Cara Kirim Foto Sekali Lihat WhatsApp

  • Bagikan

Setelah lebih dulu hadir ke pengguna WhatsApp Beta, kini WhatsApp menggulirkan fitur baru “View Once” atau sekali lihat, secara luas ke pengguna lainnya. 

Fitur baru “View once” atau Sekali Lihat ini memungkinkan penerima pesan hanya dapat melihat foto atau video sekali saja. Foto/video tersebut akan menghilang dari ruang obrolan, sehingga tidak bisa lagi dilihat oleh penerima maupun pengirim.

Di WhatsApp, fitur foto sekali lihat ini diwakili dengan ikon angka “1” yang memiliki aksen lingkaran di sekitarnya, yang muncul di kolom penulisan pesan saat mengirim foto/video.

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur foto sekali lihat ini di WhatsApp?

Cara kirim foto sekali lihat di WhatsApp

Pertama-tama, pengguna perlu memastikan sudah melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi paling baru. Menurut pantauan KompasTekno, fitur foto sekali di WhatsApp lihat ini sudah tersedia di aplikasi WhatsApp versi 2.21.14.24 di ponsel Android.

Lalu selanjutnya, pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah mengirim video atau foto sekali lihat, sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel
  • Pilih satu kontak yang ingin dikirimi foto sekali lihat
  • Di kolom pesan, pengguna bisa memilih foto/video dari galeri lewat ikon attachment, atau bisa juga mengambil foto/video secara langsung dengan ikon kamera
  • Kemudian, pada kolom caption di sisi bawah, pengguna akan menemukan ikon angka “1”
  • Klik ikon tersebut sampai muncul pop up berbunyi “Photo set to view once” (foto diatur sekali lihat)
  • Kemudian, edit foto/video dan sertakan caption yang diinginkan
  • Bila sudah, kirim video atau foto sekali lihat dengan klik ikon “send” (panah ke arah kanan)
Baca Juga :  Tak Sengaja Hapus Chat WA, Ini Cara Mengembalikan

Masih bisa di-screenshot penerima

Dari sisi penerima, video atau foto yang dikirim sekali lihat di WhatsApp atau fitur “View Once” ini akan meyartakan ikon angka “1”, sebagai penanda bahwa video atau foto tersebut hanya bisa dilihat satu kali saja.

Seperti biasa, pengguna perlu mengunduh foto/video terlebih dahulu ketika ingin membukanya. Meski sudah di download, foto atau video yang dikirim melalui fitur View Once ini tidak akan tersimpan di galeri ponsel.

Tampilan foto/video yang dikirim menggunakan fitur View Once di WhatsApp. terdapat ikon angka 1 (kiri). Setelah dibuka, foto/video akan menyertakan informasi opened atau dibuka (kanan).

Baca Juga :  cara mengembalikan chat whatsapp di google drive Lengkap 2021

Setelah foto atau video dibuka, nantinya muncul keterangan “opened” (dibuka) dengan centang ganda bewarna biru. Ini menandakan bahwa file telah dilihat dan tidak akan bisa dibuka lagi.

Dengan fitur baru foto sekali lihat ini, privasi pengguna saat sedang berkirim foto atau video di WhatsApp bisa lebih ditingkatkan lagi.

Namun, foto atau video yang dikirim melalui fitur View Once ini masih berpotensi untuk direkam atau di-screenshot oleh penerima. 

Hal ini juga sudah diingatkan WhatsApp melalui jendela informasi yang muncul ketika pertama kali mengaktifkan fitur Viwe Once ini, berbunyi “Remember, people can always take screenshots” (Ingat, penerima bisa selalu mengambil tangkapan layar).

Ini berbeda dengan fitur View Once yang juga tersedia di pesan langsung (Direct Message/DM) Instagram.

Meski memiliki fungsi yang mirip, menurut percobaan yang dilakukan KompasTekno, pengguna WhatsApp tidak mendapatkan notifikasi, jika foto atau video yang dikirim menggunakan fitur “View Once” ini direkam atau screenshot oleh penerima.

Hal ini berbeda dengan fitur view once di DM Instagram, di mana fitur akan memberi tahu pengirim pesan bila penerima melakukan screenshot atau merekam foto atau video.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/09/11410077/cara-kirim-foto-sekali-lihat-di-whatsapp?page=all

  • Bagikan
Positive SSL