu Fitur Close Friend Instagram - 5

Akun yang ditambahkan atau dihapus dari daftar close friends menariknya tidak akan mendapatkan notifikasi khusus. Oleh karenanya, kamu tetap bisa lebih leluasa untuk membuat story pribadi dan membagikannya kepada mereka.

Membuat Story Pribadi Untuk Close Friends

  1. Masuk ke aplikasi Instagram
  2. Buka menu pembuatan Story dengan mengusap layar ke kanan
  3. Buat atau unggahan konten yang ingin dibagikan
    Apa Itu Fitur Close Friend Instagram - 6
  4. Edit dengan menambahkan stiker atau teks
  5. Ketuk tombol Close friends (ikon bintang berwarna hijau)
    Apa Itu Fitur Close Friend Instagram - 7

Berbeda dengan mengaktifkan opsi akun private, fitur close friends memungkinkan kita memisahkan antara story yang bersifat pribadi dan publik. Kita bisa memakainya sesuai kebutuhan dan jenis unggahan yang kita inginkan.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL