Cara Mengaktifkan Opsi Sumber Tidak Dikenal di Handphone Xiaomi Buat Install APK

  • Bagikan
Xiaomi Mi 11 Lite 02

Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi Header

Cakrawalarafflesia – Google Play Store memang akan menjadi tempat pertama yang dikunjungi ketika membutuhkan aplikasi Android. Meski begitu, kamu mungkin tidak akan menemukan semua yang kamu cari.

Hal tersebut dikarenakan ada sejumlah pengembang yang lebih memilih untuk mendistribusikan aplikasi secara mandiri atau mungkin aplikasi sudah tidak diperbarui lagi di Play Store.

Beberapa di antaranya bahkan memilih untuk menyalurkan dalam bentuk APK (Android Package) atau format baru penggantinya bernama AAB sehingga kamu perlu memasangnya secara manual.

Memasang mentahan aplikasi untungnya cukup mudah untuk dilakukan meskipun sangat berbeda dengan saat mengunduhnya dari layanan Play Store. Kamu hanya perlu memastikan berkas berasal dari sumber terpercaya dan mengaktifkan opsi pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Yang menjadi halangan, antarmuka sistem yang digunakan oleh setiap handphone mempunyai pengaturan berbeda-beda untuk melakukan hal tersebut sehingga kamu tentu perlu mempelajarinya secara spesifik saat perlu memasang aplikasi secara manual.

Jika kamu pengguna handphone buatan Xiaomi yang sering punya harga terjangkau, pengaturan MIUI untuk mengaktifkan opsi pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dapat ditemukan pada opsi Privacy atau Privacy Protection.

Cara Mengaktifkan Opsi Sumber Tidak Dikenal Untuk Handphone Xiaomi

Di MIUI 12

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke bagian Privacy protection
  3. Ketuk Special permissions
  4. Klik menu Install unknown apps
  5. Pilih aplikasi yang akan diberi izin pemasangan
  6. Aktifkan Allow from this source
  7. Ketuk tombol OK jika diperlukan
Baca Juga :  Cara Download Aplikasi WhatsApp di Laptop atau PC

Mengaktifkan opsi pemasangan aplikasi dari sumber tidak dikenal tak hanya perlu disesuaikan dengan antarmuka sistem yang digunakan saja melainkan juga versinya. Hal tersebut pun berlaku untuk handphone berbasis MIUI.

Beberapa langkah di atas misalnya hanya akan kamu jumpai di handphone dengan MIUI 12. Sementara untuk antarmuka sistem MIUI 11, kamu dapat mengaktifkan opsi pemasangan aplikasi dari sumber tidak dikenal dengan metode yang sedikit berbeda.

Baca Juga :  Duh! Facebook Jadi Aplikasi Paling Banyak Digunakan Pelaku Pelecehan Anak

Di MIUI 11

  1. Masuk ke dalam halaman Settings
  2. Buka bagian Passwords & security
  3. Cari dan ketuk menu Privacy
  4. Klik opsi Special app access
  5. Ketuk Install unknown apps
  6. Tentukan aplikasi yang akan diatur
  7. Aktifkan opsi Install unknown apps

Pengaturan izin pemasangan aplikasi dari sumber tidak dikenal juga mempunyai penempatan berbeda untuk antarmuka sistem buatan Xiaomi yang lebih lawas. Jika kamu belum memenukan pengaturan dari dua cara sebelumnya, maka kamu bisa mencoba yang berikut ini.

Di MIUI Lawas

  1. Kunjungi halaman Settings
  2. Gulir ke bawah lalu buka menu Additional settings
  3. Masuk ke bagian Privacy
  4. Aktifkan tombol Unknown source

Pada MIUI lawas, kamu tidak perlu mengatur izin pemasangan aplikasi satu per satu. Kamu dapat mengaktifkan opsi Unknown source untuk langsung bisa install berkas aplikasi yang telah diunduh.

Mengatur izin sumber tidak dikenal di perangkat Xiaomi pun bakal bermanfaat jika kamu ingin mencoba dukungan baru dari MIUI. Jadi metode ini tak hanya untuk pemasangan layanan dari pihak ketiga saja, melainkan juga untuk pembaruan fitur bawaan seperti Game Turbo.

gadget trend

  • Bagikan
Positive SSL