Daftar 10 Lagu K-Pop Terpopuler Sepanjang Masa versi Melon

  • Bagikan
6e8155c6 acf5 44f7 b713 80d9a915b1c4 169

Layanan streaming musik Korea, Melon merilis daftar 100 lagu K-pop populer sepanjang masa. Lagu-lagu ini mewakili kejayaan K-pop selama tiga dekade terakhir.

Pemilihan lagu dibantu penilaian 35 juri dengan latar belakang kritik musik dan pelaku industri. Mereka diminta membuat daftar lagu populer lalu Melon mengkompilasi semuanya menjadi 100 lagu.

Sebanyak 35 juri diminta memilih lagu berdasar kriteria antara lain signifikan (pengaruh lagu baik di Korea maupun di mancanegara, menandakan pertumbuhan musik K-pop, dan kreativitas), kesuksesan (daya tarik utama lagu, popularitas dan fandomnya), kualitas artistik (kualitas musik dan artistik lagu) dan performa (koreografi, video musik dan penampilan panggung).

Dari 100 lagu, berikut 10 lagu populer sepanjang masa versi Melon.

1. No.1 – BoA

Lagu ‘No.1’ jadi bagian dari album dengan judul serupa. Rilis pada 14 April 2002, album mampu menduduki peringkat pertama usai debut. Ini juga termasuk album dengan penjualan terbaik di tahun itu.

Baca Juga :  BTS cetak lagi rekor dunia berkat "Nickelodeon's Kids Choice Awards"

2. Growl – EXO

Grup bentukan SM Entertainment ini debut dengan lagu ‘Mama’ pada 2012. Grup ini kian populer dengan lagu ‘Growl’ yang rilis 2013. Lagu ini tak hanya dibuat versi Korea tetapi juga China.

Baca Juga :  BTS Sabet 4 Penghargaan Billboard Music Awards 2021

3. Gangnam Style – PSY

Lagu ini terkenal berkat liriknya yang mudah diingat dan gerakan tarian yang unik. ‘Gangnam Style’ rilis pada 15 Juli 2012. Video musiknya sendiri sempat membuat PSY jadi artis Korea pertama yang mengantongi 4 miliar penonton di YouTube.

4. Dynamite – BTS

Harus diakui BTS tak hanya eksis di Korea tetapi juga dunia. Lagu ‘Dynamite’ mungkin pantas disebut sebagai lagu yang menghantarkan pada popularitas mereka hingga kini.

5. Gee – Girls Generation

Sembilan perempuan muda mengenakan celana panjang warna-warni dan gerakan tarian ciamik jadi hal yang paling diingat dari video musik ‘Gee’. Girls Generation mampu memikat begitu banyak penggemar baik dari Korea maupun luar Korea.

Lihat lanjutan daftar lagu K-Pop terpopuler di halaman berikutnya..

  • Bagikan
Positive SSL