Daftar Bencana Alam Terbesar di Dunia Beberapa Pekan Terakhir

  • Bagikan
6fff2840 galfot kebakaran hutan di yunani 7 169

Beragam peristiwa bencana alam terjadi dalam sepekan terakhir. Mulai dari kebakaran hutan hingga banjir bandang yang membuat jutaan orang harus mengungsi.

Deretan bencana alam itu di antaranya dipicu cuaca ekstrem yang menyebabkan kebakaran hingga hujan deras dan banjir. Tak hanya di satu wilayah, berbagai bencana alam terjadi di berbagai wilayah di penjuru dunia.

Berikut rangkuman peristiwa bencana alam yang terjadi dalam sepekan ke belakang.

1. Kebakaran Yunani

Smoke from wildfire spreads over the statue of Poseidon, ancient Greek God of the sea, at Pefki village on Evia island, about 189 kilometers (118 miles) north of Athens, Greece, Sunday, Aug. 8, 2021. Pillars of billowing smoke and ash are blocking out the sun above Greece's second-largest island as a days-old wildfire devours pristine forests and triggers more evacuation alerts. (AP Photo/Petros Karadjias)Yunani dilanda kebakaran hutan terbesar pada pekan lalu. (AP/Petros Karadjias)

Kebakaran besar terjadi di tiga hutan di Yunani pada Sabtu (7/8) waktu setempat. Suhu kebakaran yang tinggi mengancam seluruh kota, hingga memotong garis melintasi Evia yang merupakan pulau kedua terbesar di Yunani.

Lainnya, kebakaran juga terjadi di lereng gunung dan mengitari situs kuno di Yunani. Peristiwa itu bahkan disebut sebagai ‘bencana alkitabiah’.

Sebanyak 10 kapal diturunkan untuk mengevakuasi penduduk dan turis. Kebakaran memaksa evakuasi terhadap sekitar 1.400 orang dari desa tepi laut.

Kebakaran berbahaya lainnya terjadi di Semenanjung Peloponnese, di wilayah selatan Yunani, berdekatan dengan situs Olympia; serta di Fokida, di wilayah Yunani Tengah.

Sementara itu, di Gunung Parnitha, yang terletak di utara Athena, sebuah taman nasional masih sesekali mengalami kebakaran. Namun, upaya pemadaman di lokasi tersebut berjalan dengan baik.

Akibat kebakaran besar ini, Yunani meminta bantuan darurat Uni Eropa. Sejumlah negara seperti Prancis, Spanyol, Ukraina, Siprus, Kroasia, Swedia, Israel, Polandia, Rumanis, Swiss, dan Amerika Serikat mengirimkan bantuan pemadam kebakaran dan pesawat.

Penyebab kebakaran masih diselidiki. Namun, dilaporkan sejumlah orang ditangkap karena diduga sebagai dalang kebakaran.

Sementara itu, otoritas Yunani dan Eropa menuding perubahan iklim menjadi biang kerok sejumlah kebakaran yang terjadi di Eropa Selatan, termasuk Yunani.

2. Banjir Jepang

An overflowing Muromi river is seen in Fukuoka on August 14, 2021, as torrential rain triggered floods and landslides in western Japan. (Photo by STR / JIJI PRESS / AFP) / Japan OUTBencana alam banjir bandang dan longsor melanda Jepang bagian barat. (AFP/STR)

Banjir bandang dan longsor terjadi Jepang bagian Barat pada Sabtu lalu. Peristiwa itu membuat jutaan penduduk yang berada di wilayah tersebut dievakuasi saat hujan deras mulai mengguyur.

Pemerintah setempat di Hiroshima dan bagian utara Kyushu juga mengeluarkan alarm peringatan tertinggi agar masyarakat mengevakuasi diri. Sementara badan meteorologi setempat melaporkan tingkat curah hujan tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dilaporkan lebih dari 1,4 juta penduduk telah diminta untuk meninggalkan rumah dan menuju tempat pengungsian terdekat.

Pejabat setempat mengatakan bahwa lebih dari 150 pasukan yang terdiri dari aparat kepolisian dan pemadam kebakaran diturunkan untuk mengevakuasi warga.

Ilmuwan mengatakan perubahan iklim meningkatkan risiko terjadinya hujan deras di Jepang dan banyak negara lainnya. Pasalnya, atmosfer yang lebih hangat bisa menampung lebih banyak air.

“Dalam pengamatan kami, ada potensi curah hujan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar Yushi Adachi, dari badan meteorologi Jepang.

Simak daftar bencana alam dalam beberapa waktu terakhir lainnya di halaman berikutnya…

Daftar Bencana Alam Terbesar Beberapa Pekan Terakhir

  • Bagikan
Positive SSL