Cek! Jadwal Penyaluran Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021 Telkomsel

  • Bagikan
612de2ac7d895

Dalam rangka mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ), operator seluler Telkomsel dan Kemendikbudristek RI kembali menyalurkan kuota internet gratis kepada pelajar dan tenaga pelajar mulai September-November 2021 mendatang.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan, program bantuan kuota belajar ini merupakan salah satu upaya Telkomsel dari Kemendikbudristek RI dalam mendukung perubahan perilaku masyarakat dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui teknologi.

“Kami berharap upaya tersebut dapat terus mendampingi masyarakat dalam membuka lebih banyak peluang menuju peningkatan kualitas hidup yang lebih baik” ujar Adiniwahyu dalam keterangan tertulis yang melansir KompasTekno, Selasa (31/8/2021).

Adapun rincian penyaluran program bantuan kuota internet periode September-November 2021 bagi setiap penerima manfaat adalah sebagai berikut:

  • Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapat kuota internet sebesar 7 GB/bulan selama 3 bulan.
  • Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat kuota internet sebesar 10 GB/bulan selama 3 bulan.
  • Pendidik Jenjang PAUD serta Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat kuota internet sebesar 12 GB/bulan selama 3 bulan.
  • Dosen dan Mahasiswa mendapat kuota internet sebesar 15 GB/bulan selama 3 bulan.

Jadwal penyaluran bantuan kuota belajar gratis Kemendikbud 2021 dari Telkomsel

Ilustrasi besaran kuota yang diterima oleh setiap peserta penerima bantuan internet gratis dari Telkomsel dan Kemendikbudristek RI.

Ilustrasi besaran kuota yang diterima oleh setiap peserta penerima bantuan internet gratis dari Telkomsel dan Kemendikbudristek RI.(Telkomsel)

Distribusi bantuan kuota belajar gratis ini akan dilakukan secara bertahap selama tiga bulan. Kuota ini akan disalurkan pada 11–15 September 2021, 11–15 Oktober 2021, dan 11–15 November 2021.

Kuota data internet yang diberikan akan berlaku selama 30 hari sejak diterima. Bantuan kuota internet pada tahap ini mencakup kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali platform yang dibatasi Kemendikbudristek RI.

Baca Juga :  Update Terbaru Bisakah Kuota Belajar Telkomsel Jadi Kuota Reguler?

Demi memperlancar berlangsungnya penyaluran bantuan kuota, para penerima bantuan diimbau untuk memastikan nomor ponsel yang didaftarkan sejak penyaluran bantuan Paket Kuota Data Internet tahap satu di 2020 masih dalam status aktif.

Apabila ingin mengubah informasi nomor ponsel yang dimiliki, peserta penerima bantuan dapat berkoordinasi dengan perwakilan sekolah atau institusi pendidikan terkait yang ditunjuk pemerintah setempat.

Sementara bagi penerima bantuan yang belum terdaftar atau ingin memastikan proses verifikasi pendaftaran data dalam program ini juga dapat menghubungi perwakilan sekolah atau institusi pendidikan berwenang melalui aplikasi DAPODIK Kemendikbudristek RI.

Petunjuk teknis terkait penyaluran bantuan kuota belajar gratis dapat diakses melalui situs Kemendikbud melalui tautan berikut. 

Pelanggan Telkomsel dapat mengecek status pendaftaran nomor ponsel dalam program bantuan kuota data internet periode September-November 2021 dari Kemendikbudristek RI melalui UMB *363*844#.

Untuk mengetahui besaran kuota internet yang diterima atau yang sudah digunakan, pelanggan Telkomsel bisa melakukan pengecekan secara berkala melalui UMB *888# atau aplikasi MyTelkomsel.

Paket kuota perdana internet Telkomsel Merdeka Belajar

Ilustrasi kartu perdana Telkomsel.

Ilustrasi kartu perdana Telkomsel.(Telkomsel)

Guna memudahkan para pelajar dan tenaga pengajar yang belum menggunakan produk Telkomsel dalam menjalani kegiatan PJJ, Telkomsel turut mendistribusikan paket Perdana Internet Merdeka Belajar ke sejumlah sekolah dan kampus yang melakukan kerjasama.

Baca Juga :  Hore! Kuota Belajar Kemendikbud Berlanjut Hingga Mei 2021

Paket Perdana Internet Merdeka Belajar berisi kuota internet hingga 52 GB dengan rincian sebagai berikut:

  • Kuota 11 GB (1 GB kuota utama + 10 GB kuota belajar) otomatis aktif di kartu perdana.
  • Ekstra 11 GB (1 GB kuota utama + 10 GB kuota belajar) seharga Rp5.000, yang dapat diaktifkan lewat UMB *363*844#, aplikasi MyTelkomsel, atau aktivasi melalui outlet.
  • Ekstra 30 GB kuota belajar senilai Rp 10 yang dapat diaktifkan jika nomor perdana Telkomsel didaftarkan dan aktif di sistem Dapodik melalui sekolah/kampus (setelah mendapatkan kuota dari Kemendikbudristek RI). Paket kuota ini dapat diaktifkan lewat aplikasi MyTelkomsel.

Pelajar dan tenaga pengajar yang sudah menggunakan produk Telkomsel dan aktif terdaftar di sistem Dapodik, juga bisa mendapatkan kuota internet sebesar 11 GB senilai Rp 5.000.

Kuota ini mencakup 1 GB kuota utama dan 10 GB kuota belajar, yang dapat diaktifkan melalui UMB *363*844# atau melalui aplikasi MyTelkomsel.

Telkomsel juga merilis paket Bulanan Kuota Belajar dengan harga mulai dari Rp 30.000 dengan kuota data hingga 30 GB yang dilengkapi fitur Jaga Pulsa.

Jaga Pulsa sendiri merupakan fitur yang dapat memastikan pulsa pelanggan Telkomsel tidak terpotong ketika melakukan akses di luar aplikasi yang sudah ditentukan.

Kehadiran fitur ini diklaim dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan jaringan Telkomsel dalam kegiatan belajar jarak jauh. Informasi lebih lanjut mengenai paket Kuota Belajar dari Telkomsel dapat dilihat di laman berikut.

  • Bagikan
Positive SSL